SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Cooperative Learning Dalam Membina Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa di SMK Negeri 03 Pekalongan
Kata Kunci: Metode Cooperative Learning, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Siswa SMK Negeri 03 Pekalongan..
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Metode Cooperative Learning dalam Membina Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di SMK Negeri 03 Pekalongan. Metode cooperative learning merupakan suatu metode pembelajaran yang memusatkan keaktifan antar peserta didik dalam belajar yang terdiri dari beberapa siswa dalam kelompok kecil guna mencapai tujuan yang diharapkan dan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam memahami materi atau pelajaran yang sudah diberikan serta mampu memecahkan masalah yang kolektif, seperti halnya guru PAI di SMK Negeri 03 Pekalongan yang sudah menerapkan metode cooperative learning dalam membina kemampuan membaca Al-Qur’an siswa.
Adapun rumusan masalah dari skripsi ini. Yaitu, bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di SMK Negeri 03 Pekalongan, implementasi metode cooperative learning dalam membina kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di SMK N 3 Pekalongan, serta kendala dan solusi implementasi metode cooperative learning dalam membina kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di SMK N 3 Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an tergolong cukup baik. Guru pendidikan agama islam dapat membina kemampuan membaca Al-Qur’an siswa melalui implementasi metode cooperative learning yang mempunyai tiga tahap, pertama tahap perencanaan yaitu dari guru menyampaikan tujuan pembelajaran memotivasi siswa hingga membimbing dalam membentuk kelompok belajar, kedua tahap pelaksanaan yaitu cara guru membimbing siswa dalam mengerjakan tugas hingga ke presentasi siswa, kemudian ketiga tahap penutup yaitu cara guru mengevaluasi siswa. Adapun kendala dan solusi dari implementasi metode cooperative learning dalam membina kemampuan membaca Al-Qur’an yaitu kendala dalam sikap, kemudian ada kendala dalam persiapan atau kematangan dalam mempersiapkan hasil diskusi, solusinya dengan pembentukkan kelompok yang tepat dan efisien dari pendidik, pastinya persiapan untuk pembelajaran itu penting jadi pendidik harus sudah mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan pada saat pembelajaran dilaksanakan.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdul, Muhammad, Ahmad, Qodir. 2012. Metodologi Pengajaran Pendidikan Agama. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam.
Ahmadi, Abu. 2003. Psikologi Umum. Jakarta: Bina Ilmu.
Ahmadi, Abu. 2014. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ali, Ismun. Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Dalam Jurnal Mubtadiin, Vol. 7, No. 1, 2021.
Alifa, Nabila Nur dan Akasi, Yoza Sri. Cooperative Learning dalam Pembelajaran Matematika (Trigonometri), dalam Jurnal Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, Jurusan Pendidikan Matematika, 2012.
Al-Mujahid, Husein, Toha, Achmad. 2011. Ilmu Tajwid. Jakarta: Darus Sunnah.
Amsari, Dina dan Mudjiran. Implikasi Teori Belajar E.Thorndike (Behavioristik) Dalam Pembelajaran Matematika, dalam Jurnal Basicedu Volume 2 Nomor 2, Padang 2018.
Andriani, Annisa, Listiyandini Ratih Arruum. Peran Kecerdasan Sosial terhadap Resiliensi pada Mahasiswa Tingkat Awal. dalam Jurnal Ilmiah Psikologi, Volume 4, Nomor 1, Jakarta 2017.
Angranti, Wiwik. 2016. Penerapan Metode Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an, Studi Deskriptif-Analitik di SMP Negeri 2 Tenggarong, Tenggarong: Intelegensia.
Annuri, Ahmad. 2010. Panduan Tahsin Tilawah Al-Qur’an & Pembahasan Ilmu Tajwid. Jakarta: Al-Kautsar.
Annuri, Ahmad. 2010. Tahsin Tilawah Al-Qur’an & Pembahasan Ilmu Tajwid. Jakarta: Al-Kautsar.
Annuri, Ahmad. 2019. Panduan Tahsin Tilawah Al-Qur’an & Ilmu Tajwid. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Arends, R. I. 2004. Learning to Teach. New York: Mc Graw Hill.
Arifin, M. 2013. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Asmonah, Siti. Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar, dalam Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 8 No. 1, Bantul, 2019.
Aunurrahman. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alpabeta.
Buton Anisa, dkk. Upaya Guru Mengatasi Kesulitan Murid Dalam Membaca Al-Qur’an Di Tpq Al-Ikhwan Kebun Cengkeh Desa Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon, dalam Jurnal Ilmiah Siswa: Program Studi Pendidikan Agama Islam FITK IAIN Ambon, Vol.3, No. 2, 2022.
Dalyono, M. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Departemen Agama RI. 2009. Pedoman Pembinaan TKQ/TPQ. Jakarta: Direktorat Pendidikan Dinayah Dan Pondok Pesantren.
Dharma, Kusuma Kelana. 2011. Metodologi Penelitian Keperawatan: Panduan Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian. Jakarta: Trans Info Media.
Eko, Mukti Suyandra, dkk. 2012. Rancang Bangun Aplikasi Bimbingan Akademik Berbasis Web Dan Android Pada Program Manajemen S1 STIE MDP, STIMIK GI MDP.
Fadhilah, Ningsih, Uswatun Khasanah. Strategi Bimbingan Konseling Islam Untuk Meningkatkan Kematangan Beragama Pada Masyarakat Muslim Minoritas, dalam Jurnal Konseling Religi, Vol. 9 No. 1, Pekalongan, 2018.
Fausia, Fofi. K. 2020. Penerapan Cooperative Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 9 Banda Aceh. Aceh: Prodi PAI Fakultas Tarbiyah, UIN Ar-Raniry Darussalam.
Fika, Fatimatuzzahroh. 2015. Aplikasi Metode Yanbua dalam Meningkatkan Kefasihan dan Kelancaran Baca Siswa Kelas VII A Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Studi Kasus di MTs Al-Hidayah
Donowarih Kabupaten Malang. Skripsi: UIN Malang.
Hadi, Sutrisno. 2010. Metode Penelitian Research II. Yogyakarta: Andi Offset.
Hasanah, Zuriatun. Model Pembelajaran Kooperatif dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa, Jurnal Studi Kemahasiswaan, dalam jurnal Prodi PAI STIT Al Urwatul Wutsqo Jombang, Vol. 1, No. 1, 2021.
Hasibuan, Dirja. 2010. Penerapan Strategi Cooperative Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Memahami Al-Qur’an. Medan: UNIVA.
Huda, Miftahul. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Isjoni. 2016. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.
Kamaria, Amrin. Implementasi Kebjikan Penataan dan Mutasi Guru Pegewai Negeri Sipil di Lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Halmahera Utara. dalam Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Universitas Khairun, Vol. 7, No.3 2021.
Makarao, Nurul Ramadhani. 2009. Metode Mengajar Bidang Kesehatan. Bandung: Alfabeta.
Moloeng, Lexy. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Mujizah, Laila. 2022. Implementasi Metode Kooperatif dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar pada Pelajaran IPS Kelas IV MI Darul Huda Bandar Lampung. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Mulyasa. 2009. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran yang Aktif dan Menyenangkan. Jakarta: Remaja Rosda Karya.
Muthoin. Taklik Talak dalam Perspektif Gender, dalam Jurnal Muwazah, Vol. 4, No. 2, Desember 2012.
Nur, Tajudin. 2011. Evaluasi Pengajaran. Pontianak: Universitas Tanjungpura Pontianak.
Oemar, Hamalik. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Prayitno. 2007. Pelayanan Bimbingan di Sekolah. Jakarta: Galia Indo.
Prayogi, Arditya, dkk. The Dynamics of Islamic Civiijzation in The Persian Region: A Historical Study, dalam Jurnal Keislaman, Vol. 5, No. 2, September 2022.
Purwadarminta. 2010. Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung: Falah Prodution.
Purwanto, M. Ngalim. 2012. Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Karya.
Qomar, Mujamil. 2015. Epistimologi Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.
R.J, Condon. 2011. The Relationship between Self-awareness and Leadership: Extending Measurement and Conceptualisation, Disertasi. Canterbury: Universitas Canterbury.
Rahmat, Pupu Saeful. Penelian Kualitatif, dalam Jurnal Penelitian Equilibrium, Vol. 5, No.9, 2009.
Roger, Johnson, D. W. Cooperative Learning in Middle Schools, Interrelationship of Relationships and Achievement, dalam Middle Research Journal, Vol. 5, No. 1, 2010.
Sadirman A,M. 2003. Interasksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta.
Sadirman A.M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Malang: Universitas Negeri Malang.
Saifudin, Azwar. 2014. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Slameto. 2005. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Aneka Cipta.
Slavin. 2015. Cooperative Learning: Teori, Riset Dan Praktik. Bandung: Nusamedia.
Solihatin, Etin Rahardjo. 2008. Cooperatif Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta : Bumi Aksara.
Stahl dan Slavin. 2004. Langkah-Langkah Cooperative Learning. Dalam Etin Solihatin dan Raharjo.
Sudjiono, Anas. 2013. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Sugiono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cet. Ke 23. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Sumarji dan Rahmatullah. Inovasi Pembelajaran Al-Qur’an, dalam Jurnal Ta’limuna, Vol. 1 No. 1, 2018.
Tambak, Syahraini. Metode Cooperative Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dalam Jurnal Al-Hikmah, Pekanbaru 2017, Vol. 14, No.1.
Tarigan, Henri Guntur. 2009. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Thobroni, Muhammad dan Arif Mustofa. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: ArRuzz Media, Cetakan II.
Thorndike, Edward. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ubaidillah, Abu dan Abu Sabiq. 2012. Kaidah-Kaidah Membaca Al-Qur’an Dengan Tartil. Magelang: Al-Qomar Media.
Utami, Esty Dwi. 2010. Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learnng teknik co-op co-op untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar sejarah kelas XI IPS 1 di SMA N 1 Wates tahun ajaran 2008/2009, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Widdo, Achmad, Fathudi, Syukri. Menerapkan Metode Cooperative Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dalam Jurnal: Humanika, Vol. 6 No.1, 2006.
Wulandari, Putri. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di Kelas XI SMAN 2 Palang Raya. Palang Raya: Jurusan Tarbiyah, Prodi PAI, IAIN Palang Raya.
Zarkasyi. 2005. Pelajaran Tajwid Qaidah Bagaimana Mestinya Membaca Alquran. Gontor: Trimurti Gontor Ponorogo.
23SK2321236.00 | SK PAI 23.236 QOR i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain