SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh Growth Mindset dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Islam YMI Wonopringgo
Perubahan-perubahan yang sekarang terjadi di dunia pendidikan merupakan usaha untuk mengatasi problematika di lingkup Pendidikan. Perubahan ini bertujuan untuk menghasilkan generasi Indonesia yang berkualitas dan memiliki sejuta prestasi. Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah karena rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika dan kurangnya kesadaran siswa dalam mengerjakan tugas sekolah yang diberikan guru. Dari permasalahan tersebut menjadikan peneliti tertarik mengambil judul penelitian “Pengaruh Growth Mindset dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Islam YMI Wonopringgo”.
Rumusan Masalah: Apakah growth mindset berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran matematika di SMP Islam YMI Wonopringgo?, Apakah disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran matematika di SMP Islam YMI Wonopringgo?, Apakah growth mindset dan disiplin belajar berpengaruh secara simultan terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran matematika di SMP Islam YMI Wonopringgo?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian ex post facto. Metode analisis data yang digunakan berupa Teknik regresi linier sederhana dan berganda dengan bantuan program SPSS 25 for Windows Version.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Terdapat pengaruh (t_hitung 6,255>t_tabel 1,997) antara variabel growth mindset terhadap variabel prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran matematika di SMP Islam YMI Wonopringgo (H_0 ditolak dan H_a diterima), Terdapat pengaruh (t_hitung 9,290>t_tabel 1,997) antara variabel disiplin belajar terhadap variabel prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran matematika di SMP Islam YMI Wonopringgo (H_0 ditolak dan H_a diterima), Terdapat pengaruh (F_hitung 77,957>F_tabel 3,13) antara variabel growth mindset dan variabel disiplin belajar terhadap variabel prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran matematika di SMP Islam YMI Wonopringgo (H_0 ditolak dan H_a diterima).
23SK2326109.00 | SK TM 23.109 ELO p | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain