SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Materi Kubus dan Balok Kelas VIII SMP N 4 Pemalang
Rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa terjadi karena siswa kurang mampu dalam memahami materi selama proses pembelajaran. Diperlukan adanya kreativitas atau inovasi belajar pada pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model ataupun strategi yang mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang implementasi model pembelajaran Picture and Picture terhadap kemampuan pemecahan masalah materi kubus dan balok di SMP N 4 Pemalang.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada materi kubus dan balok kelas VIII SMP N 4 Pemalang? 2) Apakah implementasi model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dalam materi kubus dan balok kelas VIII SMP N 4 Pemalang? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa materi kubus dan balok kelas VIII SMP N 4 Pemalang.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan kelas VIII I dan VIII J. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan instrumen tes pretest sebanyak 5 soal uraian dan posttest sebanyak 5 soal uraian. Analisis data yang digunakan untuk observasi adalah rumus persentase, untuk instrumen tes menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample t-test.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (a) hasil observasi aktivitas guru dalam pelaksanaan model pembelajaran picture and picture untuk pertemuan pertama hingga pertemuan ketiga memperoleh nilai rata-rata 89,62%, dan aktivitas siswa memperoleh nilai rata-rata 88,46%, keduanya masuk dalam kriteria sangat baik. (b) hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai signifikansi yaitu 0,002
23SK2326115.00 | SK TM 23.115 OVI i | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain