SKRIPSI PAI
Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Bagi Peserta Didik di SMP Islam Pekalongan
Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Peduli Lingkungan, Peserta Didik.
Pendidikan karakter peduli lingkungan penting untuk diimplementasikan di sekolah. Hal ini berkaitan dengan permasalahan kerusakan lingkungan hidup yang terjadi. Salah satu upaya untuk mengurangi dan mencegah terjadinya kerusakan lingkungan adalah dengan memberikan edukasi kepada peserta didik mengenai pentingnya menjaga lingkungan melalui program sekolah peduli dan berbudaya lingkungan.
Bagaimana implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan bagi peserta didik di SMP Islam Kota Pekalongan dan apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan bagi peserta didik di SMP Islam Kota Pekalongan dan faktor pendukung dan penghambatnya. Kegunaan penelitian ini bersifat teoritis dan praktis.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Terdapat dua sumber data yang dipakai yaitu primer dan sekunder. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan tiga tahapan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter peduli lingkungan bagi peserta didik di SMP Islam Kota Pekalongan. Aspek pendukung berupa fasilitas yang dimiliki sekolah dan masih dijumpai aspek penghambat didalamnya.
DAFTAR PUSTAKA :
Andriani, Ana dan Wakhudin. 2020. Impelementasi Pendidikan Karakter melalui Model Pembelajaran Discovery Learning di MIM Pasir Lor Karanglewas Banyumas. Purwokerto : Jurnal Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang, No.2, November, I.
Ardan, Fatmawati. 2017. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Matematika dalam Kelas VIII SMP Negeri 2 Sungguminasa. Makasar : UIN Alaudin Makasar.
Arjanggi,Ruseno. 2012. Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Semarang : Universitas Islam Sultan Agung Semarang, No. 2, Januari, V.
Azizah, Maulida Luthfi. 2019. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui kegiatan Keagamaan di MI Muhammadiyah Braja Asri Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur. Lampung : IAIN Metro.
Dalmeri. 2014. Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character),. Jakarta : Al-Ulum : Universitas Indraprasta PGRI Jakarata, No.1, Juni, XIV.
Damariswara,Rian Dkk. 2021. Penyuluhan Pendidikan Karakter Adaptasi Thomas Lickona di SDN Gayam 3. Kediri : Dedikasi Nusantara : Universitas Nusantara PGRI Kediri, No. 1, Juni, I.
Dendy, Mohammad. 2017. Pelaksanaan Program Adiwiyata dalam Mendukung Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan di SMA Negeri 4 Pandeglang. Banten : Gea Jurnal Pendidikan Geografi, No. 1, April, XVII.
Desfandi, Mirza. 2015. Mewujudkan Masyarakat Berkarakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata. Aceh : Sosio Didaktika : Sosial Science Education Journal, No.1, Mei,II.
Faiz, Aiman dan Imas Kurniawaty. 2020. Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Cirebon : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran : Universitas Pendidikan Indonesia, No. 2 , Juli, XII.
Harjianto, Dkk. 2021 . Penerapan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata di SMK Negeri Kalibaru Sebagai Upaya dalam Mendukung Gerakan Banyuwangi Merdeka dari Plastik.
Banyuwangi : JIUBJ, No. 3, Oktober, XXI.
Immaniar,Bunga Dwi Dkk. 2019. Pembelajaran Lingkungan Berbasis Kearifan Lokal dengan Model Experiental Learning,. Malang : Jurnal Pendidikan, No.5, Mei, IV.
Irfianti, Mustia Dewi. 2016. Perkembangan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Model Experiental Learning. Semarang : Unnes Physic Education Journal : Universitas Negeri Semarang, No. 3, Oktaober,V.
Jahari, Jaja, Dkk. 2018. Manajemen Peserta Didik. Bandung : ISENA, Jurnal Islamic Education Manajemen,No.2, Mei, III.
Kementerian Lingkungan Hidup, Kerusakan Alam dan Sungai di Indonesia, https://www.menlhk.go.id/ (Diakses pada 20 November 2022 pukul 07:55 WIB).
Kesuma,Dkk. 2013. Pendidikan Karakter Bagi Anak. Jakarta : Rineka Cipta.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2017. Pendidikan Karakter : Internalisasi dan Metode Pembelajaran di Sekolah,. Jakarta : Kata Pena.
Laksana, Sigit Dwi. 2015. Urgensi Pendidikan Karakter Bangsa di Sekolah. Ponorogo : Muaddib Jurnal, No. 01,Januari,V.
Masruroh. 2018. Membentuk Karakter Peduli Lingkungan dengan Pendidikan. Jakarta : Jurnal Pendidikan Geografi : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, No. 2, Oktober, XVIII.
Mursalin, Enggal dan Aria Bayu Setiaji. 2018. Menumbuhkan Kepedulian Lingkungan Melalui Literasi Sains : Penggunaan Pendekatan dan Model Pembelajaran yang Efektif,. Ambon : Seminar Pendidikan Jurusan Tarbiyah FTIK IAIN Palalangka Raya.
Nurfadilla. 2020. Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Sekolah di Kelas III MIMA IV Suka Bumi Bandar Lampung. Lampung : UIN Raden Intan Lampung.
Nurfika, Diyan. 2019. Analisis Implementasi Program Adiwiyata dalam Membangun Karakter Peduli Lingkungan (Studi Kasus di MIN 1 Ponorogo). Ponorogo : Southeast Asian Journal of Islamic Education Management: IAIN Ponorogo, No. 1, Desember, I.
Nuzulia, Sri Dkk. Implementasi Program Adiwiyata Mandiri dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan. Malang : Journal Sosio Didaktika : Social Science Education Journal, No.6, November, II.
Pahru, Syaipul,dkk. 2021. Pelaksanaan Program Adiwiyata dalam Mendukung Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan. Malang : Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, dan Pengembangan, No 1, Maret, VI.
Perdana,Novrian Satria. 2018. Impelementasi Peanan Ekositem Pendidikan dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta didik. Kudus : Refeleksi Edukatika : Universitas Muria Kudus, No. 8 Juni, II.
Prasetiyo, Heru Wibowo . 2013. Strategi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Kampung Hijau di Kampung Margorukun Surabaya. Surabaya : Kajian Moral Keagamaan, No. 1, Maret, II.
Purwanti, Dwi. 2017. Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Implementasinya. Solo : Dwijacendekia : Jurnal Riset Pedagogik Universitas Sebelas Maret,No. 1 , Desember, II.
Ridlwan, Burhanuddin. 2021. Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dalam Prespektif Quran dan Hadis. Jombang : El Islam Journal : Universitas Hasyim Asy’ari Jombang, No.1, Januari, III.
Siska, Yulia. 2018. Pembelajaran IPS di SD/MI . Yogyakarta : Garudhawaca.
Siskayanti, Juni dan Ika chastanti. 2022. Analisis Karakter Peduli Lingkungan pasa Siswa Sekolah Dasar,. Malang : Jurnal Basicedu, No.2, Juni, VI.
Sitorus, Lampola dan Aldi Herindra Lasso. 2021. Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Pembiasaan dan Pembudayaan di Sekolah Menengah Pertama,. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan , No.2, Mei,IV.
Solekha, Daniar. 2019. Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Sekolah Adiwiyata Mandiri di SMA Negeri 1 Ajibarang Kabupaten Banyumas. Semarang : Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suhardi, Didik. 2014. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Tabi’in, A. 2020 . Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Anak Usia Dini Sebagai Upaya Pencegahan Covid 19 . Pekalongan : Jurnal Edukasi Anak Usia Dini, No. 1, Januari, VI.
Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. 2015. Manajemen Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Ulumiyah, Maratul. 2020. Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan di SMPN 1 Kepanjen kabupaten Malang. Malang.
Walhi, Fakta Kerusakan Alam di Indonesia, https://www.walhi.or.id/kondisi-lingkungan-hidup-di-indonesia-di-tengah-isu-pemanasan -global (Diakses pada 10 September 2022 pukul 15:09 WIB).
Widyaningrum, Ratna. 2016. Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar Melalui Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jurnal Ilmiah Widya Wacana, No.1, September, XI.
Wulansari, Betty Yulia. 2017. Model Pembelajaran Berbasis Alam Sebagai Alternatif Pengembangan Karakter Peduli Lingkungan. Ponorogo : Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, No. 2, Juli, V.
Yaumi, Muhammad. 2014. Pembelajaran Berbasis Multipilar Intelegences. Jakarta : PT. Dian Rakyat.
23SK2321251.00 | SK PAI 23.251 ZUL i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain