SKRIPSI PAI
Persepsi Siswa Kelas VII Terhadap Radio Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Bodeh Kabupaten Pemalang
Kata Kunci : Radio Edukasi dan Persepsi Siswa
Dalam rangka melaksanakan digitalisasi pembelajaran SMP Negeri 1 Bodeh guru menggunakan media dalam jaringan yakni menggunakan media whatsapp group, zoom meeting, google classroom, juga dengan menggunakan blog mata pelajaran yang dikelola oleh admin SMP Negeri 1 Bodeh. Beberapa media pembelajaran yang digunakan tersebut berbasis dalam jaringan, karena itu siswa harus memiliki paket data internet yang cukup agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik. Pelaksanaan digitalisasi pembelajaran yang menggunakan media berbasis internet secara berkepanjangan akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kondisi tersebut menjadikan beban tersendiri bagi orang tua/wali siswa karena harus menyediakan biaya khusus yang nantinya digunakan oleh siswa untuk membeli paket data internet. Meskipun dalam perkembangannya pemerintah memberikan kebijakan bantuan kouta paket internet, namun demikian belum cukup membantu biaya penggunaan internet yang dibutuhkan dalam pembelajaran karena kuota yang disediakan terbatas. Untuk meringankan beban biaya orang tua/wali siswa, SMP Negeri 1 Bodeh menyelenggarakan digitalisasi pembelajaran dengan memanfaatkan radio untuk dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran.
Rumusan Masalah berdasarkan latar tersebut adalah Bagaimana latar belakang penggunaan radio edukasi sebagai media pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Bodeh? Bagaimana persepsi siswa terhadap radio edukasi sebagai media pembelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 1 Bodeh? Bagaimana problematika yang dihadapi di dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan radio edukasi?
Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research) dengan maksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subyek penelitian. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Yang dipaparkan dengan teknik analisis deskriptif maka analisanya berlangsung selama dan pasca pengumpulan data, yang dipaparkan dalam bentuk narasi.
Hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa Bedasarkan penelitian yang sudah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa Pemanfaatan radio edukasi sebagai media pembelajaran PAI memberikan dampak bagi siswa, diantaranya kemudahan di dalam menangkap informasi terkait materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru. dapat dikatakan bahwa siswa setuju dan memahami materi dari penggunaan radio edukasi sebagai media pembelajaran.
DAFTAR PUSTAKA :
Ayu Isni Nurwulan, Irving Vitra Paputungan. 2009. Perancangan Radio Streaming Edukasi (Studi Kasus Bali Pengembangan Media Radio Yogyakarta). UII Yogyakarta.
Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Darmanto, A. 2005. Himpunan Materi Pelatihan Bidang Radio Siaran Paradigma Radio Pendidikan di Era Globalisasi.
Dimyati, Johni. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Innayah. 2013. Partisipasi Stasiun Radio dalam Menyiarkan Konten Pendidikan, Yogyakarta: BPMRP Kemdikbud.
J. Lexy Moloeng, 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kirno, Drs., MA. 2020. Manfaatkan Radio Untuk Pembelajaran Jarak Jauh. Semarang: Suara Merdeka.
Koenjoroningrat. 1993. Metode-metode Penelitian masyarakat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Kusumaningsih, Dewi, Y. Sugiyanto. Suryono Joko. Vol. 28, No. 2. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Kepenyiaran Radio Dengan Pemanfaatan Streaming Radio Sebagai Upaya Pembentukan Life Skill Bagi Mahasiswa.
Mahfiroh. 2020. Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Dengan Daring Pada Masa Antisipasi Penyebaran Covid-19 Di SD Muhammadiyah Kajen Kabupaten Pekalongan.
Margono. 2003. Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Muhammad Yaumi, Sitti Fatimah S.S. 2014. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan Kominukasi. Bandung: Al Fabeta.
Nurwulan, Ayu Isni, Irving Vitra Paputungan. 2009. Perancangan Radio Streaming Edukasi (Studi Kasus Balai Pengembangan Media Radio Yogyakarta)
Rusman, Deni Kurniawan, Cepi Triana. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sadiman, Arif. 2008. Media Pendidikan. Jakarta: Penerbit Raja Grafindo Persada.
Sudrajat, Akhmad. 2008. Pengertian, Fungsi, dan Jenis Media Pembelajaran.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Tim Penyusun. 2007. Pedoman Skripsi. Pekalongan: STAIN Press.
Wibowo, Tri Suryo Hadi. 2019. Inovasi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Audiovisual Di SMA Islam Plus Al Bayan Wiradesa Kab. Pekalongan. Pekalongan: STAIN Press.
Wina Sanjaya. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Wina Sanjaya. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Muhamad Yaumi, Sitti Fatimah S.S. 2013. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Zainul L. 2020. Pemanfaatan Radio FM sebagai Sarana Pembelajaran di Tengah Covid-19.
23SK2321248.00 | SK PAI 23.248 RIY p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain