SKRIPSI PIAUD
Pengembangan Media Pembelajaran Dakon Square Untuk Mengembangkan Kemampuan Mengenal Konsep Angka Pada Anak Kelas A RA Muslimat NU Kadipaten Wiradesa
Salah satu prinsip pembelajaran dalam pendidikan anak usia dini yaitu menerapkan metode bermain sambil belajar. Melalui pembelajaran yang menyenangkan anak dapat dengan antusias melakukan kegiatan belajar. Penggunaan media pembelajaran berupa alat permainan edukatif dapat mengitegrasikan prinsip bermain sambil belajar dengan baik, sehingga aspek perkembangan anak dapat terstimulasi dengan baik. Rumusan masalah yang dikaji di skripsi ini yaitu(1) Bagaimana pengembangan media pembelajaran Dakon Square untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep angka pada anak kelas A di RA Muslimat NU Kadipaten Wiradesa, serta (2) Bagaimana uji kelayakan dan penerapan media pemebelajaran Dakon Square untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep angka pada anak kelas A RA Muslimat NU Kadipaten Wiradesa. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran Dakon Square untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep angka pada anak kelas A di RA Muslimat NU Kadipaten Wirades, serta (2) Untuk mengetahui uji kelayakan dan penerapan media pemebelajaran Dakon Square untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep angka pada anak kelas A RA Muslimat NU Kadipaten Wiradesa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian adalah anak kelas A di RA Muslimat NU Kadipaten Wiradesa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa analisis proses pegembangan produk dan analisis data kelayakan produk yang dihasilkan. Hasil penelitian pengembangan dihasilkan produk media pembelajaran Dakon Square yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep angka pada anak usia dini. Hasil uji kelayakan produk berdasarkan validasi ahli materi diperoleh skor 4,8 dan validasi ahli media diperoleh skor 3,7. Adapun uji lapangan secara luas dilakukan dengan subjek 10 anak kelas A diperoleh hasil 3 anak berkembang sesuai harapan dan 7 anak berkembang sangat baik dalam mengenal konsep angka
23SK2324070.00 | SK PIAUD 23.070 NAI p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain