SKRIPSI PAI
Implementasi Kolaborasi Antara Pengasuh Dengan Wali Santri Dalam Penerapan Akhlak Santri di Pondok Pesantren KHA. Wahid Hasyim Bangil Pasuruan
Kata Kunci: Implementasi, Kolaborasi, Penerapan Akhlak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kolaborasi yang digunakan oleh pengasuh dengan wali santri dalam penerapan akhlak santri di pondok pesantren KHA. Wahid Hasyim Bangil Pasuruan, mendeskripsikan hasil strategi kolaborasi yang digunakan pengasuh dengan wali santri dalam penerapan akhlak santri di pondok pesantren KHA. Wahid Hasyim Bangil Pasuruan dan untuk mendeskripsikan faktor-faktor penghambat antara pengasuh dengan wali santri dalam penerapan akhlak santri Pondok Pesantren KHA. Wahid Hasyim Bangil Pasuruan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi kolaborasi yang digunakan oleh pengasuh dengan wali santri dalam penerapan akhlak santri di pondok pesantren KHA. Wahid Hasyim Bangil Pasuruan? Bagaimana hasil Implementasi dari kolaborasi yang digunakan pengasuh dengan wali santri dalam penerapan akhlak santri di pondok pesantren KHA. Wahid Hasyim Bangil Pasuruan? dan Apa faktor-faktor yang menjadi penghambat kolaborasi antara pengasuh dengan wali santri dalam penerapan akhlak santri di pondok pesantren KHA. Wahid Hasyim Bangil Pasuruan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis data kualitatif milik Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi kolaborasi yang digunakan pengasuh dan wali santri dalam penerapan akhlak santri di PP KHA. Wahid Hasyim Bangil Pasuruan adalah dengan melalui rapat rutin yang dilakukan satu bulan satu kali, kegiatan rapat rutin tersebut tidak hanya membahas terkait administrasi tetapi juga diisi dengan kegiatan doa bersama mendoakan anak-anaknya dengan cara mengusap ubun-ubun dan memegang dada sebelah kiri. Selain itu ada kolaborasi melalui media sosial dimana para pengasuh dan pengurus aktif meng-share kegiatan santri-santri di media sosial dan grup WA, Kolaborasi ketika santri liburan melalui surat untuk wali santri dan janji santri yang berisi tugas-tugas amaliyah pesantren baik untuk anak-anak maupun orang tuanya. Kemudian ada keteladanan dimana pengasuh tidak hanya mengajarkan akhlak melalui teori melainkan juga melalui tingkah laku keseharian yang dicontohkan langsung ke santri-santri, begitu juga dengan orang tua ketika dirumah. Dengan adanya kolaborasi tersebut didapatkan hasilnya yaitu untuk menyadarkan peran wali santri, wali santri tidak hanya bertanggung jawab membiayai secara materil tetapi juga punya tanggung jawab mengenai penanaman akhlak secara bathiniyah.
DAFTAR PUSTAKA :
Ansori, Nazza Mufida. 2022. Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Novel Trilogi Negeri 5 Menara. Jurnal Panrita, No. 2.
Arifin, Muzayyin. 2003. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Busro, Asrul. 2018. Peranan Orang Tua Terhadap Pembinaan Akhlak Anak. Kajian Perempuan, Gender dan Agama, No 2.
Dyalestari, Andini. 2016. Metode Pembinaan Pengamalan Ajaran Islam Terhadap Santri Di Pondok Pesantren Ihyaul ’Ulumudin Baruga Kecamatan Banggae Timur Kabupaten Majene. Makassar : UIN Alauddin.
Eko, Danu Agustinova. 2015. Memahami Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Yogyakarta: Calcuplis.
Fahham, Muchaddam. 2020. Pendidikan Pesantren. Jakarta : Publisher.
Fitriah, Meilys, 2018. Kerjasama Guru Pembimbing Dengan Guru Agama Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup. Curup : IAIN Curup.
Gunawan, Iman. 2015. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Halimah, Anun. 2019. Kerjasama Orang Tua Dan Pembimbing Ponpes Al-Munawwaroh Dalam Menanamkan Kedisiplinan Pada Santri Di Desa Tebat Monok. Skripsi Pendidikan Agama Islam. Curup :IAIN Curup.
Hasbullah, 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Husna, Hilyatul. 2021. Mahabbah Al-Ghozali sebagai Model Pendidikan dan Pengasuhan Anak. Jurnal Edukasi UIN Sunan Gunung Djati, No 1.
KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Kamus Versi Online. Diakses pada 3 Desember 2022. https://kbbi,web.id/didik.
Kodwara, Dedet. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Berkesulitan Belajar Spesifik. Jakarta: PT Luxima Metro Media.
M. Yunita. 2018. Kerjasama Antara Guru Pembimbing Dalam Hal Kedisiplinan Siswa. Curup:IAIN Curup.
Mudiharjo, Radja. 2001. Membentuk Kecerdasan Spiritual Anak. Jakarta:Bumi Aksara.
Muniroh, Mumun Siti. 2015. Moralitas Santri Membangun Moral Santri Anak Usia Dini Model Pesantren. Pekalongan:Stainpress.
Muthmainnah. 2017. Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Pribadi Anak yang Androgynius Melalui Kegiatan Bermain. Jural Pendidikan Anak, No 1.
Najmah, St. 2020. Akhlak Tasawuf. Yogyakarta:Trus Media.
Nalim, Yusuf . 2013. Statistika I. Pekalongan: IAIN Pekalongan.
Narbuko, Cholid dkk.2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.
Oktaviani,Tri. 2017. Efektivitas Full Day School Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di SD Integral Hidayatullah Salatiga. Salatiga:IAIN Salatiga.
Rahman, Budi Munawar. 1995. Kontektual Doktrin Islam Dalam Sejarah. Jakarta: paramadina.
Sary, Dea Monica. 2021. Peran Sekolah Dan Keluarga Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Di Mts Unggulan Al-Qodiri 1 Jember . Malang : UNISMA.
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suhayib. 2016. Studi Akhlak. (Yogyakarta : Kalimedia).
Supriyanto, A. 2016. Collaboration Counselor and Parent for Developing Student Spiritual Competency trough Comprehensive Guidance and Counseling Service. Jurnal Bimbingan dan Konseling, No 2.
Suryana, Toto. 2011. Konsep dan Aktualisasi Kerukunan Antar Umat Beragama. Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Jurnal Pendidikan Agama Islam, No. 2.
Syihabuddin. 2016.Landasan Psikologis Pendidikan Islam. (Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia).
Tohirin. 2019. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. (Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada)
Wikanti, Addina, S. (2020). “Tafsir Ayat-Ayat Neurosains Dan Implikasinya Bagi Pengembangan Higher Order Thinking (Hot) Dalam Pendidikan Islam”. Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, No. 10
23SK2321250.00 | SK PAI 23.250 RIS i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain