SKRIPSI PIAUD
Efektivitas Media Quiet Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini Di Tk Al-Makmuriyah Taman
Pada penelitian ini anak usia dini masih banyak yang belum mampu untuk membedakan symbol huruf dan angka, belum mampu untuk menuliskan namanya sendiri tanpa bantuan orang lain atau pendidik, dan anak masih kurang mampu untuk terus menggunakan bahasa indonesia dalam bercakap-cakap. Sehingga diperlukan media untuk membantu meniingkatkan kemampuan bahasa yaitu media quiet book. Penelitian ini mencakup dua rumusan masalah yaitu bagaimana kemampuan bahasa sebelum dan sesudah penggunaan media quiet book dan seberapa besar efektivitas quiet book di TK Al-Makmuriyah Taman. Penelitian ini memiliki dua tujuan penelitian, yaitu untuk mengetahui sejauh mana tingkat kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun sebelum dan sesudah penerapan media quiet book dan efektivitas quiet book di TK Al-Makmuriyah Taman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model penelitian pre experimental design dengan desain one group pretest-posttest, menggunakan subjek anak kelas B yang berjumlah 30 anak di TK Al-Makmuriyah Taman dengan Teknik pengambilan sampel sampling non probability. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data test atau evaluasi dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan Uji T dan Uji N-Gain. Hasil penelitian kemampuan bahasa sebelum (pretest) menggunakan media quiet book didapatkan hasil sebesar 1.145 dengan rata-rata 38,17 yang termasuk kedalam kategori cukup, dan hasil penelitian kemampuan bahasa sesudah (posttest) menggunakan media quiet book didapatkan hasil sebesar 1.715 dengan rata-rata 57,17 yang termasuk kedalam kategori sangat baik. Pada penelitian ini kemampuan bahasa pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-Makmuriyah Taman mengalami kenaikan sebesar 570 atau 27,941%. Hasil uji T untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa anak usia dini didapatkan hasil bahwa thitung > ttabel atau 30,216 > 1,697 atau nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa penggunaan media quiet book dapat meningkatkan kemampuan bahasa, kemudian uji N-gain pada penelitian ini mendapatkan skor 0,5569 yang berarti memiliki kategori cukup untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini, namun dengan bantuan media lain seperti buku cerita, boneka jari, dan lain-lain.
23SK2324069.00 | SK PIAUD 23.069 FIR e | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain