SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Efektivitas Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Materi SPLDV Kelas VIII SMP 4 Negeri Comal
Model Pembelajaran Kontekstual merupakan suatu proses pembelajaran dimana guru dalam mengajarkan materinya mengaitkan pada keadaan sekitar siswa serta mendorongnya dalam menghubungkan pengetahuannya dengan kehidupan siswa. SMP Negeri 4 Comal mata pelajaran matematika materi SPLDV pembelajarannya masih menggunakan pembelajaran konvensional sehingga tidak begitu efektif dalam pembelajarannya. Dari alasan tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang Efektivitas Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa dalam Materi SPLDV di SMP Negeri 4 Comal.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dalam materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 4 Comal? 2)Apakah penerapan model pembelajaran kontekstual efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dalam materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 4 Comal? Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan model pembelajaran kontekstual serta menganalisis apakah penerapan model pembelajaran kontekstual efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dalam materi SPLDV.
Penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 4 Comal dengan metode eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan teknik simpel random sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 60 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, instrumen tes kemampuan pemecahan masalah siswa sebanyak 5 soal untuk pre-test dan post-test.
Hasil dari penelitian menunjukkan: 1) penerapan model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dalam materi SPLDV pada interval 80-100 dengan kriteria Sangat Baik. 2) efektivitas model pembelajaran kontekstual tehadap kemampuan pemecahan masalah siswa materi SPLDV dalam kategori Efektif dengan mendapatkan nilai rata-rata post-test yakni 80,00 sedangkan untuk model pembelajaran konvensional mendapatkan nilai rata-rata post-test yakni 59,33. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model kontekstual lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dalam materi sistem persamaan linear dua variabel.
23SK2326124.00 | SK TM 23.124 NUR e | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain