SKRIPSI PAI
Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTS I'anah Futuhiyyah Karangbrai Kecamatan Bodeh Kabupaten Pemalang
Kata Kunci: strategi guru, media, metode, apresiasi, evaluasi
Rendahnya kualitas pendidikan yang sekarang, bisa ditandai dengan adanya siswa kurang termotivasi pada proses pembelajaran. Pada penelitian ini dilakukan dengan dilatarbelakangi oleh peserta didik bahwa siswa kurang termotivasi dalam belajar, terutama pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs I’anah Futuhiyyah Karangbrai. Hal ini disebabkan oleh penggunaan strategi yang kurang tepat dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Padahal penggunaan strategi yang tepat dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kebudayaan Islam. Selain itu siswa terkadang selalu mengaggap remeh pelajaran sejarah kebudayaan Islam karena bagi mereka pelajaran tersebut cepat membosankan dan bikin ngantuk.
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs I’anah Futuhiyyah Karangbrai, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang. 2) Apa faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs I’anah Futuhiyah Karangbrai, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang.
Penelitian ini tergolong jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi guru Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI sudah berjalan dengan baik. Persiapan guru SKI dalam mengajar diawali dengan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), guru mempersiapkan metode pembelajaran, guru mempersiapkan media pembelajaran, guru memberikan apresiasi atau penghargaan kepada siswa yang aktif dan siswa yang berprestasi, dan guru memberikan evaluasi terhadap siswa untuk mengetahui seberapa jauh siswa memahami pelajaran sejarah kebudayaan Islam.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdurrahman, Dudung. (2002). Sejarah Peradaban Islam: dari masa klasik hingga modern, Yogyakarta: Lesfi.
Asrohah, Hanun. (2001). Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu.
Alice Crow and Lester Crow. (1956). Human Development and Learning, New York: American Book Company, hal. 215.
Departemen Agama Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam. (2005). Rekonstruksi Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta.
Daradjat, Zakiah dkk. (1992). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara,
Drajat, Zakiah Dkk. (2008). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Djiwandono, Sri Esti Wuryani. (2006). Psikologi Pendidikan, Jakarta: Grafindo.
Dimyati. (2006). Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, Edisi Ke III.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar, Jakarta: Reneka Cipta.
Hasmar, Abdul Haris. (2020). Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah, Jurnal Mudarrisuna Vol.10, No. 1, hal. 18.
Hamalik, Oemar. (2001). Kurikulum dan Pembelajaran Jakarta: PT. Bumi Aksara, hal. 57.
Hariyanto, Dan Suyono. (2012). Belajar Dan Pembelajaran: Teori Dan Konsep Dasar, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hakim, Thusan. (2000). Belajar Srcra Aktif, Jakarta: Puspawara.
Hamzah. (2011) Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.), hal. 21.
Jalaluddin. (2010). Filsafat Pendiidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.
Katsir, Ibnu. (2009). Tafsir Ibnu Katsir Jilid 3, Terj. Abdul Ghoffar, Jakarta: Pusta Imam Syafi’i.
Mulyasana, Dedi. (2012). Pendidikan Bermutu Dan Berdaya Saing, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muthoin. (2012). Taklik Talak Dalam Perspektif Gender, jurnal Uwâzâh, Volume. 4, Nomor. 2, hal. 268.
Mawardi, Dkk. (2017). Pembelajaran Mikro: Panduan Praktis Perkuliahan Mikro Teaching, Banda Aceh: Intructional Development Center.
Mulyasa. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Musliaty. (2018). “Media Pembelajaran Visual Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkat Minat Belajar Siswa Madrasah”, Jurnal Kuriositas: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, Volume. 11 No. 1, Juni.
Murodi. (2009). Sejarah Kebudayaan Islam Madrasah Tsanawiyah Kelas VII, Semarang: PT. Karya Toha.
Muhaimin. (2001). Islam Dalam Bingkai Budaya Lokal, Jakarta: Logos.
Mughni, Abdul. Khusnul Imam Dkk, Mengenal Sejarah Kebudayaan Islam, Surabaya: Pt Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
Mustafa, Bisri. (2015). Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: Parama Ilmu.
Nasution, Irwan Dan Syafaruddin. (2005). Manajemen Pembelajaran, Jakarta: Quantum Teaching.
Nurkhamidi, Aris. (2010). Matinya Pesantren Di Kota Pekalongan. Jurnal Penelitian, 7. 2.
Prayogi, A. (2022). Perspektif Filosofis Dalam Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh. 23 (2), 23-32.
Paturrohmah, Dkk. (2007). Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Refika Aditama.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia. (2008). Tentang Stsiswar Kompetensi Lulusan Dan Stsiswar Isi Pendidikan Agama Islam Dan Bahasa Arab di Madrasah, hal. 21
Purwanto, Ngalim. (2016). Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 2 Tahun 2008, hal. 22
Ruswandi. (2013). Psikologi Pembelajaran, (Bandung: Cipta Pesona Sejahtera.
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikn, Jakarta: Kencana.
Syukur, Fatah. (2010). Sejarah Peradaban Islam, Semarang: PT. Pustaka Rizki Putra.
Sumiati. (2018). “Peranan Guru Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa”, Jurnal Tarbawi, Vol. 3 No. 2, Juli- Desember.
Sadirman. (2012). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarat: Rajawali.
Sudirman. (2007). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Grafindo Persada.
Syah, Muhibuddin. (2013). Psikologi Pendidikan, Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Sabri, Alisuf. (1996). Psikologi Pendidikan: Bedasarkan Kurikulum Nasional, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Slameto. (1995). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Tohirin. (2005). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Triadi Rakhmat, Dkk. (2019). “Pengaruh Motivasi Intrinsik Dan Ekstrinsik Terhadap Kinerja Pegawai Yang Di Mediasi Oleh Komitmen Organisasi,” Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisik, Jakarta: Prestagi Pusaka.
Wahib Abdul, Dan Mustaqi. (1991). Psikologi Pendidikan, Jakarta: Pt. Rineka Cipta.
Wena, Made. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional, Jakarta: Bumi Aksara.
Warsita, Bambang. (2009). Trategi Pembelajaran Dan Implikasinya pada Peningkatan Efektivitas Pembelajaran, Jurnal Teknodik, Vol. 13 No. 1. Hal. 66.
Yusuf, Syamsu. (2009). Program Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah, Bandung: Rizqi Perss.
Yatim, Badri. (2008). Sejarah Peradaban Islam, (Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Zet Ena, Sirda Djami. (2020). “Peranan Motivasi Intrinsik Dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Minat Personel Bhabinkamtibmas Polres Kupang Kota”, Jurnal Among Makarti, Vol. 13 No. 2, hal. 60
23SK2321243.00 | SK PAI 23.243 MOH s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain