SKRIPSI PAI
Implementasi Guru Mata Pelajaran Fiqih Dengan Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di MTs Al Fatah Suradadi Tegal
Kata Kunci: Implementasi Guru Fiqih, Problem Based Learning, Meningkatkan Motivasi.
Implementasi merupakan kegiatan yang dilakukan dengan perencanaan dan mengacu kepada aturan tertentu untuk mencapai tujuan suatu kegiatan. Metode problem based leraning merupakan suatu pembelajaran yang dipusatkan pada siswa dengan memberikan sebuah permasalahan dalam kehidupan sehari-hari kepada peserta didik untuk bisa dipecahkan atau dicari solusinya. peneliti tertarik untuk mengetahui strategi pembelajaran dengan metode problem based learning yang diterapkan di MTs Al Fatah Suradadi Tegal.
Rumusan masalah dalam penelitian ini ada dua yaitu bagaimana strategi guru mata pelajaran fiqih dengan metode problem based learning untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Al Fatah Suradadi Tegal, serta apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi guru mata pelajaran fiqih dengan metode problem based learning untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Al Fatah Suradadi Tegal, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya.
Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif, berdasarkan penelitian di lapangan (field research), sedangkan spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dalam penyusunan skripsi ini adalah: metode observasi, metode interview, dan metode dokumentasi. Adapun metode analisis yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif, yang bertujuan melukiskan secara sistematis fakta dan karakteristik dalam bidang-bidang tertentu secara faktual dengan menggambarkan keadaan.
Hasil penelitian menujukkan bahwa impementasi guru mata pelajaran fiqih dengan metode problem based learning untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di MTs Al Fatah Suradadi Tegal, dalam perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi yang digunakan dengan metode problem based learning sudah terimplementasikan dengan baik sehingga motivasi belajar peserta didik bisa meningkat.
DAFTAR PUSTAKA :
Sari. Siregar. Rosmita. Dkk. 2022. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Zaid. Ahmad. Dkk. 2022. Strategi Pembelajaran Fiqih Kontemporer. Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya.
Tentrem. Mawati. Arin. Dkk. 2021. Strategi Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Herlina. Elin. Dkk. 2022. Strategi Pembelajaran. Makassar: CV. Tohar Media.
Abas. Erjati. 2017. Magnet Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Yusuf. Sya’bani. M. Alyan. 2018. Profesi Keguruan: Menjadi Guru yang Religius dan Bermartabat. Gresik: Cramedia Communication.
Nur. Saifudin. 2007. Ilmu Fiqih: Suatu Pengantar Komprehensif Kepada Hukum Islam. Bandung: Humaniora.
Hasballah Thaib. Bin. Zamakhsyari. 2021. Risalah Ushul Fiqih (Buku Ajar). Sumatra Utara: Pusdikra Mitra Jaya.
Amir. M. Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana
Damanik. Bahrudi Efendi. Dkk. 2022. Macam Variable Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar. Indramayu: CV. Adanu Abimata
Zubairi. 2020. Meningkatkan Motivasi Belajar Dalam Pendidikan Agama Islam. Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Abidin. Zaenal. 2020. Fiqih Ibadah. Sleman: CV Budi Utama.
Al-Qur’an dan Terjemahan. QS. An-Nahl Ayat: 125.
Amir. M. Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana.
Amiruddin. Zen. 2009. Ushul Fiqih. Yogyakarta: Sukses Offiset.
Arikunto. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto. Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
B. Uno. Hamzah. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
B. Uno. Hamzah. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
B. Uno. Hamzah. 2012. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Bahri Djamarah Syaiful. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Agama RI. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi MTs. Bidang Studi Fiqih. Dirjen: pembinaan Kelembagaan Agama Islam.
Djazuli. A. 2006. Ilmu Fiqih: Penggalian. Perkembangan. dan Penerapan Hukum Islam. Jakarta: Prenada Media Group.
Dokumentasi MTs Al Fatah Suradadi. Pada Tanggal 15 Desember 2022.
Fatah.Nanang. 2004. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Febriana. Rina. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta Timur: PT. Bumi Aksara.
Fitrianingsih. Siswi kelas IX.A. Wawancara Pribadi. Tegal. Pada tanggal 15 Desember 2022.
Gilang. K. R. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Banyumas: Redaksi Lg.
Hamzah. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasanah. Hasyim. 2016. “Teknik-Teknik Observasi”. At- Taqdum. Volume 8. Nomor 1.
Hermayanti. Sitti. Dkk. 2022. Strategi Pembelajaran (macam-macam strategi pembelajaran yang dapat diterapkan guru). Surabaya: Inoffast Publishing.
Jabir Al-Jazairy. Syaikh Abu Bakar. 2016. Minhajul Muslim Pedoman Hidup Harian Seorang Muslim. Jakarta: Ummul Qura.
Kalsum. Umi. 2022. Problem Based Learning (Motivasi Belajar Fisika). NTB: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Katsir. Ibnu. 2009. Tafsir Ibnu Katsir Jilid 3. Terjemahan Abdul Ghoffar. Jakarta: Pusta Imam Syafi’i.
Mabruridlo. Kepala Sekolah MTs Al Fatah Suradadi. Wawancara Pribadi. Tegal. Pada tanggal 15 Desember 2022.
Maleong. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.
Matthew B. Miles. 1992. “Analisis Data Kualitatif: buku sumber tentang metode-metode baru/ Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman: penerjemah Tjejep Rohendi Rohidi”. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
Mawardi. Dkk. 2017. Pembelajaran Mikro: Panduan Praktis Perkuliahan Mikro Teaching. Banda Aceh: Intructional Development Center.
Muawannah. Rodatul. Siswi kelas IX.A. Wawancara Pribadi. Tegal. Pada tanggal 15 Desember 2022.
Muhaimin. 2007. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Mujib. Abdul. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Mulyasa. E. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyasana. Dedi. 2012. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasihudin. Slamet. Guru Mata Pelajaran Fiqih MTs Al Fatah Suradadi. Wawancara Pribadi. Tegal. Pada tanggal 15 Desember 2022.
Nata. Abbudin. 2009. Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Nazzar. Sidi. Bakry. 2013. Fiqih dan Ushul Fiqih. Jakarta: Raja Grafindo.
Paturrohmah. Dkk. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Refika Aditama.
Putra. Nusa. 2012. Penelitian Kualitatif Proses dan Aplikasi. Jakarta : Indeks.
Putro. Setiadi Cahya. Dkk. 2021. Perencanaan Pembelajaran. Malang: Ahlimedia Press.
Rijali. Ahmad. 2018. Analisis Data Kualitatif. Volume 17. Nomor 33.
Riyadi. Abdul Subhan. Siswa kelas IX.A. Wawancara Pribadi. Tegal. Pada tanggal 15 Desember 2022.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Dosen. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Saleh. Marhamah. 2013. Strategi Pembelajaran Fiqih Dengan Problem-Based Learning. Jurnal Ilmiah Didaktika Vol XIV. No.1.
Sanjaya. Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sembiring M. Gorky. 2008. Mengungkap Rahasia dan Tips Manjur Menjadi Guru Sejati. Yogyakarta: Galangpress.
Siyoto. Sandu. Dkk. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Suyono. Dkk. 2012. Belajar dan Pembelajaran : Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syafaruddin. Dkk. 2005. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Quantum Teaching.
Syafi’I. Asrof. 2008. E8Q Dan Kompetensi Guru PAI. Tulungagung: STAIN Tulungagung Press.
Tanzeh. Ahmad. 2011. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras.
Tentrem Mawati Arin. Dkk. 2021. Strategi Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Titik. Lestari. Endang. 2020. Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Yogyakarta: Cv. Budi Utama.
Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI tentang Pendidikan. 2006. Jakarta: Dirjen Pendidikan Agama Islam.
Uzer. Usman. Moh. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wena. Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Yusuf. 2014. Kualitatif. Kuantitatif. dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
23SK2321247.00 | SK PAI 23.247 DEN i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain