SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Implementasi Model Pembelajaran Inquiry Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Himpunan Kelas VII MTs Salafiyah Al Muttaqin
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan hasil belajar matematika siswa yang masih rendah pada sebagian besar materi dalam mata pelajaran matematika, salah satunya materi himpunan. Hal ini salah satunya disebabkan kurangnya inisiatif guru dalam menerapkan model pembelajaran yang lebih inovatif pada saat pembelajaran matematika berlangsung. Siswa kurang menikmati dan kurang aktif selama pembelajaran karena proses belajar mengajar terasa monoton, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep himpunan dan menyelesaikan soal-soal terkait materi tersebut yang berdampak pada hasil belajar matematika siswa masih tergolong rendah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi model pembelajaran Inquiry berbasis kontekstual pada materi himpunan kelas VII MTs Salafiyah Al Muttaqin? (2) Apakah implementasi model pembelajaran Inquiry berbasis kontekstual efektif terhadap hasil belajar matematika siswa materi himpunan kelas VII MTs Salafiyah Al Muttaqin?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen yaitu eksperimen semu.dengan desain penelitian yaitu pretes-postes grup kontrol tidak secara random. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Salafiyah Al Muttaqin, dengan sampel sejumlah 67 terdiri atas 34 sampel kelas eksperimen dan 33 sampel kelas kontrol yang dipilih menggunakan tenik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, tes hasil belajar matematika siswa, dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial berupa uji t.
Dari analisis data dan pembahasan menunjukkan bahwa: (1) Implementasi model pembelajaran Inquiry berbasis kontekstual pada pembelajaran matematika materi himpunan di kelas eksperimen berjalan dengan sangat baik berdasarkan hasil analisis deskriptif terhadap data observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan perolehan persentase rata-rata kegiatan secara keseluruhan yaitu sebesar 81,25% dan aktivitas siswa tergolong sangat tinggi berdasarkan hasil analisis deskriptif terhadap data observasi aktivitas siswa dengan perolehan persentase rata-rata aktivitas secara keseluruhan yaitu sebesar 84%. (2) Implementasi model pembelajaran Inquiry berbasis kontekstual efektif terhadap hasil belajar matematika siswa materi himpunan kelas VII MTs Salafiyah Al Muttaqin berdasarkan hasil analisis inferensial menggunakan rumus efisiensi relatif dengan perolehan nilai R
23SK2326120.00 | SK TM 23.120 NAL i | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain