SKRIPSI PAI
Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Melalui Media Google Classroom di Kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Wonotunggal
Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Pembentukan Karakter, Media Google Classroom.
Guru pendidikan agama Islam memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa karena dengan pembelajaran keagamaannya ini dapat membawa siswa menuju kepada kebaikan dan ketakwaan. Dengan perkembangan digital yang semakin canggih ini maka seorang guru harus bisa menyesuaikan perkembangan zaman dengan menjadi suri tauladan yang baik dan mengimbanginya dengan memanfaatkan salah satu aplikasi pembelajaran yaitu google classroom sebagai media pembelajaran untuk mempermudah guru dan siswa dalam proses belajar mengajar.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) bagaimana peran guru Pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter melalui media google classroom pada peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 1 Wonotunggal, beserta 2) apa saja factor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter melalui media google classroom pada peserta didik kelas X MIPA 2 SMAN 1 Wonotunggal.
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sumber data penelitiannya yaitu dari sumber primer yang diambil dari guru pendidikan agama Islam dan peserta didik, serta dumber data sekunder yang diperoleh dari kelapa sekolah. Teknik pengumpulan datanya menggunakan model wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan pada penelitian ini, penulis menggunakan model interaktif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama, peran guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter melalui media google classroom melalui tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Karakter disiplin yang terbentuk seperti disiplin waktu, tanggung jawab serta disiplin dalam mengerjakan tugas yang diberikan melalui aplikasi google classroom. Faktor pendukung terdapat buku penilaian, kerja sama antara guru dan orang tua siswa, sarana prasarana dan media belajar yang memadai, kedua, hambatan peran guru dalam pembentukan karakter melalui media google classroom. keterbatasan tenaga pendidik yang kurang terampil, lingkungan masyarakat atau keluarga yang kurang mendukung, krisis moral di era globalisasi gangguan akses internet.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdillah Dalimunthe, Reza Armin. 2015, “Strategi Dan Implementasi Pendidikan Karakter di SMPN 9 Yogyakarta”, Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Karakter, No. 1.
Afiyah, Nur. 2018. Kontribusi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter siswa. Surabaya: Diss. UIN Sunan Ampel.
Ainiyah, Nur. 2013. “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam”, Semarang: Jurnal Al-Ulum Vol. 13, No. 1.
Anwar, Syaiful. 2016. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Bangsa.” Lampung: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 07, November.
Azwar, Saifudin. 2004. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Departemen Pendidikan Nasional. 2014. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Depdiknas, 2003, Undang-Undang RI No. UU 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Depag RI, Kumpulan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI Tentang Pendidikan
Drajat, Dzakiyah. 1983. Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Proyek Pembinaan Perguruan Tinggi.
Efendy, Rustan & Irmwaddah. 2018. “Peran Pendidikan Agama Islam Membentuk Karakter Religius Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. 1 No. 1.
Haniyyah, Zida. 2021. Peran Guru PAI Dalam Pembentukan Karakter Islami Siswa di SMPN 03. Jombang: Jurnal Studi Kemahasiswaan, Vol 1, No. 1.
Hardiyana, Andri. 2015. “Implementasi Google Classroom Sebagai Alternatif Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. Karya Tulis Ilmiah, SMA Negeri 1 Losari. Cirebon.
Hariyanto & Suyono. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Imeldawati. 2021. “Implementasi Aplikasi Google Classroom Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menegah Pertama.” Skripsi: Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Khoiruddin, M. Arif & Dahniary Sholekah, Dina. 2019. “Islamic Religion Education Implementasi In Forming Student Religius Character.” Jurnal Pedagogik Vol. 06.
Komara, E. 2018. “Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21” SiPATHOENAN: South-East Asian Jornal For Youth Sports & Health Education.
Listyarti, Retno. 2012. Pendidikan Karakter Dalam Metode Aktif, Inovativ, & Kreatif. Jakarta: Erlangga Group.
Ma’arif, Syamsul. 2012. Guru Profesional Harapan dan Kenyataan, Semarang: Need’s Press.
Masruri, Alvin. 2019. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tumpang Kabupaten Malang.” Diss. Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Masruri, Alvin. 2019. “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tumpang Kabupaten Malang”, Diss. Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Moloeng, Lexy. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Muhaimin, 2001. Paradigma Pendidikan Islam, Bandung Remaja Rosda Karya.
Mushfi, Muhammad & Fadilah, Nurul. 2019, “Internalisasi Karakter Religius di Sekolah Menegah Nurul Jadid”, Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam.
Naim, Ngainun. 2012. Character Building: Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu &Pembentukan Karakter Bangsa. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Nirfayanti. 2019. “Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Siswa”, Universitas Maros: Jurnal Penelitian Matematika, Vol. 2, No. 1.
Peraturan pemerintah republik indonesia nomor 74 tahun 2008 tentang guru.
Sabran & Sabara, Edy. 2022. “Keefektifan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran” Makassar: Jurnal Hasil Penelitian Univeritas Makassar.
Salahudin, Anas & Alkrienciehie, Irwanto. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Agama & Budaya Bangsa. Bandung: CV Pustaka Setia.
Salamah Wildatus. 2020. “Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dalam Proses Pembelajaran”. Semarang: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 4.
Siregar, Masria. 2021. “Implementasi Google Classroom Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menegah Atas Negeri 7 Kota Jambi”, Skripsi PAI, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kombinasi (mixed Methods). Cet. Ke-9, Bandung: CV. Alfabeta.
Sukardi, 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Torang, Syamsir. 2014. Organisasi & Manajemen (Perilaku, Struktur, Budaya & Perubahan Organisasi). Bandung: Alfabeta.
Wahyudi, Imam. 2012. Mengejar Profesionalisme Guru. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Yaumi, Muhammad. 2014. Landasan, Pilar, & Implementasi Pendidikan Karakter. Jakarta: Prenadamedia Group.
23SK2321240.00 | SK PAI 23.240 LAS p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain