SKRIPSI PAI
Kepemimpinan Peserta Didik Perempuan Dalam Pandangan Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Siwalan Kabupaten Pekalongan Tahun 2022
Kata kunci: Kepemimpinan, Peserta Didik Perempuan, Guru PAI.
Penelitian ini dilatar belakangi karena peserta didik perempuan di SMP Negeri 1 Siwalan Kabupaten Pekalongan pada tahun 2022 terlihat banyak berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sekolah, jabatan keanggotaan kelompok/organisasi kelas maupun sekolah, termasuk jabatan kepemimpinan. Terlihat bila hal ini kemudian mulai mengikis pemahaman mengenai peran perempuan yang dari dulu selalu ditugaskan di dalam ranah domestik oleh konstruktif budaya dan kesalahan penangkapan makna dari teks agama. Kemajuan ini tentu membutuhkan dukungan guru terutama guru PAI selaku pendidik yang diharapkan mampu mengubah sudut pandang patriarkis dengan meluruskan makna dari teks agama yang terkesan subordinatif.
Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana kepemimpinan peserta didik perempuan di SMP Negeri 1 Siwalan Kabupaten Pekalongan tahun 2022; 2) Bagaimana pandangan guru PAI mengenai kepemimpinan peserta didik perempuan di SMP Negeri 1 Siwalan Kabupaten Pekalongan tahun 2022; 3) Apa saja faktor yang mendukung peserta didik perempuan mendapatkan ruang dan kesempatan yang sama untuk memimpin di SMP Negeri 1 Siwalan Kabupaten Pekalongan tahun 2022.
Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan pendekatan kualitatif dengan mengambil latar tempat di SMP Negeri 1 Siwalan Kabupaten Pekalongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan peserta didik perempuan di SMP Negeri 1 Siwalan Kabupaten Pekalongan tahun 2022 didukung penuh dari berbagai pihak, hal ini terlihat dari banyaknya peserta didik perempuan yang berpartisipasi dalam berbagai kegiatan terutama kepemimpinan. Hal ini dikuatkan oleh pandangan guru PAI yang mengatakan bila dalam Islam perempuan boleh memimpin karena yang pertama, derajat manusia sama di mata Allah SWT. Kedua, setiap orang adalah pemimpin yang akan dimintai pertanggung jawaban atas apa yang dipimpinnya. Ketiga, perempuan boleh memimpin kecuali di dalam shalat. Selain itu, banyaknya peserta didik perempuan yang berkiprah dalam kepemimpinan dilatar belakangi oleh faktor pendukung dari dalam sekolah seperti: diberikannya ruang, akses, kesempatan, dan hak yang sama tanpa memandang apakah laki-laki maupun perempuan; guru melihat potensi individu peserta didik tanpa memandang gender; serta peserta didik perempuan memiliki role model di sekolah.
DAFTAR PUSTAKA :
Afandi, Rahman. 2013. "Kepemimpinan"dalam"Pendidikan"Islam". Purwokerto: "INSANIA: Jurnal"Pemikiran"Alternatif"Kependidikan, Vol XVIII, No. 1.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Memahami Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: CALPULIS.
Asnawi dan Masyhuri. 2009. Metodologi Riset Manajemen Pemasaran. Malang: UIN Malang Press.
Barlian, Ujang Cepi. 2016. "Kebijakan Pengelolaan Dana Pendidikan Tingkat Sekolah dalam Konteks Otonomi Daerah". Kebumen: Jurnal An-Nidzam,Vol. III, No. 02.
Fitriani, Anisa. 2015. "Gaya Kepemimpinan Perempuan". Lampung: Jurnal TAPIs, Vol. XI, No. 2.
Hardani dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.
Hartono, Rudi. 2021. "Kepemimpinan Perempuan di Era Globalisasi". Ponorogo: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, Vol. I, No. 1.
Hasanah, Ulfatun dan Najahan Musyafak. 2017. "Gender and Politics: Keterlibatan Perempuan dalam Pembangunan Politik". Semarang: Jurnal Sawwa, Vol. XII, No. 3.
Herdiansyah, Haris. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika.
https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/UU20-2003Sisdiknas.pdf (Diakses tanggal 20 Desember 2022)
Kafidhoh, Siti. 2019. "Kepemimpinan Perempuan dalam Pendidikan Islam (Studi atas Peran Umi Waheeda dalam Mengelola Yayasan Al-Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School Parung)". Bogor: Alim: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. I, No. 2.
Mardiyani, Isyatul. 2014. "Perempuan dan Kepemimpinan dalam Pendidikan Islam". Banten: Jurnal Studi Gender dan Anak, Vol. I, No. 1.
Muhammad, Husein. 2001. Fiqh Perempuan: Refleksi Kiai atas Wacana Agama dan Gender. Yogyakarta: LKiS Yogyakarta.
Nasution, Wahyudin Nur. 2015. "Kepemimpinan Pendidikan di Sekolah". Medan: Jurnal Tarbiyah, Vol. XXII, No. 1.
Nurhayati, Eti. 2012. Psikologi Perempuan dalam Berbagai Perspektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Putry, Raihan. 2015. "Kepemimpinan Perempuan dalam Perspektif Islam" (Banda Aceh: Jurnal Mudarrisuna, Vol. IV, No. 2.
Rahim, Abdul. 2016. "Peran Kepemimpinan Perempuan dalam Perspektif Gender". Parepare: Jurnal Al-Maiyyah, Vol. IX, No. 2.
Rusdiana. 2019. Manajemen Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.
Sekolah Kita. "SMP Negeri 1 Siwalan Kabupaten Pekalongan", https://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/e09d615a-2df5-e011-b1c7-7188712f7637 (Diakses tanggal 14 Desember 2022).
Shofawi, Mukh. Adib. 2021. "Kepemimpinan Perempuan dalam Perspektif Pendidikan Islam Menurut Hj. Nurlaela Mubarok". Skripsi Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.
Subhan, Zaitunah. 2008. Mengagas Fiqh Pemberdayaan Perempuan. Jakarta: El-Kahfi.
Syafar, Djunawir. 2017. "Teori Kepemimpinan dalam Lembaga Pendidikan Islam". Bengkulu: TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. V, No. 1.
Syafaruddin. 2019. Kepemimpinan Pendididkan Akuntabilitas Pimpinan Pendidikan pada Era Otonomi Daerah. Depok: Rajawali Pers.
Usman, Husaini dkk. 2006. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Wahab, Abdul Aziz. 2008. Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.
Zakiah, St. 2018. "Kepemimpinan Perempuan pada Madrasah Aliyah di Kabupaten Bone". Parepare: Jurnal Al-Maiyyah, Vol. XI, No. 1.
23SK2321235.00 | SK PAI 23.235 NAG k | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain