SKRIPSI PAI
Implementasi Penanaman Karakter Islami Peserta Didik Era Generasi Alpha di SMP NU Kajen Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci: Karakter islami dan Generasi Alpha.
Karakter islami merupakan sesuatu yang harus ditanamkan kepada peserta didik, baik itu oleh kedua orang tua dari peserta didik sendiri maupun oleh sekolah, baik dari kebijakan yang ditetapkan oleh sekolah maupun oleh pendidik. Terlebih pada peserta didik saat ini yang mana pada saat ini peserta didik memasuki dunia revolusi yang baru dalam artian generasi yang baru yakni generasi alpha yang saat ini sudah memasuki tingkat sekolah menengah pertama. Maka dengan adanya generasi yang baru ini pastinya juga memiliki karakteristik yang baru serta membutuhkan suatu peraturan yang baru juga yang sesuai dengan karakteristik generasi alpha.
Dalam penelitian ini merumuskan 3 tujuan yakni upaya apa yang dilakukan oleh sekolah dalam menanamkan karakter islami peserta didik generasi alpha, nilai-nilai karakter apa saja yang ditanamkan kepada peserta didik generasi alpha serta mengetahui apa saja problematika sekolah dalam menanamkan karakter islami peserta didik generasi alpha.
Adapun dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah wawancara, observasi dan juga dokumentasi yang dilakukan di SMP NU Kajen Kabupaten Pekalongan.
Dalam penelitian ini mendapatkan hasil bahwasannya SMP NU Kajen Kabupaten Pekalongan telah berusaha menanamkan nilai-nilai karakter islami kepada peserta didiknya khususnya peserta didik generasi alpha, baik itu yang dilakukan oleh sekolah dalam memberlakukan kebijakan dalam usaha menanamkan karakter islami kepada peserta didiknya, seperti memberikan ilmu pengetahuan agama yang lebih mendalam kepada peserta didiknya, memberikan berbagai macam pembiasaan yang baik atau positif didalam lingkungan sekolah, menjadikan seluruh warga sekolah khususnya kepala sekolah dan juga pendidik sebagai teladan yang baik bagi peserta didiknya, serta memberikan berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler kepada peserta didiknya dalam usaha memberikan layanan minat dan bakat kepada peserta didiknya.
Nilai-nilai karakter islami yang ditanamkan di SMP NU Kajen Kabupaten Pekalongan setidaknya sudah memenuhi dari komponen kemampuan dari peserta didik diantaranya yakni aspek kognitif, afektif dan juga psikomotorik. Serta dari ketiga aspek tersebut setidaknya juga sudah memenuhi dari ruang lingkup dari karakter islami seperti karakter kepada Allah, kepada diri sendiri, kepada sesama dan juga kepada lingkungan. Adapun hambatan yang terlihat di SMP NU Kajen dalam usaha menanamkan karakter islami kepada peserta didiknya yakni permasalahan dampak buruk internet dan juga pergaulan yang kuang baik dari peserta didik.
DAFTAR PUSTAKA :
Ajmain. 2019. Peran Guru dan Kepala Sekolah dalam Pendidikan Karakter Siswa di SMA Negeri 3 Yogyakarta, Yogyakarta: Jurnal Ilmu Sosial, Vol. 16, No. 1.
Alhamid, T dan Budur A. 2019. Instrumen Pengumpulan Data, Ekonomi Islam, Sorong: STAIN Sorong.
Aryanti, W. D. 2017. Peranan Sekolah dalam Membentuk Karakter Religius dan Disiplin Peserta Didik, Malang: Jurnal Civic Hukum, Vol. 2, No. 2.
Azmi, F. N. 2021. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik. Edupsycouns: Journal Of Education, Psychology And Counseling, Vol. 3, No. 1.
Cahyani, H. R. 2020. Peran Kepala Madrasah Sebagai Edukator dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter islam di MI Thoriqul Huda Kromasan Tulungagung. Manajemen Pendidikan Islam, Tulungagung: IAIN Tulungagung.
Dewi, N. P dan Utami, S. 2021. Fashion For Alpha Generation, Denpasar: Viswa Design, Vol. 1, No. 1.
Djafri, N. 2016. Manajemen Kepemimpinan kepala Sekolah. Sleman: DEEPUBLISH.
Fitri, A. 2018. Pendidikan Karakter Prespektif Al-Quran Hadits, Riau: Ta'lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, Vol. 1, No. 2.
Gazali, E. 2018. Pesantren di Antara Generasi Alfa dan Tantangan Dunia Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0, Cirebon: OASIS: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, Vol. 2, No. 2.
Hasnawati. 2020. Akhlak Kepada Lingkungan, Makasar: Jurnal Pendais, Vol. 2, No. 2.
Hayati, F. 2018. Pendidikan karakter Berbasis Islam, Bandung: Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 7, No. 1.
Hermawan, A. 2021. Penguatan Kepemimpinan Melayani Kepala Sekolah, Cet. Ke-1, Bogor: Bukit Mas Mulia.
Ismail, N. 2015. Metodologi Penelitian Untuk Studi Islam Panduan Praktis dan Diskusi Isu, Yogyakarta: Samudra Biru.
Janice, A. 2015. Studi Tentang Pelaksanaan Tugas dan Dungsi Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Dalam Pembangunan Desa di Desa tanjung Lapang Kecamatan Malinau Barat Kabupaten Malinau, Ejournal Ilmu Pemerintahan, Vol. 3, No. 3.
Jannah, M. 2018. Studi Komparasi Akhlak terhadap Sesama manusia Antara Siswa Fullday School dengan Siswa Boarding School di Kelas XI SMA IT Abu Bakar Yogyakarta, Yogyakarta: Jurnal Al-Thariqah, Vol. 3, No. 2.
Khamalah, N. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah, Jurnal Kependidikan, Vol. 5, No. 2.
Komariyah. 2014. Upaya Kepala Sekolah dan Guru PAI dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di SMAN 12 Kota Tangerang Selatan, Skripsi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: UIN Syarief Hidayatullah Jakarta.
Koni, S. M. 2017. Pendidikan Karakter dalam Tinjauan Islam, Gorontalo: TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 5, No. 2.
Lailiyah, N dan Badi'ah, R. 2019. Problematika Karakter Islami Peserta didik di Mts Islamiyah Bulurejo Damarwulan Kepung Kediri, TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, Vol. 2, No, 1.
Marzuki. 2015. Pendidikan Karakter Islami. Jakarta: AMZAH.
Masnur, M. 2022. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Maulidina, R dan Ridho, K. 2016. Internet dan Metamorfosa Generasi Digital: Analisa perbandingan Prilaku Penyebar Luasan Berita Hoax Lintas Generasi, Jakarta: Jurnal Studi Jurnalistik, Vol. 2, No. 2.
Maulidya, A. M. 2020. Upaya sekolah dalam Menanamkan karakter Jujur pada Siswa di SMA Daarut Tauhid Boarding School Putra, Bandung: Prosding Pendidikan Agama Islam, Vol. 6, No, 2.
Muflihah, A dan Haqiqi, A. K. 2019. Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah, Kudus: Quality, Vol. 7, No. 2.
Muid, A. 2016. Upaya Kepala Madrasah dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Islam di Mtsn Wonorejo Pasuruan, Skripsi Pendidikan Agama Islam, Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.
Munawaroh, E., & Kurniawan, K. 2018. Analisis karakteristik Generasi Alpha dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan Karir di Era Disrupsi. Strategi Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Era Disrupsi, Semarang: Seminar Nasional.
Nahdly, M. A dan Fahman, A A. 2021. Pembentukan Karakter Islami Siswa di MTS Darul Hikmah Prasung. Gresik: Miyah: Jurnal Studi Islam, Vol. 17, No. 2.
Ni’matuzahroh, Himatul Khoirunnisa dan Niyarci. 2022. Penerapan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Terhadap Generasi Alpha Di Abad 21, Semarang: Jurnal Pelita Paud, Vol. 7, No. 1.
Novianti, R dan Maria, I. 2019. Generasi Alpha-Tumbuh dengan Gadget dalam genggaman, Riau: Prodi PAUD: Jurnal Educhild: Pendidikan & Sosial, Vol. 8 No. 2.
Novitasari, D. 2019. Upaya Pembentukan Karakter Religius Islam Pada Siswa Melalui Keteladanan di Sekolah Menengah Kejuruan. Malang: Prosding Seminar Nasional Pendidikan dan pembelajaran bagi Guru Pendidikan, Vol. 3.
Putra, Y. S. 2016. Theoritical Review: Teori Generasi, Salatiga: Among Makarti, Vol. 9, No. 18.
Ramli, M. 2015. Hakikat Pendidik dan Peserta Didik, Banjarmasin: Tarbiyah Islamiyah, Vol. 5, No. 1.
Rosyadi, Y. I., dan Pardjono. 2015. Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP 1 Cilawu Garut. Yogyakarta: Jurnal Akuntabilitas manajemen pendidikan, Vol. 3, No. 1.
S, Bustan dan Sindju, H. B. 2013. Tugas Kepala Sekolah sebagai Pendidik dan Pemimpin di Sekolah Dasar. Pontianak: Vol. 2, No. 2.
Saepuddin. 2019. Konsep Pendidikan Karakter dan Urgensinya dalam Pembentukan Pribadi Muslim Menurut Imam Al ghazali,Cet. 1 Ke-1, Bintan: STAIN Sultan Abdurrahman Press.
Sari, Sapta. 2019. Literasi Media Pada Generasi Milenial di Era Digital, Bengkulu: Jurnal Professional FIS UNIVED, Vol.6, No.2.
Said, A. 2018. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Melestarikan Budaya Mutu Sekolah, Malang: EVALUASI, Vol. 2, No. 1.
Sholeh, M. 2016. keefektifan Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru, Jakarta: Jurnal Dinamika Manajemen pendidikan, Vol. 1, No. 1.
Siyoto, Sandu dan M. Ali Sodik. 2014. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian . Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.
Suparno. 2018. Analisis Faktor-Faktor Pembentukan karakter SMART Siswa di Sekolah Islam terpadu, Jakarta: Jurnal Pendidikan karakter, No. 1.
Thoha, Muhammad Shoheh. 2013. Al-Qur’anul Karim dan Terjemahnya, Jakarta, PT: Hidayah Media dakwah.
Wahyuningsih, Sri. 2013. Metode Penelitian Studi Kasus Konsep, Teori Pendekatan Psikologi, Madura: UTM PRESS.
Wahyuningtiyas, I dan Ansori. 2017. Upaya Pembentukan Karakter Islami Siswa Melalui Kegiatan Spritual Camp di MAN Bondowoso, Bondowoso: Islamic Akademika, Vol. 4, No. 1.
Winingsih, Lucia Hermin, Erni Hariyanti dan Lisna Sulinar Sar. 2020. Penguatan Ranah Psikomotorik Siswa Sekolah Dasar, Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Yasir, M., dan Susilawati. 2021. Pendidikan Karakter Pada Generasi Alpha: Tanggung Jawab, Disiplin dan kerja keras, Jakarta: Jurnal Pkm: Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 4, No. 3.
23SK2321249.00 | SK PAI 23.249 TOP i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain