SKRIPSI PAI
Strategi Guru Taman Pendidikan Al-Qur'an Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an Pada Santri TPQ Darul Karim Perumahan Graha Tirto Asri Desa Tanjung Kecamatan Tirto Kabupaten Batang
Kata Kunci: Strategi Guru, Kemampuan Baca Tulis al-Qur’an, Santri TPQ.
Strategi guru adalah usaha dan tindakan yang dilakukan oleh seorang guru sebagai upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran sehingga diharapkan anak mampu menangkap serta memahami materi yang telah disampaikan guru. Kemampuan setiap anak dalam baca tulis al-Qur’an berbeda-beda dikarenakan adanya faktor yang mempengaruhi dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an pada anak, yakni faktor pendukung dan faktor penghambat.
Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru TPQ dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an pada santri TPQ Darul Karim Perumahan Graha Tirto Asri Desa Tanjung Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan? (2) Bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat bagi guru TPQ dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an pada santri TPQ Darul Karim Perumahan Graha Tirto Asri Desa Tanjung Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan?. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan strategi guru TPQ dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an pada santri TPQ Darul Karim Perumahan Graha Tirto Asri Desa Tanjung Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan (2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat bagi guru TPQ dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an pada santri TPQ Darul Karim Perumahan Graha Tirto Asri Desa Tanjung Kecamatan Tirto Kabupaten Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif yakni meliputi reduksi data, penyajian data serta verifikasi data.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, strategi guru di TPQ Darul Karim dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an menggunakan strategi sorogan, klasikal dan baca simak. Sedangkan untuk meningkatkan kemampuan menulis al-Qur’an mengunakan strategi imla’ dengan metode imla’ manqul, imla’ manẓur dan resitasi atau penugasan. Dalam pelaksanaanya, tentunya memiliki beberapa faktor pendukung dan faktor penghambat. Adapun faktor pendukungnya yaitu: minat belajar, pengetahuan materi, latihan dan pengulangan dan bimbingan dari orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: kurangnya perhatian orang tua, tingkat pemahaman santri yang berbeda-beda dan sarana dan prasarana yang kurang memadai.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdurrohman, Benny Prasetiya dan Heri Rifhan Halili. 2022. “Peran TPQ dalam Meningkatkan Kualitas Kemampuan Baca Al-Qur’an pada Anak di TPQ Bahrul Ulum Desa Jrebeng Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo”. Jurnal Al-Ibtidaiyah. No. 1. III. Probolinggo: STAI Muhammadiyah Probolinggo.
Aliwar. 2016. “Penguatan Model Pembelajaran Baca Tulis Qur’an dan Manajemen Pengelolaaan Organisasi (TPA)”. Jurnal Al-Ta’dib. No. 1. Januari-Juni. IX. Kediri: IAIN Kediri.
Aqib, Zainal dan Ali Murtadlo. 2022. A-Z Ensiklopedia Metode Pembelajaran Inovatif, Cet. Ke-1. Yogyakarta: Pustaka Referensi.
Arlini, Nafilatul. 2023. Guru Taman Pendidikan al-Qur’an Darul Karim. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Azis, Donny Khoirul. 2015. “Profesionalisme Guru TPQ Baitul Jannah”. Jurnal Pendidikan Agama. No. 1. Januari–Juni. XVI. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Devi, Putri Nirmala. 2023. Guru Taman Pendidikan al-Qur’an Darul Karim. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Djajadi. 2022. Kepala Taman Pendidikan al-Qur’an Darul Karim. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Dokumentasi. Data Guru Taman Pendidikan al-Qur’an Darul Karim.
Dokumentasi. Data Santri Taman Pendidikan al-Qur’an Darul Karim.
Dokumentasi. Letak Geografis Taman Pendidikan al-Qur’an Darul Karim.
Dokumentasi. Logo Taman Pendidikan al-Qur’an Darul Karim.
Dokumentasi. Misi Taman Pendidikan al-Qur’an Darul Karim.
Dokumentasi. Sarana Prasarana Taman Pendidikan al-Qur’an Darul Karim.
Dokumentasi. Struktur organisasi Taman Pendidikan al-Qur’an Darul Karim.
Dokumentasi. Tujuan Taman Pendidikan al-Qur’an Darul Karim.
Dokumentasi. Visi Taman Pendidikan al-Qur’an Darul Karim.
Farida dan Noorzanah. 2021. “Strategi Pembelajaran Al Qur’an Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur'an di Madrasah Tsanawiyah Ulumul Qur’an Kecamatan Rantau Badauh Kabupaten Barito Kuala”. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pemikiran Islam. No. 1. Juni. I. Banjarmasin: STAI Al Jami Banjarmasi.
Firdasari, Kania. 2023. Santri Taman Pendidikan al-Qur’an Darul Karim. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Handayani, Iys Nur. 2018. “Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Anak”. Gold Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. No. 2. Juni. III. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Harahap, Sri Belia. 2020. Strategi Penerapan Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Hariandi, Ahmad. 2019. “Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an Siswa di SDIT Aulia Batanghari”. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar Universitas Jambi. No. 1. IV. Jambi: Juni.
Haudi. 2021. Strategi Pembelajaran. Solok: Insan Cendekia Mandiri.
Hawi, Akmal. 2014. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Human, As’ad. 2019. Cara Cepat Baca Al-Qur’an. Yogyakarta: Balai Litbang LPTQ.
Husna, Maria. Santri Taman Pendidikan al-Qur’an Darul Karim. Wawancara Pribadi. Pekalongan. 17 Januari 2023.
Hutasuhut, Annisa Aulia. Dkk. 2022. “Strategi Guru MI dalam Meningkatkan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di Kelas 6 MIS Taqwa”. Jurnal Pendidikan Tambusai. No. 2. VI. Medan: UIN Sumatera Utara Medan.
Ma’mun, Muhammad Aman. 2018. “Kajian Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an”. Jurnal Pendidikan Islam. No. 1. Maret. IV. Jombang: STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang.
Mahmud, Amir. 2016. “Fase Turunnya al-Qur′an dan Urgensitasnya”. Mafhum. No. 1. Mei. I. Pasuruan: Universitas Yudharta Pasuruan.
Mardati, Asih, dkk. 2021. Peran Guru dalam Membentuk Karakter Siswa. Yogyakarta : UAD Press.
Masykur, Imam Ghazali, dkk. 2014. Almumayyaz Al-Qur’an Tajwid Warna Transliterasi Per Kata Terjemah Per Kata. Bekasi: Cipta Bagus Segera.
Mawardi dan Sri Handayani. 2019. “Faktor-Faktor Penunjang Kemampuan Belajar di Sekolah Dasar Negeri Lae Langge Kecamatan Sultan Daulat Kota Subulussalam”. Jurnal Pendidikan Islam. No. 2. November. X. STIT Hamzah Fansuri.
Muhsin, Ali. 2017. “Peran Guru dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Baca Tulis al-Qur’an di TPQ Miftahul Ulum Nglele Sumobito Jombang”. Jurnal Al-Murabbi: Pendidikan Agama Islam. No. 2. Juni. IV. Jombang: Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum.
Murnia. 2023. Guru Taman Pendidikan al-Qur’an Darul Karim. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Muslim. 2020. Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Anak dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Muzalina, Irma. 2023. Guru Taman Pendidikan al-Qur’an Darul Karim. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Najah, Khailarafa Majidah. 2023. Santri Taman Pendidikan al-Qur’an Darul Karim. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Nasution, Muhammad Irwan Padli. 2016. “Strategi Pembelajaran Efektif Berbasis Mobile Learning pada Sekolah Dasar”. Jurnal Iqra’. No 1. Mei. X.
Ningrum, Epon. 2013. Pengembangan Strategi Pembelajaran. Bandung: CV Putra Setia.
Nugroho, Naemadia Zhafira. 2023. Santri Taman Pendidikan al-Qur’an Darul Karim. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Nur, Ita Rosita dan Rita Aryani. 2022. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an melalui Metode Iqra’ pada Santriwan/Santriwati TPQ Nurussholihin Pamulang Kota Tangerang Selatan”. Jurnal Mahasiswa Humanis. No. 3. September. II. Bekasi: Universitas Panca Sakti Bekasi.
Observasi di Taman Pendidikan al-Qur’an Darul Karim. Pekalongan. 14 Januari 2023.
Observasi Sarana Prasarana di Taman Pendidikan al-Qur’an Darul Karim. Pekalongan. 16 Januari 2023.
Octavia, Shilphy A. 2021. Profesionalisme Guru dalam Memahami Perkembangan Peserta Didik. Cet. Ke-1. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Panggabean, Suvriadi. dkk. 2021. Konsep dan Strategi Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Parnawi, Afi. 2019. Psikologi Belajar. Cet. Ke-1. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Pratama, Alvin. 2023. Santri Taman Pendidikan al-Qur’an Darul Karim. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Rahanyaan, Nurlaila. 2022. Peran Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Muhaimin dalam Meningkatkan Kualitas Baca Al-Qur’an dan Pembentukkan Akhlak Santri di Rt. 003. Rw. 17 Desa Batu Merah Ambon. Skripsi. Ambon: IAIN Ambon.
Ridwan, Nurul Haeriyah dan Nurlinda Bt. Suardi. 2022. Monografi Manajemen Pendidikan Islam Sarana-Prasarana Pesantren Menuju Manajemen Lembaga Pendidikan Islam Moderen. Yogyakarta: Jejaka Pustaka.
Rusdia, Ujud. 2020. “Setrategi Pembinaan dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai pada Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Bandung Barat”. Jurnal JISIPOL. No. 2. Juli. IV. Bandung: Universitas Bale Bandung.
Sabha, Sabhati. 2023. Guru Taman Pendidikan al-Qur’an Darul Karim. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Sadzaliyah, Nisrina Salsa. 2023. Santri Taman Pendidikan al-Qur’an Darul Karim. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Safitri, Dewi. 2019. Menjadi Guru Profesional. Riau: PT. Indragiri Dot Com.
Slamet Untung, Moh. 2019. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Litera.
Sugiono. 2015. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Herry Agus. 2021. Belajar Mengajar Matematika. Cet. Ke-1. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Syafi, M Alvi. “Penerapan Metode Fashohati TPQ Baitussalam Desa Sukorejo Kab.Pekalongan”.https://www.kompasiana.com/syafii03/62a5c74abb4486199f1bfa02/penerapan-metode-fashohati-tpq-baitussalam-desa-sukorejo-kab-pekalongan (Diakses tanggal 7 Januari 2023).
Syareefa, Nuria. 2023. Santri Taman Pendidikan al-Qur’an Darul Karim. Wawancara Pribadi. Pekalongan.
Thohir, Mundir. 2014. Ihya’ Al-Qur’an Al-Karim (Metode Memahami Al-Qur’an Perkata). Bandung: Azhar Risalah.
Umar, Munirwan. 2015. “Peranan Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak”. Jurnal Ilmiah Edukasi. No.1. Juni. I. Aceh: UIN Ar-Raniry.
Ummah, Siti Sumihatul dan Abdul Wafi. 2017. “Metode-Metode Praktis dan Efektif dalam Mengajar Al-Quran bagi Anak Usia Dini”. Jurnal Islamic Early Childhood Education. Agustus, II. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.
Wahhab, Ali Abdul. 2021. Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an di SMPN 166 Jakarta. Skripsi. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah.
Wanto, Alfi Haris. 2017. “Strategi Pemerintah Kota Malang dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Konsep Smart City”. Journal of Public Sector Innovations. No.1. November. II. Malang : Universitas Brawijaya.
Wigandari, Alfiana Puja. 2019. Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Quran pada Anak Didik di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Mambaul’ulum Sutojayan Blitar. Skripsi. Tulungagung: IAIN Tulugagung.
Yanti, Herina. 2020. “Pelaksanaan Pembelajaran al–Qur’an dengan Metode Lancar Menulis al-Qur’an di TPQ/TPSQ Nurul Ikhsan Nagari Panti Selatan Kec. Panti Kab. Pasaman”. Jurnal Mau’izhah. No. 2. Juli–Desember. X. Pasaman: STAI-Ydi Lubuk Sikaping.
Yoswanto. 2021. Menulis Karangan Kala Pandemi Covid-19. Tegal: Penerbit NEM.
23SK2321242.00 | SK PAI 23.242 AFR s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain