SKRIPSI PAI
Pembinaan Ubudiyah Berbasis Kitab Fasholatan Karya Syekh Kiai Haji Raden Asnawi Kudus di Taman Pendidikan Al-Qur'an Raudlotuth Tholibin di Desa Rowolaku Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan
Kata kunci : Pembinaan Ubudiayah, Kitab Fasholatan Karya Syeh Kiai Haji Raden Asnawi Kudus.
Ubudiyah merupakan suatu proses yang dapat digunakan bagi diri kita agar dapat menjadi lantaran diri kita kepada Allah Swt. Hal ini dilakukan seorang manusia untuk lebih dekat kepada Allah Swt sebagai Tuhan semesta alam. Dengan peribadatan diantaranya : sholat, puasa, memberikan zakat, serta menunaikan haji bagi yang mampu. Manusia dalam menjalani kehidupan hal yang terpenting adalah melakukan ibadah, hal yang paling utama dilakukan manusia adalah beribadah ialah rasa taat serta patuh kepada perintah Allah, artinya manusia harus bisa melakukan apa yang sudah menjadi perintah Allah serta sebisa mungkin untuk meninggalkan apa yang menjadi larangan Allah dengan perantara utusan Allah. Dengan adanya pembinaan ubudiyah di TPQ Raudhotut Tholibn ini mengunaan kitab fasholatan diharapkan para santri bisa mengerti dan paham mengenai ubudiyah dalam keseharian seperti halnya sholat dan thoharoh sesuci dalam berwudhu
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : Bagaimana pembinaan ubudiyah di TPQ Raudlhotuth Tholibin di Desa Rowolaku Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan?, dan bagaimana kendala pembinaan ubudiyah berbasis kitab fasholatan karya syekh kiai haji raden asnawi kudus di TPQ Raudlhotuth Tholibin. Adapun tujuan penelitian yaitu untuk memberikan gambaran tentang apa yang akan didapatkan dan dituju oleh peneliti dalam penelitian untuk mengetahui hasil pembinaan ubudiyah di TPQ Raudlhotuth Tholibin dan dapat mengetahui kendala-kendala yang akan di hadapi dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Raudlhotuth Tholibin
Penelitian ini merupakan Field research dengan pen dekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah ustadz, dan santri TPQ Raudlhotuth Tholibin kelas VI jilid 5. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara, obsrvasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data , display data dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini yaitu pembinaan ubudiyah berbasis kitab fasholatan karya syekh kiai haji raden asnawi kudus di TPQ Raudlhotuth Tholibin di desa rowolaku kecamatan kajen kabupaten pekalongan terdiri dari 3 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dapat berjalan dengan lancar. Santri TPQ Raudlhotuth Tholibin kels VI jilid 5 memiliki respon yang baik terhadap pembinaan ubudiyah berbasis kitab fasholatan sehingga santri dapat menerapkan ilmu yang sudah di pelajari dan dapat memperaktikkannya dalam keseharian yang dapat dilihat melalui aktifitas santri dalam berwudhu dan sholat berjamaah di masjid atau mushola dan setelah itu dilanjutkan dengan mengaji Al-Qur’an.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdullah Mawardi. 2011. Ulumul Qur’an. Jogjakarta : Pustaka Pelajar.
Abedillah Hilmi. 2021. Kitab Fasholatan panduan melaksanakan ibadah sholat. Kudus : Menara Kudus.
AbuSyuja’ Ahmad bin Husain bin Ahmad Al-Ashfahani.2019. Matan Abu Syuja’ Fikih Praktis Mdzhab Syafi’i Kajian Fikih Madzhab Terbesar di Indonesia. Solo: Pustaka Arafah.
Aly Noer Hery. 1999. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Logos.
As’ad Human. 1995. Pedoman Pengelolaan Pembinaan Pengembangan, Membaca, Menulis,Memahami Al-quran, Yogyakarta: Litbang LPTQ Nasional Team Tadarus AMM.
Asy-Syaikh Salim bin Abdullah bin sa’ad bin Abdullah bin Sumair Al-Hadromi Asy-Syafi’i. 2001.Safinatun Najah. Kudus: Haromain.
Bafadhol Ibrahim. 2017. Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Islam. Bogor: Jurnal
Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam.
Danim Sudarman. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung : Pustaka Setia.
Daud Muhammad. 2006. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Djamarah Bakhri Sayful dan Zain Azwan. 2014. Setrategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka.
Dkk, Thoha Chabib. 1999. Metodologi Pengajaran Agama. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Gullen Fatullah. 2001. Kunci Rahasia Sufi. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Gunawan Heri. 2012. kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung : Alfabeta.
H. Dachlan Bunyamin. Memahami Qiraati, Semarang : Yayasan Pendidikan Al-Qur’an Raudlatul Mujawwidin.
Hasbiallah. 2014. Fiqih dan Ushul Fiqih. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Kholil Makrum. 2015. Pedoman Penulisan Skripsi STAIN Pekalongan. Pekalongan: STAIN Pres.
M Sulthon dan M. Khusnurridlo. Manajemen Pesantren Dalam Prespektif Global. Yogyakarta: Laksbang Pres.
M.Alanshr Sofyan. 2019. Prndidikan Karakter Ala Gus Dur : Representasi Pesantren Dalam Mendidik Bangsa. Shohih 4.no.1.
Mansur. 2011. Pendidiikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Natta Abbudin. 2006. Pendidikan Dalam Prespektif Al-Qur’an. Jakarta : Prenadamedia.
Qomar Mujamil. 2007. Pesantren Dari Metodologi Menuju Demokrasi Institusi.. Jakarta: Erlangga.
Rasjid Sulaiman. 2003. Fiqih Islam. Bandung: PT, Sinar Baru Algensindo.
Raya Thib Ahmad dan Mulia Musdah Siti. 2003. Menyelami Seluk Beluk Ibadah Dalam Islam . Bogor: Kencana.
Sirajuddi Brri Basthul Maftuh. 1992. Turutan A,B,Ta Jet Tempur, Turutan Pengantar Mengaji Al-Qur’an. Kediri : MMQ Pon-Pes Lirboyo.
Sudadi.2015. Pengantar Studi Islam. Kebumen : Mediatera.
Sugiono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: CV Alfabeta.
Sukmadinata Syaodiah Nana. 2016. Metode Penelitian,Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sukring. 2013. Pendidik dan Peserta didik dalam Pendidikan Islam.Yogykarta : Graha Ilmu.
Suparta, M. Aly Noer Herry. 2002. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta : Amissco.
Syekh Asnawi, Fasholatan. Maktabah Menara Kudus.
Tim Penyusun. 2018. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Institusi Agama Islam Negri Jember. Jember: IAIN Jember Pres.
Umar, Bukhari. 2017. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Amzah.
Untung, Selamet. 2019. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Litera.
Zuhri, Minan. 1954. Fasholatan. Kudus : Menara Kudus.
23SK2321237.00 | SK PAI 23.237 MUH p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain