SKRIPSI PAI
Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Novel Tuhan Maha Romantis Karya Azhar Nurun Ala Dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas X di SMA Hasyim Asy'ary Kota Pekalongan
Kata Kunci : Nilai-Nilai Pendidikan, Akhlak, Tuhan Maha Romantis
Secara singkat, novel Tuhan Maha Romantis yang ditulis oleh Azhar Nurun Ala mengisahkan sepasang kekasih yang bernama Rijal dan Laras yang menyerahkan semua takdir kepada Allah, karena mereka menganganggap “ apa – apa yang baik menurut kita tak selamanya baik menurut Tuhan “. Kisah cinta kepada orang tua dan sesama yang melibatkan Tuhan
Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam novel Tuhan Maha Romantis karya Azhar Nurun Ala ? 2) Bagaimana Relevansi Pendidikan Akhlak dalam novel Tuhan Maha Romantis yang berkaitan dengan pembelajaran PAI kelas X di SMA Hasyim Asy’ary Kota Pekalongan ?
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Pada penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis hasil penelitian, peneliti menggunakan model interaktif milk miles dan huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa. Pertama, Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam novel Tuhan Maha Romantis karya Azhar Nurun Ala meliputi akhlak terhadap Allah SWT dan Rasul-Nya, akhlak terhadap diri sendiri, akhlak terhadap sesama manusia, dan akhlak terhadap lingkungan. a) Nilai-nilai pendidikan akhlak terhadap Allah SWT dan Rasul-Nya adalah nilai keimana dan ketakwaan, nilai hidayah, nilai kesabaran, nilai syukur dan nilai ketaatan. b) Nilai-nilai pendidikan akhlak terhadap diri sendiri adalah nilai kegigihan dan pantang menyerah, nilai tanggung jawab, nilai pembiasaan dan disiplin, nilai menepati janji. c) Nilai-nilai pendidikan akhlak terhadap sesama manusia adalah nilai toleransi, nilai kasih sayang terhadap orang lain, nilai keadilan. d) Nilai-nilai pendidikan akhlak terhadap lingkungan adalah nilai kepedulian terhadap lingkungan. Kedua, Terdapat relevansi Pendidikan akhlak pada novel Tuhan Maha Romantis Karya Azhar Nurun Ala dengan pembelajaran maple PAI khusunya kelas X di SMA Hasyim Asy’ary Kota Pekalongan yaitu tentang rasa ikhlas.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdullah, Yatimin. 2007. Studi Akhlak dalam Perspektif Al-Qur’an. Jakarta : Amzah.
Ainiyah, Nur. 2013. Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam, Jurnal Al-Ulum Vol. 13 No. 1.
Ala, Nurun. 2020. Tuhan Maha Romantis. Depok : Azharologiabook.
Al-Abrasyi, Muhammad Athiyyah. 1994. Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, terjemah Bustami Abdul Ghani. Jakarta: Bulan Bintang.
Alfarizi, Muhammad Zulian. 2017. Akhlak Al-Qur’an. Jakarta: Laksana.
Al-Mishri, Syaikh Mahmu. 2018. Ensiklopedi Akhlak Rasulullah. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Andityas Praba, Nasihat Al-Ghazali Kimia Kebahagiaan, (Jakarta: Mizan Millenial Creativa, 2018), hlm. 42.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan dak Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Asrori, Ma’ruf. 1996. Etika Bermasyarakat. Surabaya: Penerbit AL-MIFTAH.
Ayun, Kurrota. 2016. Pendidikan Akhlak Menurut Said Nursi dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam di Indonesia . Jurnal Yogyakarta: Vol. 11, No. 2.
Bakri, Oemar. 1993. Akhlak Muslim. Bandung: Angkasa.
Depag RI. 1995. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Semarang: PT Karya Toha Putra.
Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Fristiana Irina, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, (Jakarta: Parama Ilmu, 2016), hlm 64
Fudyana, Ki . 2006. Filsafat Pendidikan Barat dan Filsafat Pendidikan Pancasila: Wawasan Secara Sistematik,(Yogyakarta: Amus, 2006), hlm.70.
Hadi, Sutrisno. 2001. Metodologi Research, Jilid I. Yogyakarta: Andi Offset.
Haq, Ahmad Hifdzil. 2015. Pendidikan Akhlak Menurut Imam Ghozali. Journal of Pesantren Education Vol.10 No.2.
Hasan, M.Ali. 1983. Tuntunan Akhlak. Jakarta: N.V Bulan Bintang.
Hasanah, Nur. 2011. Nilai Religi dalam Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi dan Alternative dalam Pembelajaran di SMA. Semarang: Perpustakaan IKIP PGRI Semarang.
Hidayat, Tatang. 2019. Makna Syukur Berdasarkan Kajian Tematik Digital Al-Qur’an dan Implikasinya dalam Pendidikan Akhlak di Sekolah Dasar, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol. 4 No.1.
Idaini, Mohammad Wifaqul. 2018. Wasiat RASULLULAH tentang ANAK. Yogyakarta: Araska.
Jamaluddin, Dindin. 2013. Paradigma Pendidikan Anak dalam Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Khobir, Abdul. 2009. Filsafat Pendidikan Islam. Pekalongan: STAIN Press.
Kosasih. 2008. Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Nobel Edumedia.
Kurniwan, Heru. 2010. Sastra Anak dalam Kajian Struktualisme, Sosiologi, Semiotika, hingga penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Madrastuti, Rany. 2010. “Novel Tarian Bumi Karya Oka Rusmini: Kajian Feminisme”. Skripsi pada Program Sarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Mahmud. 2011. Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia.
Majid, Abdul. dan Dian Andayani. 2013. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moeloeng, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muzayani. 2019. Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Dalam Novel Iqra; Karya Reza Nufa. Pekalongan: Jurusan S-1 Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN Pekalongan.
Nasrul. 2015. Akhlak Tasawuf. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Nata, Abuddin. 2012. Akhlak Tasawuf. Jakarta: PT Raja Gafindo Persada.
Nizar, M. 1998. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Poerwanti, Loeloek Endah. dan Sofan Amri. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Prastowo, Andi. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian, Cet. Ke-3. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Ratna, Nyoman Kutha. 2007. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ritonga, Rahman. 2005. Akhlak Merakit Hubungan Dengan Sesama Manusia. Surabaya: Amelia Surabaya.
Saefuddaulah, M. & Ahmad Basyuni,. 1998. Akhlak – Ijtima’iyah. Jakarta: PT Pamator.
Sukarjo, M. dan Ukim Komarudin. 2009. Landasan Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.
Sumarjo, Jakop. 1997. Catatan Kecil Tentang Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Surahmat, Winarso. 1980. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito.
Suraji, Imam. 2006. Etika dalam Perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadist. Jakarta: PT. Pustaka Al Husna Baru.
Syafri, Ulil Amri. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Tasmara, Toto. 2002. Membudayakan Etos Kerja Islam. Jakarta: Gema Insani Press.
Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian III. Bandung: PT Imperial Bhakti Utama.
Tim Penyusun Kamus. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Udzma, Nikmatul. 2019. Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Dalam Novel Jiwa-jiwa Bercahaya Karya Wahyudi Asmaramany. Pekalongan: Jurusan S-1 Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN Pekalongan.
Wahyuni, Risti. 2014. Kitab Lengkap Puisi, Prosadan Pantun Lama. Yogyakarta: Saufa.
Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Gratis Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperasaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yunus, Syarifudin. 2015. Kompetensi Menulis Kreatif. Bogor: Ghalia Indonesia.
Zainal, Veithzal Rizai. 2018. Manajemen Akhlak Menuju Akhlak Al-Qur’an. Surakarta: Salemba Diniyah.
Zamsiswaya. 2015. Pendidikan Dasar Agama Islam. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
23SK2321258.00 | SK PAI 23.258 ULF n | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain