SKRIPSI PIAUD
Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Mengenal Konsep Ukuran Di Tk Manba'ul 'Ulum Bendan Pekalongan
Pendidikan anak usia dini difokuskan untuk mengembangkan seluruh fokus aspek pekembangan anak. Salah satu aspek perekembangan anak usia dini adalah perkembangan kognitif. Didalam perkembangan kognitif mencangkup dalam mengenalkan konsep ukuran. Dalam mengenal konsep ukuran di TK Manba‟ul „Ulum Masih ada anak yang perlu bimbingan dalam mengenal konsep ukuran. Skripsi ini membahas tentang (1) Bagaimana perkembangan kognitif anak usia dini dalam mengenal konsep ukuran pada usida 4-5 tahun TK Manba‟ul „Ulum Bendan Pekalongan (2) Bagaimana perkembangan kognitif anak usia dini dalam mengenal konsep ukuran pada usia 5-6 tahun di TK Manba‟ul „Ulum Bendan Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana perkembangan kognitif anak usia dini dalam mengenal konsep ukuran pada usia 4-5 tahun di TK Manba‟ul „Ulum Bendan. (2) Untuk mengetahui bagaimana perkembangan kognitif anak usia dalam mengenal konsep ukuran pada usia 5-6 tahun di TK Manba‟ul „Ulum Bendan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumen. Jenis analisis yang digunakan adalah model Milles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, proses reduksi data, proses penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian Perkembangan kognitif dalam mengenal konsep ukuran usia 4-5 tahun di TK Manba‟ul „ulum bendan sebelum melaksanakan pembelajaran guru sudah menyiapkan RPPPM dan RPPH serta media dan metode yang akan digunakan. Guru membuat media semenarik mungkin agar anak dapat mengikuti dan proses belajar mengajar mendaji lebih konsudusif. Untuk mengenal konsep ukuran kelompok A masih ada 6 siswa yang harus di bimbing lagi. Adapun kegiatan ragam main yang bisa mengenalkan konsep ukuran yaitu membedakan banyak dan sedikit air, mengurutkan panjang pendek benda, membedakan berat dan ringan dengan menimbang. Untuk usia 5-6 masih ada 7 anak yang masih perlu bimbingan dalam mengenalkan konsep ukuran ini.
23SK2324077.00 | SK PIAUD 23.077 LIN a | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain