SKRIPSI PAI
Pengaruh Keaktifan Siswa Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Pada Materi Akidah Akhlak di MTS Muhammadiyah Tersono
Kata Kunci : Keaktifan Siswa, Motivasi Belajar, Prestasi Materi Akidah Akhlak
Seusainya masa pandemi COVID-19 beberapa sekolah yang berada di zona hijau kembali melaksanakan kegiatan belajar mengajarnya secara normal pada tahun ajar 2022/2023. Kegiatan-kegiatan siswa di luar pembelajaran mulai banyak dan berbenturan dengan kegiatan belajar mengajar di kelas. Meskipun hanya sebagian siswa yang mengikuti kegiatan di luar pembelajaran namun hal ini akan menjadikan siswa menjadi lebih merasa lelah, kerepotan bahkan tertinggal dengan pembelajaran di kelas, serta dapat mempengaruhi nilai keaktifan dan nilai tugas-tugas.
Penelitian ini bertujuan; 1) Untuk menganalisis pengaruh keaktifan siswa terhadap prestasi, 2) Untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi, 3) Untuk menganalisis pengaruh keaktifan siswa dan motivasi belajar terhadap prestasi pada materi Akidah Akhlak di MTs Muhammadiyah Tersono.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif dengan teknik analisis regresi sederhana dan regresi berganda. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan tes.
Teknik analisis data menggunakan; 1) Uji prasyarat yang di antaranya; uji normalitas, uji linieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. 2) Uji statistik yang di antaranya; regresi linier sederhana, dan regresi linier berganda. 3) Uji hipotesis yang di antaranya; uji T, dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian uji statistik regresi linier sederhana keaktifan siswa (X1) terhadap prestasi (Y) memperoleh sig. 0,000 < 0,05, nilai Thitung sebesar 5,096 > Ttabel sebesar 2,020 yang berarti bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan keaktifan siswa (X1) terhadap prestasi (Y). Uji statistik regresi linier sederhana motivasi belajar (X2) terhadap prestasi (Y) memperoleh sig. 0,005 < 0,05, nilai Thitung sebesar 2,939 > Ttabel sebesar 2,020 yang berarti bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar (X2) terhadap prestasi (Y). Uji statistik regresi linier berganda keaktifan siswa (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap prestasi (Y) memperoleh sig. 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung sebesar 19,424 > Ftabel sebesar 3,23, H0 ditolak yang artinya ada pengaruh keaktifan siswa (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap prestasi (Y).
DAFTAR PUSTAKA :
Achmad, A. H., Dinar, M., & Bernard. (2020). "Pengaruh Keaktifan belajar, Kemandirian dan Kreativitas terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP". Jurnal Mathematic Education, Vol. 4 No. 1.
Ariyanti, Ita. (2010). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang Angkatan 2008/2009. Skripsi Fakultas Ekonomi, Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Asmara, Y., & Nindiati, D. S. (2019). "Urgensi Manajemen Kelas Untuk Mencapat Tujuan Pembelajaran". Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kajian Sejarah, Vol. 1, No. 1.
Basuki, A. T. (2015). Analisis Statistik Dengan SPSS. Yogyakarta: Danisa Media.
Bloom, T. (n.d.). “Taksonomi Bloom (Ranah Kognitif, Ranah Afektif dan Ranah Psikomotorik) serta Identifikasi Permasalahan Pendidikan di Indonesia”.
Diedrich. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati, & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djazari, M. (2011). "Evaluasi Prestasi Belajar Mahasiswa Program Kelanjutan Studi Jurusan Pendidikan Akuntansi Ditinjau Dari Ipk D3 Dan Asal Perguruan Tinggi”. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. 10 No. 2.
Gunawan, Y. I. (2018). "Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Keaktifan Siswa dalam Mewujudkan Prestasi Belajar Siswa". Jurnal Khazanah Academia, Vol. 02, No. 01.
Hartanto, A. (2017). "Studi Tentang Motivasi Pendidikan Agama Islam Siswa Di SMK Bhinekka Karya 05 Teras Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018”. Naskah Publikasi Fakultas Agama Islam.
Husna, A., & Suryana, B. (2017). Metodologi Penelitian Dan Statistik. Medan: Universitas Imelda Medan.
Indriyani, P. (2020). "Pengaruh Antara Keaktifan dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah Ainul Yaqin Kota Jambi”. Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,. Jambi: Universitas Islam Negeri Sultan Thahafaifuddin.
Izzaty, R. E., Ayriza, Y., & Setiawati, F. A. (2017). "Prediktor Prestasi Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar". Jurnal Psikologi, Vol. 44 No. 2.
Joni, R. (1984). Cara Belajar Siswa Aktif: Implikasi Terhadap Sistem Penyampaian. Jakarta: Depdikbud.
Kanza, N. R., Lesmono, A. D., & Widodo, H. M. (2020). "Analisis Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning Dengan Pendekatan STEM Pada Pembelajaran Fisika Materi Elastisitas Di Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 5 Jember”. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 9 No. 2.
Khasanah, N. U. (2014). "Pengaruh Metode Mengajar Dan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta". Skripsi Fakultas Ekonomi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Kholishoh, U. (2021). "Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Strategi PAIKEM Di Kelas XI IPS SMAN 1 Jetis Ponorogo”. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Ponorogo: IAIN Ponorogo.
Kiswoyowati, A. (2011). “Pengaruh Motivasi Belajar dan Kegiatan Belajar Siswa Terhadap Kecakapan Hidup Siswa”. Jurnal UPI, Edisi Khusus No. 1.
Mahananingtyas, E. (2017). "Hasil Belajar Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Melalui Penggunaan Jurnal Belajar Bagi Mahasiswa PGSD”. Jurnal Pedagogika.
Muliani, P. L. (2020). Uji Persyaratan Analisis. Lumajang: Klik Media.
MZ, A. B., & Muhid, A. (2020). "Method Of Learning Perspective Of Alala Tanalul ‘Ilma By Imam Al-Zanurji". Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 9, No. 1.
Nasrah, & A. M. (2020). "Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19". Jurnal Riset Pendidikan Dasar.
Nasution, S. (1996). Berbagai Pendekatan dan Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Priyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.
Purnamasari, T. (2017). "Pengaruh Motivasi dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Memproses Perjalanan Dinas Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 2 Bantul Semester Gasal Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi Fakultas Ekonomi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
R, M. D., & Rahayu, R. F. (2021). "Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Jarak Jauh". Jurnal Pendidikan Islam Al-Thariqah, Vol. 6 No. 1.
Sadarmayanti. (2007). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju.
Sholehuddin, S., & Tim Penyusun. (2019). Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pekalongan. Pekalongan: IAIN Pekalongan.
Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syafi'i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). “Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi”. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol. 2 No. 2.
Syahrum, & Salim. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media.
Ulfa, R. (2021). "Variabel Penelitian Dalam Penelitian Pendidikan". Jurnal Pendidikan dan Keislaman.
Wardhani, P. W. (2008). “Hubungan Nilai Budaya Uncertainty Avoidance dengan Tingkah Laku Inovatif“. Skripsi Fakultas Psikologi. Depok: Universitas Indonesia.
Yurisca, D. C. (2020). “Pengaruh Keaktifan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SDN 4 Sumberoto Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang”.
Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Zaeni, J. A., & Hidayah, F. F. (2017). "Analisis Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Model Teams Gamestournamens (TGT) Pada Materi Termokimia Kelas XI IPA 5 Di SMA 15 Semarang". Jurnal Unimus: Pendidikan, Sains dan Teknologi.
23SK2321239.00 | SK PAI 23.239 KHA p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain