SKRIPSI PAI
Integrasi Pendidikan Karakter Religius Dalam Pembelajaran PAI Pasca Covid-19 Pada Kelas XI IPA 1 di MAN 1 Kota Pekalongan
Kata Kunci : Pendidikan Karakter Religius, Faktor Pendukung dan Penghambat
Karakter peserta didik tidak dapat terbentuk secara tiba-tiba, salah satunya yaitu karakter religius. Karakter ini dapat dibentuk melalui berbagai kegiatan (pembiasaan) guna membentuk karakter religius tersebut, seperti halnya pengintegrasian Pendidikan karakter religius dalam pembelajaran PAI pada kelas XI IPA I di MAN 1 Kota Pekalongan.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana integrasi Pendidikan karakter religius dalam pembelajaran PAI pasca covid-19 pada kelas XI IPA I di MAN 1 Kota Pekalongan ?, (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat integrasi Pendidikan karakter religius dalam pembelajaran PAI pasca covid-19 pada kelas XI IPA I di MAN 1 Kota Pekalongan?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis menggunakan analisis dekriptif melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ntegrasi pendidikan karakter religius dalam pembelajaran PAI ini dapat dilakukan karena adanya pembiasaan pembiasaan yang baik. Kemudian juga terdapat faktor yang menjadi pendukung dan juga penghambat yaitu faktor internal dan juga faktor eksternal. Faktor internal meliputi kesadaran diri dari peserta didik, keluarga, lingkungan sekolah, teman sepergaulan, dan masyarakat. Adapun faktot eksternal meliputi keluarga, teman sepergaulan, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat.
DAFTAR PUSTAKA :
Alim, Muhammad. 2011. Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Annisa, Fadillah. 2019. “Penanaman Nilai-nilai Pendidikan Karakter Disiplin pada Siswa Sekolah Dasar”, dalam Jurnal Perspektif Pendidikan dan Keguruan,.Vol. X, No. 1.
Arfa, M. Hillan. Peeerta didik MAN 1 Kota Pekalongan, Wawancara Pribadi, Pekalongan, 10 Maret 2023.
Azzet, Akhmad Muhaimin. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: ArRuzz Media.
Barnawi dan M. Arifin. 2013. Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter, Yogyakarta: AR-RUZZ Media.
Darumawan, Kepala Madrasah MAN 1 Kota Pekalongan, Wawancara Pribadi, 16 Maret 2023
Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta:Rajawali Press.
Gunawan, Heri. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
H, Hasanah. 2016. “Teknik-teknik Observasi”. Semarang: Jurnal At-Taqaddum, Vol. 8, No. 2.
Hadi, Sutrisno. 1987. Metodologi Riset 2. Yogyakarta: Andi Offset.
Hasan, Aminah Ahmad. 1985. Nazhariyah at-Tarbiyah fi al-Qur’ān wa Tathbiqātuha fi ‘Ahdi Rasulillah SAW. Beirut: Dār al-Ma’ārif.
Hasanah, Nur Ziadatul. 2018. “Pengembangan Pembentukan Karakter Religius Peserta DidikKelas XI Melalui Kegiatan Kurikuler PAI di SMK Negeri 1 Bantul”. Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
Immaniar, Utami Elsa. Peserta didik MAN 1 Kota Pekalongan, Wawancara Pribadi, Pekalongan 10 Maret 2023.
Latifah, Guru PAI MAN 1 Kota Pekalongan, Wawancara Pribadi, Pekalongan, 15 November 2022.
Latifah, Guru Akidah Akhlaq MAN 1 Kota Pekalongan , Wawancara Pribadi, pada 15 November 2022, pukul 09.22 WIB.
Lickona, Thomas. 2013. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik, terj Lita S. Bandung: Nusa Media.
M, Rosaliza. 2015. "Wawancara, Subuah Interaksi Komunikasidalam Penelitian Kualitatif". Riau: Jurnal Ilmu Budaya, Vol. 11, No. 2.
Majid, Abdul dan Dian Andayani. Pendidikan Karakter Prespektif Islam. PT. Remaja Rosdakary.
Mardiyah. 2017. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Pengembangan Materi Ajar Bahasa Indonesia di Kelas IV Sekolah Dasar”. dalam Jurnal Terampil, Vol. 4, No. 2.
Mardliyah, Zazuk. 2021. “Model Pembelajaran Pembiasaan dalam Membentuk Karakter Islami dan Akhlak Mulia Peserta Didik MI NU Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus Tahun 2021/2022” dalam Jurnal Inovasi Karya Ilmiyah Guru, Vol. 1.
Marsha Ardelia Putri, Peserta didik MAN 1 Kota Pekalongan, Wawancara Pribadi, Pekalongan, 10 Maret 2023.
Mistiningsih, Cindi dan Eni Fariyatu Fahyuni. 2020. “Manajemen Islamic Culture melalui Pembiasaan Sholat Dhuha Berjamaah dalam meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa”, dalam Jurnal Manajemen dan Ilmu Pendidikan. Vol. 2, No. 2.
Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Mowashi, Andri dkk.. 2018. “Revitalisiasi Pendidikan Karakter Melalui Islamisasi Kampus di Universitas Muhammadiyyah Sukabumi”, dalam jurnal Al-Tadzkiyyah: Pendidikan Islam, Vol. 9, No. 2.
Mukholisatun, Waka Kurikulum MAN 1 Kota Pekalongan, Wawancara Pribadi, 8 Maret 2023
Mustari, Muhammad. 2014. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Muthmainah, Afiati. 2018. Penanaman Kedisiplinan Peserta Didik di MTs Negeri II Surakarta. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rianawati. 2018. Implementasi Nilai-Nilai Karakter pada Mata Pelajaran. Pontianak: IAIN Pontianak Press.
Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif . Yogyakarta: CV Budi Utama.
S., Arischa. 2013. "Analisis Beban Kerja Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru. Pekanbaru: JOM FISIP, Vol. 6, No. 1.
S., Wandi. 2013. “Pembinaan Prestasi ekstrkurikuler Olahraga di SMA Karangturi Kota Semarang” dalam jurnal Physical Education of Sport, Health and Recreation, Vol. 2, No. 8.
Siyoto, Sandu dan Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Subianto, Jibo. 2013. “Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Pembentukan Karakter Berkualitas”, dalam Jurnal Penelitian Pendidikan Islami”. Vol. 8, No. 2.
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Wibowo, Agus . 2012. Pendidikan Karakter. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Wiguna, Alifermana. 2014. Isu-Isu Kontemporer Pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish.
Zubaed. 2017. Strategi Taktis Pendidikan Karakter (Untuk PAUD dan Sekolah). Depok: Rajawali Pers.
23SK2321238.00 | SK PAI 23.238 TYA i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain