SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Barisan dan Deret Berdasarkan Analisis Luneta Pada Siswa Kelas VIII di MTs Ishtifaiyah An-Nahdliyah Pekalongan
Skripsi ini membahas tentang kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita barisan dan deret di MTs IN Banyurip Ageng Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan siswa kelas VIII dalam mengerjakan soal cerita materi barisan dan deret dan untuk mengetahui hal-hal yang menyebabkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita barisan dan deret tersebut.
Dalam penelitian ini, akan dianalisis kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita barisan dan deret yaitu dengan mengelompokkan siswa dalam tiga ketegori kesalahan berdasarkan analisis Luneta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII tahun akademik 2021/2022 MTs IN Banyurip Ageng Pekalongan. Subjek penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes soal tertulis serta pemberian angket respon siswa, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan menurut Luneta. Error 1 atau slip karena siswa mengerjakan terburu-buru, terdapat 20 siswa melakukan kesalahan ini, 19 siswa dari kelas 9A dan seorang siswa dari kelas 9B. Soal nomor 1 tidak ada siswa, soal nomor 2 ada 17 siswa, soal nomor 3 tidak ada siswa, soal nomor 4 ada 1 siswa, dan soal nomor 5 ada 2 siswa yang melakukan kesalahan slip.
Error 2 atau kesalahan konsep, terdapat 22 siswa melakukan kesalahan ini, 16 siswa dari kelas 9A dan 6 siswa dari kelas 9B. Soal nomor 1 tidak ada siswa, soal nomor 2 ada 1 siswa, soal nomor 3 ada 18 siswa, soal nomor 4 ada 3 siswa, dan soal nomor 5 tidak ada siswa yang melakukan kesalahan konsep.
Error 3 atau kesalahan prosedural, terdapat 22 siswa melakukan kesalahan ini, 19 siswa dari kelas 9A dan 3 siswa dari kelas 9B. Soal nomor 1 tidak ada siswa, soal nomor 2 ada 5 siswa, soal nomor 3 tidak ada siswa, soal nomor 4 tidak ada siswa, dan soal nomor 5 ada 17 siswa yang melakukan kesalahan prosedural.
Dari hasil penelitian ini juga diketahui hal-hal yang menyebabkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita barisan dan deret yaitu faktor internal an faktor eksternal. Faktor internal yaitu tingkat pemahaman konsep siswa, self-efficacy, math anxiety atau kecemasan pada matematika. Sedangkan faktor eksternal yaitu faktor kondisi lingkungan sosial.
23SK2326118.00 | SK TM 23.118 FIT a | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain