SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Berupa Video Interaktif Menggunakan Aplikasi Powtoon Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Bandar
Dalam pembelajaran matematika, pemahaman konsep matematis merupakan suatu dasar yang penting untuk digunakan siswa ketika menyelesaikan suatu masalah. Untuk mencapai pemahaman konsep matematis siswa, guru perlu adanya berbagai inovasi dalam pembelajaran. Salah satunya dengan penggunaan media pembelajaran berupa video interaktif menggunakan aplikasi powtoon.
Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana penerapan dan respon siswa mengenai media pembelajaran berupa video interaktif menggunakan aplikasi Powtoon terhadap pemahaman konsep matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Bandar? (2) Apakah media pembelajaran berupa video interaktif menggunakan aplikasi Powtoon efektif terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bandar?. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran penerapan dan respon serta menganalisis efektivitas penerapan media pembelajaran berupa video interaktif menggunakan aplikasi powtoon terhadap pemahaman konsep matematis siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Bandar. Kegunaan penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi dan memberikan suatu ide tentang media pembelajaran yang menarik, kreatif, inovatif, dan membantu siswa dalam memahami materi yang diberikan.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperiment Pretest-Posttest Control Design. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII A dan kelas VIII B SMP Negeri 2 Bandar yang berjumlah 54 siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa berupa soal uraian, kuesioner, dan observasi. Penelitian ini menggunakan Teknik analisis data deskriptif dan inferensial dengan uji hipotesis Independent Sample t-test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran berupa video interaktif menggunakan aplikasi powtoon dilaksanakan dengan baik. Respon siswa terhadap penerapan media pembelajaran berupa video interaktif menggunakan aplikasi powtoon disimpulkan sangat positif. Media pembelajaran berupa video interaktif menggunakan aplikasi powtoon efektif terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bandar. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk dapat melanjutkan penelitian serupa dengan materi yang berbeda.
23SK2326113.00 | SK TM 23.113 SIT e | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain