SKRIPSI PAI
Metode Diskusi Buzz Group Dalam Menunjang Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas X di SMK Negeri 1 Batang
Kata Kunci: Metode Diskusui Buzz Group, Pendidikan Agama Islam, Keaktifan Siswa.
Metode merupakan salah satu instrument penting dalam pembelajaran, tanpa metode pembeljaran tidak berljalan dengan baik. Di SMK Negeri 1 Batang menggunakan berbagai macam metode diantaranya yaitu metode hafalan, metode ceramah, metode diskusi, metode Tanya jawab dan masih banyak lagi. Dari beberapa metode tersebut pasti memiliki tujuan yang berbeda-beda. Namun pada kesempatan ini peneliti meneliti tentang metode diskusi buzz group dalam menunjang keaktifan siswa pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Batang.
Berdasarkan latar belakang terdapat beberapa rumusan masalah, adapun rumusan penelitian ini adalah, Bagaimana perencanaan ? Bagaimana pelaksanaan? Bagaimana evaluasi metode diskusi buzz group pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Batang? Tujuannya yaitu untuk mengetahui perencanaan, mengetahui pelaksanaan dan mengetahui evaluasi metode diskusi buzz group pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Batang. Penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru PAI, Waka kurikulum, dan siswa SMK Negeri 1 Batang. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah perencanaan dengan cara mempersiapkan beberapa hal dan membuat tahap-tahap dalam perencanaan metode diskusi buzz group, pelaksanaan yang dilakukan didalam kelas dengan berbagai cara atau tahap-tahap yang berbeda-beda pada setiap guru PAI, dan evaluasi dengan cara yang berbeda-beda yaitu dengan kuis, presentasi individu, Tanya jawab secara acak dan lain-lain pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Batang.
DAFTAR PUSTAKA :
Ayatullah. 2022. “Dasar-Dasar Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam di Sekolah”. Jurnal Managemen dan Pendidikan Dasar. STIT Palapa Nusantara Lombok NTB. Vol.2. No. 2. Hlm. 7.
Aziz, Muhamad Saleh. 2016. “Penerapan Metode Buzz Group Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika di SMP”. Pontianak: Khatulistiwa.
Daslinar. 2019. “Pengaruh Metode Pembelajaran Buzz Group pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) Terhadap Hasil Belajar Siswadi di MAS IDI Cut Aceh Timur”. Skripsi. Aceh.
Mardawani. 2020. Praktis Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: CV Budi Utama
Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasution, Wahyu Nur. 2017. “ Perencanaan Pembelajaran : Pengertian. Tujuan dan Prosedur”. Jurnal: ITTIHAD. Vol.1. No.2. UIN Sumatera Selatan. Medan. Hlm. 186.
Rahmawati, Nuril. 2014. "Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Diskusi Dengan Teknik Buzz Group Terhadap Prestasi Siswa Kimia Materi Pokok Hodrokarbon". Jurnal Pijar Mipa. Universiras Mataram.
Maret). Vol. 9. No. 1. Hlm. 7.
Rivaldi, Muhammad. 2019. “ Pengaruh Penerapan Metode Jenis Buzz Group Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri Olahraga Provinsi Riau”. UIN Surakarta. Surakarta. Hlm. 16.
Rohimah, Asih. 2020. “Efektifitas Metode Diskusi Buzz Group Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV di MIN 10 Bandar Lampung. Skripsi. Bandar Lampung. Hlm. 11.
Saat, Sulaiman. 2015. “Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Study Tentang Makna dan Kedudukannya)”. Jurnal Al_Ta’dib. No.2. Vol. VIII. Hlm. 7-8.
Sari, Yulita. “Penerapan Metode Buzz Group Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Kelarutan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) Di Kelas XI IPA SMA N 1 Rengat” Skripsi. Program Studi Pendidikan Kimia FKIP. Universitas Riau. Riau. Hlm.3.
Sinar. 2018. Metode Active Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Cet-1. Jilid. Yogyakarta: Deepublish.
Siyoto, Sandu dan Sodik M. Ali. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Sleman: Literasi Media Publishing.
Suduiro. Darno Edi. 2003. “Kiat Menyusun Penelitian”. Surabaya: Mandar Maju.
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistyani, Anis. 2016. “Metode Diskusi Buzz Group Dengan Analisis Gambar Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa”. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Supriyati, Ika. 2020. ”Penerapan Metode Diskusi dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara pada Soswa kelas VIII MTsN 4 Palu”. Jurnal Bahasa dan Sastra. Universitas Tzdulako. Vol. 5. No. 1. Kota Palu.
Hlm. 3.
Wiguna, Satria. 2019. “Implementasi Metode Buzz Group Dalam Hasil Belajar luring Akidah Akhlakdi Kelas VIII MTs Miftakhul Jannah Tanjung Pura”. Religion Education Social Laa Roiba Jurnal. STAI. Vol.1.
No.2. Tanjung Pura Langkat. Hlm. 153.
23SK2321257.00 | SK PAI 23.257 ARI m | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain