SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Eksperimentasi Model Pembelajaran Scramble Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematic) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa MTs Wahid Hasyim Warungasem
Berpikir kritis merupakan kemampuan dasar yang perlu dimiliki oleh siswa dalam perkembangan abad 21. Selain itu matematika juga merupakan mapel penting bagi siswa sebagai dasar untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya. Namun tingkat kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar matematika siswa MTs Wahid Hasyim Warungasem masih rendah. Sehingga perlu inovasi model pembelajaran matematika terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. peneliti memilih melakukan ekperimentasi terhadap model pembelajaran Scramble berbasis STEM. Pembelajaran scramble merupakan model pembelajaran kooperatif yang dipadukan dengan STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Harapannya inovasi model pembelajaran ini bisa berpengaruh positif kepada siswa khususnya pada kemampuan berpikir kritis matematis.
Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa MTs Wahid Hasyim Warungasem. Penelitian yang dilakukan menggunakan 2 kelas yaitu kelas VII C sebagai kelas kontrol dan VIID sebagai kelas Ekperimen. Pada kelas kontrol peneliti menggunakan model pembelajaran Saintifik sedangkan kelas eksperimen menggunakan model Scramble berbasis STEM. Pengambilan data penelitian ini menggunakan Pre-test dan Post-Test, Observasi, wawancara dan dokumentasi. Alat analisis yang digunakan adalah Independent T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig. 2 tailed pada equal variances assumedpre-test sebesar 0,783 > 0,05 dan nilai sig. 2 tailed pada equal variances assumedpost-test sebesar 0,061 > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ho diterima yaitu tidak terdapat efektifitas model pembelajaran scramble berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa MTs Wahid Hasyim Warungasem.
23SK2326111.00 | SK TM 23.111 FAR e | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain