SKRIPSI PAI
Pembinaan Pendidikan Agama Islam Pada Anak-Anak Jalanan di Alun-Alun Kabupaten Batang
Kata kunci : Pemahaman Keagamaan, Pendidikan Agama Islam, Anak Jalanan.
Perkembangan agama bagi anak-anak dan remaja sangat penting dalam kehidupan. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah pembinaan keagamaan Islam memang harus ditanamkan sejak dini kepada anak-anak mulai sejak lahir. Mayoritas anak jalanan yang berada di Alun-alun Kabupaten Batang beragama Islam. Namun demikian, pemahaman dan pengamalan anak jalanan pada pendidikan agama Islam sangat memprihatinkan sekali.
Masalah dalam kehidupan kelompok sosial terdiri dari beberapa faktor yaitu: faktor ekonomis, biologis, dan kebudayaan. Hal ini yang disebut dengan krisis ekonomi dan urbanisasi yang berlebihan pada kota-kota besar, mengakibatkan permasalahan sosial pada suatu Kota. Salah satu permasalahan yang sering terjadi adalah jumlah anak jalanan yang bertambah dan berkembang terus, meski usaha pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat mengurangi masalah anak-anak dan remaja yang hidup di jalanan. Salah satu masalah sosial yang membutuhkan pemecahan segera adalah jumlah anak jalanan yang belakangan ini mencemaskan. Permasalahan anak jalanan ini merupakan tanggung jawab bersama baik pemerintah dan lingkungan sosial.
Penelitian yang digunakan oleh peneliti menggunakan jenis penelitian studi kasus (case study). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan salah satu prosedur penelitian yang mengamati dan mencatat berupa hsil tertulis atau informasi dari lisan orang dan perilaku yang diamati yang disajikan dalam bentuk data deskriptif kualitatif.
Hasil penelitiannya adalah bahwa Pemahaman keagamaan anak jalanan di alun-alun Kabupaten Batang masih dalam masuk fase pra remaja yang minim akan pengetahuan dan pemahaman keagamaan anak jalanan tidak memiliki pemikiran yang konkret dan logis tentang keberadaan Tuhan. Pengamalan keagamaan anak-anak jalanan di alun-alun Kabupaten Batang masih minim dan bahkan jarang melaksanakan shalat dan puasa, karena mereka yang fokus mencari uang untuk bertahan hidup. Minimnya pendidikan agama Islam yang didapatkan mereka membuat mereka jauh dari amalan-amalan agama.
DAFTAR PUSTAKA :
Ahmad A.K. Muda, 2006. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Jakarta: Reality Publisher.
Ajizah, Noor. 2018. Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa Melalui Organisasi “Pasukan Khusus Khadijah (Pasuskha)” Di Madrasah Ibtidaiyah Khadijah Malang, Skripsi Pendidikan, Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.
Al-Abrasy, Athiyah. 1993. Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Amini, Ibrahim. 2006. Agar tidak Salah Mendidik Anak. Jakarta: Al Huda.
Anwar, Rosihon. 2010. Akhlak Tasawuf, Bandung, CV. Pustaka Setia.
Anwar, Shabri Shaleh & Sudirman Anwar. 2014. Pendidikan Karakter Qur’ani. Tembilahan: Yayasan Indragiri.
Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Bumi Rineka Cipta.
Asmani, Jamal makmur, 2011. Pendidikan Karakter di Sekolah, Yogyakarta: Diva Press.
Budiardjo, Miriam. 1981. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia.
Djamil, M. Nasir. 2013. Anak Bukan Untuk Dihukum, Jakarta: Sinar Grafika.
Djatnika, Rachmat. 1992. Sistem Ethika Islami Akhlak Mulia, Jakarta : Pustaka Panjimas.
Djokowidagdho. 1994. Ilmu Budaya Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Emzir, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif, Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Fitri, Agus zaenal. 2012. pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Karakter, cet 1, Jogjakarta: Ar-Ruz Media.
Ghafur, Waryono Abdul. 2016. Persaudaraan Agama-agama. Bandung: PT. Mizan Pustaka.
Haqiqi, Muhammad Irwan. 2017. Karakter Tanggung Jawab Dan Keterampilan Komunkasi Matematis Pada Pembelajaran Berpendekatan PMRI Berbantuan Scaffolding Materi Pecahan, Jurnal of primary education, volume 6 No 1 April.
Imam, Muhammad Khoirul. 2020. “Penanaman Karakter Bertanggung Jawab Peserta Didik Melalui Pendidikan Ekstrakurikuler Pecinta Alam Plasma di Smk N 2 Pekalongan”, Pekalongan: Skripsi Pendidikan IAIN Pekalongan.
Irina, Fristiana. 2016. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Parama Ilmu.
Jalaluddin. 2002. Mempersiapkan Anak Saleh. Jakarta: Srigunting.
Juliana, Dira dkk. 2017. Penanaman Karakter Melalui Metode Pembiasaan pada Sd Negeri 27 Banda Aceh, Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 2 Nomor 4.
Kartika, Ayu. 2018. “Penanaman Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 75 Kota Bengkulu”, Bengkulu: Skripsi Pendidikan IAIN Bengkulu.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2014. Undang-undang Sisdiknas, Jakarta: Sinar Grafika.
Keraf, Sony. 2010. Etika Lingkungan, Jakarta: Penerbit Buku Kompas.
Mahmud, 2011. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Pustaka Setia.
Ma’arif, Ahmad Syafi’i. 1995. Membumikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mitayani, Priska Yekti. 2018/2019. Tingkat karakter tanggung jawab siswa (studi deskripsi pada siswa kelas VII smp santo aloysius turi dan implikasinya pada usulan topik-topik bimbingan pribadi), Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma.
Mulyasa, 2011. Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Muslih, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta, PT. Bumi Aksara.
Naim, Ngainun. 2012. Character Building, Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.
Nata, Abuddin. 1999. Filsafat Pendidikan Islam,Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Pujiawati, Reinanti. 2012. Peranan Kepramukaan Untuk Mengembangkan Karakter Tanggungjawab Anggota Pramuka Sebagai Salah Satu Upaya Membina Warga Negara Yang Baik : Studi Deskriptif Pada Gerakan Pramuka Di SMA Pasundan 1 Bandung. Skripsi. Bandung: FPIPS UPI.
Sardiman, 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Siburian, Paningkat. 2011. Penanaman Dan Implementasi Nilai Karakter Tanggung Jawab, Jurnal Pendidikan Volume 1 Nomer 1 Januari.
Silalahi, Ulber Silalahi. 2012. Metodologi Penelitian Sosial, Bandung: PT. Refika Aditama.
Sugiyono, 2008. Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta.
Surya, Hendra. 2004. Kiat Mengatasi Kesulitan Belajar, Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Kenca.
Syafitri, Rodhiyah. 2017. “Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Melalui Strategi Giving Questions And Getting Answers Pada Siswa”. Jurnal Peneliatan dan Pengembangan Pendidikan Vol.1 No.2, Agustus.
Syarif, Ulil Amri. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Al Quran, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Thomas, Lickona. 2013. “Mendidik untuk Membentuk Karakter Bagaimana Sekolah dapat Mengajarkan Sikap Hormat dan Tanggung Jawab”. Terjemahan oleh Wamaungo, J. A, Jakarta: Bumi Aksara.
Tim Penyusun Kamus Bahasa Indonesia, 2008. “Kamus Bahasa Indonesia”, Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasio.
Wiyani, Novan Ardy. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa, Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.
Yaumi, Muhammad. 2014. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar dan Implementasi, Jakarta : Prenadamedia Group.
Yusuf, L N dkk. 2012. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Zubaedi, 2011. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana.
23SK2321244.00 | SK PAI 23.244 DWI p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain