SKRIPSI PAI
Upaya Guru Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an Siswa Kelas VIII B Madrasah Tsanawiyah Tholabuddin Masin Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang
Kata Kunci: Upaya Guru Al-Qur’an Hadits, Baca Tulis Al-Qur’an.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya beberapa siswa di kelas VIII B MTs Tholabuddin Masin Kec. Warungasem Kab. Batang yang masih belum bisa membaca dan menulis Al-Qur’an yaitu terdapat lima siswa dari total tiga puluh tiga siswa kelas VIII B MTs Tholabuddin Masin, dari observasi tersebut peneliti ingin melakukan suatu penelitian yaitu pentingnya guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an siswa kelas VIII B MTs Tholabuddin Masin. Hal ini dikarenakan seorang guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits merupakan agen serta motivator keberhasilan penyampaian materi atau bahan ajar salah satunya mengenai membaca dan menulis Al-Qur’an. Jika tidak ada upaya yang dilakukan maka dipastikan peserta didik tidak mampu mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan.
Adapun rumusan masalahnya yaitu 1. Bagaimana upaya guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas VIII B MTs Tholabuddin Masin, 2. Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam upaya guru mata pelaaran Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas VIII B MTs Tholabuddin Masin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas VIII B MTs Tholabuddin Masin dan apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dari upaya yang dilakukan oleh guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas VIII B MTs Tholabuddin Masin.
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan di mana peneliti turun ke lokasi penelitian dan mengamati secara langsung upaya yang dilakukan oleh guru Al-Qur’an Hadits dalam upaya meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas VIII B MTs Tholabuddin Masin dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer meliputi guru, siswa kelas VIII B dan kepala MTs Tholabuddin Masin, serta sumber data skunder meliputi arsip- arsip sekolah (dokumentasi). Teknik analisis data menggunakan kondensasi data: dilakukan dengan cara melakukan penyeleksian, menfokuskan, menyederhanakan, dan mentransformasi data yang terdapat pada field notes atau catatan lapangan hasil penelitian, data display: mendisplay data merupakan cara untuk memudahkan dan memahami apa yang terjadi melalui penyajian data, verivikasi: merupakan simpulan dari seluruh kegitan lengkap.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya yang dilakukan oleh guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII B di MTs Tholabuddin Masin berjalan cukup baik dan berhasil. Hal tersebut dibuktikan dengan siswa yang sebelumnya belum bisa sama sekali membaca dan menulis Al-Qur’an kemudian sudah mulai bisa membaca dan menulis ayat Al-Qur’an. Upaya-upaya yang dilakukan oleh guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits tersebut yaitu dengan guru selalu memberikan motivasi terhadap siswa baik di dalam maupun di luar pelajaran, mengadakan pendampingan kegiatan tadarus Al-Qur’an bersama di dalam kelas sebelum memulai pelajaran, menggunakan metode Qiro’ati dan Snowball Throwing dalam proses pembelajaranya serta mengadakan pembelajaran atau bimbingan BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an) di ruang perpustakaan. Sedangkan Faktor pendukung dalam upaya meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas VIII B MTs Tholabuddin Masin yaitu tersedianya sarana perpustakaan serta pembelran Qiro’ati yang dilakukan oleh guru, sedangkan untuk faktor penghambat dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas VIII B MTs Tholabuddin Masin yaitu kurang kesadaran dari siswa untuk belajar membaca dan menulis Al-Qur’an.
DAFTAR PUSTAKA :
Ahmadi, Abu. (2013). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Anggranti, Wiwik. (2016). “Penerapan Metode Pembelajaran Baca Tulis Al- Qur’an” Jurnal Intelegensia Vol.1 No. 1. Kutai Kartanegara: Universitas Kutai Kartanegara.
Aprilianti, Monika. (2017). “Upaya Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Ayat-ayat Al-Qur’an Pada Siswa Kelas X Di MA Al-Islam Jamsaren Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi Sarjana Pendidikan. Solo: IAIN Solo.
Arni, Muhammad. (2005). Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Anggito, Albi, dkk. (2018). Metodologi Penelitian Kalitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Babuta, Asma. (2019). “Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis Dengan Teknik Klompok” Jurnal Menejemen Pendidikan Islam Vol. 3 No. 1. Gorontalo: Universitas Negeri Gorontal.
Dalman. (2014). Keterampilan Menulis . Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Depdiknas. (2011). Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Dirjend Dikdasmen.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2000). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Edi Suduiro, Darno. (2003). Kiat Menyusun Penelitian. Surabaya: Mandar Maju.
Emzir. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Bandung: Remaja Rosdakarya Persada.
Hanifyat, Balqis. (2022). “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkanKemampuan Membaca Al-Qur’an bagi Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN)” Jurnal Pendidikan Tambusai Vol. 6 No. 2. Karawang : Universitas Singaperbangsa Karawang.
Huberman, Miles. (2014). Qualitative Data Analiysis. USA: Sage Publications.
Kusumo, Soetjipto. (2006). Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Alfabeta.
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Pustaka Setia.
Ma’mun, Muhammad Aman. (2018). “Kajian Pembelajaran Baca Tulis Al- Qur’an” Jurnal Pendidikan Islam Vol. 4 No.1. Jombang: Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Urwatul Wutsqo Jombang.
Moleong. Lexy J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Narbuko, Cholid, dkk. (2013). Meotodelogi Penelitian. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Nasution, Mulia. (2008). Pengertian Guru Agama. Jakarta: Wordpress.
Nazir, Moh. (2009). Metode Penelitian. Bogor: Galia Indonesia.
Poetri, Maulidia. (2022). “Hubungan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di MTs Al-Muasyarah Bogor” Jurnal Mitra Pendidikan Vol. 3 No. 5. Bogor: Universitas Ibn Khaldun Bogor.
Rokhani, Riati. (2017). “Upaya Guru Al-Qur’an Hadits Dalam Meningkatkan Minat Belajar Membaca Al-Qur’an Siswa Melalui Ekstrakurikuler Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) Di MTs Negeri Bendosari Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi Sarjana Pendidikan. Solo: IAIN Solo.
Sarijatun. (2017). “Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’anDengan Metode Iqro Pada Anak Usia Dini Di RA Perwanida Slawi Kabupaten Tegal” Jurnal Pendidikan Islam Vol. 11 No. 1. Semarang: UIN Walisonggo Semarang.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukmawati, A. Dkk. (2020). “Pembentukan Karakter Berbasis Keteladanan Guru dan Pembiasaan Murid SIT Al-Biruni Jipang Kota Makasar” Jurnal Education and Human Development Journal Vol. 5 No. 1. Makasar: Unismuh Makassar.
Taufik, Zam zam. (2015). “Upaya Guru Al-Qur’an Hadtis Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Al-Qur’an Siswa Di MTs Al- Huda Bandung, Tulungagung”. Skripsi Sarjana Pendidikan. Tulungagung: IAIN Tulungagung.
Yusuf, Muri. (2014). Metode Penelitian. Jakarta : Prenadamedia Group.
23SK2321254.00 | SK PAI 23.254 IRK u | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain