SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Realistik Himpunan Berintegrasi Al-Qur'an
Peneliti mengembangkan LKS Matematika Realistik Himpunan Berintegrasi Al-Qur’an untuk meningkatkan minat belajar siswa. LKS (Lembar Kerja Siswa) yang dikembangkan oleh peneliti melalui uji validasi, uji praktisi, dan uji test posttest yang dilakukan oleh tim ahli dan siswa.
Tujuan peneliti ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa pembelajaran matematika yang valid, praktis, dan efektif, serta dapat meningkatkan minat belajar siswa materi himpunan. Rumusan masalahnya adalah Bagaimana pengembangan LKS Matematika realistik himpunan berintegrasi Al-Qur’an, bagaimana kualitas hasil pengembangan LKS yang diperoleh dan Bagaimana keefektifan penembangan LKS matematika realistik himpunan berintegrasi Al-Qur’an.
Penelitian ini merupakan jenis pengembangan (Reseach and Development), langkah-langkah penelitian dan pengembangan berpedoman pada modelADDIEyang terditi atas lima empat tahapan yaitu Analisis (Analysis), perencanaan (Design), dan pengembanagan (Development),implementasi (Implementation), san evaluasi (Evaluation).Validasi dilakukan oleh 3 validator yaitu 2 dosen matematika UIN K.H Abdurahman Wahid Pekalongan sebagai ahli materi dan ahli media sera 1 tanggapan guru SMP Sainsc Cahaya Al-Qur’an. Validasi dilakukan dengan cara memberikan angket penilaian kepada ketiga validator untuk menguji tingkat kevalidan. Tingkat kepraktisan dilihat dari respon siswa melalui angket. Sedangkan uji efektifitas dilihat dengan hasil test posttest yang dilakukan siswa.
Berdasarkan hasil validasi aspek materi diperoleh presentase rata-rata sebesar 82,5%, dari aspek media diperoleh rata-rata sebesar 81,2%, sedangkan hasil tanggapan guru diperoleh presentasesebesar 81,25 maka dapat dikatakan cukup valid, atau dapat digunakan namun perlu direvisi sedikit. Untuk hasil praktikalitas produk berdasarkan respon siswayang disebar pada 32 siswa kelas VII SMP Sains Cahaya Al-Qur’an,memperoleh rata-rata tingkat kepraktisansebesar3,4 dapat disimpulkan bahwa interpretasi datanya praktis. Sedangkan hasil uji coba LKS yaitu dari hasil posstest siswa dengan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 81,75 maka dapat dikategorikan sangat efektif. Maka pengembangan LKS matematika realistik himpunan berintegrasi Al-Qur’an valid, praktis, dan efektif digunakan sehingga dapat meningkatkan minat belajar siswa.
23SK2326110.00 | SK TM 23.110 SIT p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain