SKRIPSI PIAUD
Implementasi Pembelajaran Berkarakter Enterpreneurship Anak Usia Dini Di KB Al Hikmah Klareyan Petarukan Pemalang
Pendidikan enterpreneurship sebaiknya dikenalkan sejak jenjang masa kanak-kanak (pendidikan anak usia dini). Masa kanak-kanak dianggap sebagai tahap ideal untuk mempengaruhi sikap terhadap enterpreneurship. Enterpreneurship merupakan hal yang sangat penting untuk dikenalkan pada anak usia dini. Dengan adanya enterpreneurship, maka anak akan belajar untuk berani, mandiri serta bertanggung jawab dari apa yang mereka lakukan, Anak-anak akan berhasil kedepannya jika enterpreneuship telah dikenalkan dari sejak usia dini, maka anak dapat menentukan masa depannya kelak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana implementasi pembelajaran berkarakter enterpreneurship anak usia dini di KB Al Hikmah Klareyan Petarukan Pemalang (2) Apa saja faktor pendorong dan penghambat dalam implementasi pembelajaran berkarakter enterpreneurship anak usia dini di KB Al Hikmah Klareyan Petarukan Pemalang. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Implementasi serta faktor pendukung dan penghambat dari Pembelajaran Berkarakter enterpreneurship Anak Usia Dini di KB Al Hikmah Klareyan Petarukan Pemalang. Adapun kegunaan penelitian ini adalah memberikan kontribusi pengembangan ilmu dalam Implementasi Pembelajaran Berkarakter Enterpreneurship untuk anak tenaga pendidik dan pengajar. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian lapangan field research lantaran penelitian ini berlangsung pada lapangan secara real & data yang tersaji sinkron dengan yang terdapat pada lapangan dan menggunakan pendekatan kualitatif yaitu prosedur penelitian menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati Hasil penelitian menunjukkan sekolah merancang dan melaksanakan kegiatan khusus untuk mengenalkan kewirausahaan. Kegiatan-kegiatan tersebut yaitu kegiatan pembiasaan harian, melaksanakan kegiatan sholat berjamaah, serta kegiatan market day dan outing class. Faktor Pendukung Implementasi Pembelajaran Enterpreneurship diantaranya yaitu lingkungan sekolah yang kondusif, dukungan orang tua, teman sebaya dan faktor penghambat yaitu kemampuan anak yang berbeda-beda, kurangnya perhatian orang tua serta banyaknya peserta didik.
23SK2324081.00 | SK PIAUD 23.081 TET i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain