SKRIPSI PAI
Komparasi Penerapan Karakter Religius Anak di Bimbingan Belajar (Bimbel) Asy-Syafa'ah Desa Mrican Kecamatan Sragi Dan Griya Sinau Kajen Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci : Bimbingan Belajar, Karakter Religius, Anak.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya penerapan karakter religius bagi anak. Perkembangan teknologi dan informasi telah mengakibatkan pegeseran nilai-nilai karakter serta banyaknya perilaku anak yang menyimpang, contohnya saja berkata kasar, meniru hal-hal yang tidak senonoh melalui media sosial. Oleh karena itu Bimbingan Belajar (Bimbel) Asy-syafa’ah dan Griya Sinau menjadi salah satu lembaga pendidikan non formal yang memberikan pendampingan belajar tidak hanya materi akademik tetapi juga penerapan karakter terutama karakter religius. Kedua bimbingan belajar ini memiliki tujuan yang sama yaitu menciptakan akhlakul karimah pada anak melalui penerapan program-program khusus. Sehingga peneliti tertarik untuk mengkomparasikan penerapan karakter religius anak di kedua bimbel tersebut.
Permasalahan yang dibahas pada skripsi ini adalah bagaimana penerapan karakter religius anak di Bimbingan Belajar (Bimbel) Asy-syafa’ah Desa Mrican Kecamatan Sragi Kabupaten Pekalongan? Bagaimana penerapan karakter religius anak di Griya Sinau Kajen Kabupaten Pekalongan? Bagaimana komparasi penerapan karakter religius anak di Bimbingan Belajar (Bimbel) Asy-syafa’ah Desa Mrican Kecamatan Sragi dan Griya Sinau Kajen Kabupaten Pekalongan? Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan karakter religius anak di Bimbingan Belajar (Bimbel) Asy-syafa’ah Desa Mrican Kecamatan Sragi dan Griya Sinau Kajen Kabupaten Pekalongan, serta untuk mengetahui komparasi penerapan karakter religius anak di Bimbingan Belajar Asy-syafa’ah (Bimbel) Desa Mrican Kecamatan Sragi dan Griya Sinau Kajen Kabupaten Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research dengan menerapkan pendekatan komparatif kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan karakter religius anak ini melalui beberapa tahap diantaranya perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penerapan karakter religius anak di Bimbel Asy-syafa’ah meliputi pembiasaan sholat fardhu, hafalan doa sehari-hari, serta mengaji dan hafalan surah pendek. Sedangkan proses pelaksanaan di Griya Sinau diantaranya pembinaan adab dan pembiasaan doa sehari-sehari, mengaji dan hafalan Al-Qur’an, serta penyampaian kurikulum karakter. Nilai-nilai religius yang terdapat di Bimbel Asy-syafa’ah antara lain syukur, ikhlas, jujur, bertanggung jawab, santun, berbakti kepada orang tua, dan menghormati orang lain. Sedangkan nilai-nilai religius yang terdapat di Griya Sinau antara lain syukur, jujur, bertanggung jawab, pemaaf, santun, dan berbakti kepada kedua orang tua.
DAFTAR PUSTAKA :
Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: Rajawali Pers.
Ertikanto, Chandra. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Media Akademi.
Fauziah, Ricca Vibriyanthy dan Puji Yanti. (2014). Implementasi Pendidikan Karakter Di Homeschooling Kak Seto Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. 1. 1.
Fuad, Anis dan Kandung Sapto Nugroho. 2014. Panduan Praktis Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ghony, M. Junaidi dan Fauzan Al Mansur. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Giyono. 2015. Bimbingan Konseling. Yogyakarta: Media Akademi.
Habsoh, Siti, dkk., (2019). Pelaksanaan Bimbingan Belajar Oleh Orang Tua Dalam Perkembangan Moral Spiritual Anak di Raudhatul Athfal. Jurnal El-audi. 1. 21.
Haerana. 2016. Manajemen Pembelajaran Berbasis Standar Proses Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Hanafi, Halid. 2019. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Handoko, Hani. 2021. Manajemen. Yogyakarta: BPFE-YOKYAKARTA.
Haq, Pratiwi Istifany, dan Marzuki. (2018). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Religius Dan Karakter Kebangsaan Di Madrasah Tsanawiyah Al-Falah Jatinagor Sumedang. Jurnal Pendidikan Karakter. 1.84.
Hidayat, Rahmat dan Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan (Konsep, Teori, dan Aplikasinya). Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Hidayatullah, M. Furqon. 2009. Guru Sejati Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas. Surakarta: Yuma Pustaka.
Hilgard dan Bower. 2004. Metode-Metode Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Jalaluddin. 2004. Psikologi Agama. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kadri, M., dan Abdullah S. Ridwan. 2016. Pendidikan Karakter: Pengembangan Karakter Anak Yang Islami. Jakarta: Bumi Aksara.
Kuswantoro, Agung. 2014 Pendidikan Karakter Melalui Public Speaking. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Majid, Abdul dan Dian Andayani. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Marzuki. 2015. Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah.
Mawardi, Imam, dkk., (2021). Pendampingan Belajar Di Rumah Berbasis Karakter Dengan Nilai-Nilai Religius Pada Masa Pandemik Covid 19. Jurnal Terapan Abdimas. 6. 132.
Megawangi, Ratna. 2004. Pendidikan Karakter Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa. Jakarta: BP. Migas.
Mulyasa, E. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara.
Muniroh, Siti. 2017. Penanaman Nilai Karakter Religius Peserta Didik di SMP Negeri 3 Bukateja Purbalingga. Skripsi. Purbalingga: IAIN Purwokerto.
Munthe, Ashiong P. (2021). Pentingnya Evaluasi Program Di Institusi Pendidikan. Jurnal Scholaria. 5. 2.
Musyafa, M. 2019. Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam Surat Al-Kahfi ayat 60-82 Menurut Quraish Shihab dalam tafssir Al-Misbah. Pekalongan: IAIN Pekalongan.
Nurdin, Ismail dan Sri Hartati. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Sahabat Cendikia.
Omeri, Nopan. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Manajer Pendidikan. 9. 54.
Pohan, Albert Efendi, dkk., 2020. Microteaching Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Barat: Penerbit Adab.
Putri, Kadek Yusiana, dkk., Bimbingan Belajar Kepada Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri Legundi Lampung Selatan. Jurnal Bimbingan Belajar. 4. 5.
Raco, J. R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana.
Rijali, Ahmad. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah. 17. 81.
Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Soejanto, Agoes. 1999. Bimbingan Ke arah Belajar yang Efektif. Jakarta: Rineka Cipta.
Sriwilujeng, Dyah. 2017. Panduan Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukiyat. 2020. Strategi Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.
Sulastri. 2018. Pola Pembentukan Karakter Religius Pada Anak Dalam Pendidikan Agama Islam di SMA N 05 Kepahing. Skripsi. Bengkulu: IAIN Bengkulu.
Supriyanto. 2021. Pendidikan Karakter Religius Melalui Pembelajaran Daring di Masa Pandem Covid 19 Pada Siswa MI Al-Iman Mranggen Magelang. Skripsi. Magelang: UNIMMA.
Suwandi dan Muhammad Busro. 2017. Pendidikan Karakter. Media Akademi: Yogyakarta.
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tambak, Syahraini. 2024. Konsep Metode Pembelajaran PAI. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tarmizi. 2011. Pengantar Bimbingan Konseling. Medan: Perdana Publishing.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Usriyah,, Lailatul. 2020. Perencanaan Pembelajaran. Jawa Barat: Adanu Abimata.
Virgianti, Sulih Lucky. (2021). Peran Guru Bimbel Dalam Pendidikan Karakter Anak Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Kampungbaru, Tanjunganom, Nganjuk. Jurnal Fenomena. 20. 298.
Yasa, Gede Sedana. 2014. Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yulianto, Daris. 2020. Penguatan Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani.
23SK2321245.00 | SK PAI 23.245 NAF k | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain