SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Ceramah Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Akhlak Siswa Kelas XII di SMK Islam 45 Wiradesa Pekalongan
Kata Kunci: Akhlak, Metode Ceramah, Pendidikan Agama Islam
Salah satu masalah yang sering temui di era sekarang dalam pembelajaran adalah akhlak siswa. Akhlak adalah hal-hal yang berkaitan dengan sikap, perilaku dan sifat-sifat manusia dalam berinteraksi dengan dirinya, dengan sesamanya, dengan makhluk makhluk lain dan dengan Tuhannya. Proses penanaman akhlak dilingkungan sekolah salah satunya dengan metode ceramah Metode ini merupakan salah satu metode yang diterapkan pada pembelajaran PAI di kelas XII SMK Islam 45 Wiradesa.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana gambaran akhlak siswa kelas XII di SMK Islam 45 Wiradesa?, (2) Bagaimana implementasi metode ceramah pada pembelajaran PAI dalam membentuk akhlak siswa kelas XII di SMK Islam 45 Wiradesa?. (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi metode ceramah pada pembelajaran pendidikan agama islam dalam membentuk akhlak siswa kelas XII di SMK Islam 45 Wiradesa?.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitif dengan langkah- langkah sebagai berikut: (1) Kondensasi data, (2) Penyajian data dan (3) Verifikasi. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, Siswa Siswi kelas XII akuntansi.
Hasil penelitian ini menunjukkan gambaran akhlak siswa kelas XII masih ada yang siswa yang perlu bimbingan dari gurunya seperti siswa yang berbicara dengan teman satu mejannya saat gurunya menyampikan materi. Akhlak siswa kelas XII dikategorikan sebagai berikut: (1) akhlak siswa kepada Allah, akhlak siswa kepada diri sendiri dan akhlak siswa kepada sesama manusia. Kemudian implementasi metode ceramah pada pembelajaran PAI dikelas XII ada beberapa tahapan yaitu: (1) Tahapan perencanaan pembelajaran, (2) Tahapan pelaksanaan pembelajaran, (3) Tahapan evaluasi pembelajaran. Adapun faktor pendukung yang mempengaruhi implementasi metode ceramah pada pembelajaran pendidikan agama islam dalam membentuk akhlak siswa kelas XII yaitu waktunya lebih efesien dan pesan yang disampaikan guru mudah dicerna peserta didik. Sementara untuk faktor penghambatnya latar belakang siswa yang berbeda- beda serta keterbatasan sarana dan prasarana.
DAFTAR PUSTAKA :
Abdul Halim Mahmud, Ali. 2004. Akhlak Mulia. Jakarta: Gema Insani.
Adnan, Roudothul. 2015. Peranan Guru PAI dalam Pembentukan Akhlakul Karimah Siswa di SMP Terbuka 25 Surabaya. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Ahmad, Alwi. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Aktif di SMA Negeri 2 Ungaran Semarang, Jurnal Penelitian,
Ahmad Saebani, Beni. 2017. Ilmu Akhlak. Bandung: Pustaka Setia.
Ahmad, Saehuri. 2019. Mengenal Islam dan Iman. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Akram. 2014. Manajemen Tata Kelola Kehidupan. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Al Hasib. 2015. Alquran dan Terjemahan, Qs. Ar- Rad/11, Jakarta: Samad
Al-Abrasyi, Athiyah. 2013. Prinsip-Prinsip Dasar Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Anggito Albi. Metodologi Penelitian Kalitatif. Sukabumi : CV Jejak.
Ardani. 2015. Akhlak-Tasawuf Nilai-nilai Akhlak Budi Pekerti dalam Ibadah dan Tasawuf. Jakarta: CV Karya Mulia.
Arifin, Zainal. 2011. Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdkarya.
Bahri Djamarah, Syaiful. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Danim, Sudarwan. 2010. Pengajaran dan Pembelajaran. Jakarta: Redaksi Media Kita
Darno. 2013. Kiat Menyusun Penelitian. Surabaya: Mandar Maju.
Djatmika, Rahmat. 2010. Sistem Etika Islam (Akhlak Mulia). Jakarta: Pustaka Panjimas.
El Saha, Ishom.2005.Sketsa Al-Quran. Jakarta: Lista Fariska Putra.
Isnaiani, Ahmad. 2015. Metode Ceramah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Alquran di Kelas V SDN 1 Beringin Raya Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara. Jurnal Penelitian.
Lindawati, Fitri. 2011. Pelaksanaan Metode Keteladanan dalam Pembinaan Akhlak Anak di RA Nurussibyian Randugarut Tugu Semarang. Skripsi, IAIN Walisongo Semarang.
Lontoh, Fadian. Efektivitas Penggunaan Metode Ceramah Dalam Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian.
Majid, Abdul. 2011. Perencanan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mizan, Muhammad. 2015. Pengembangan Akhlak Mulia. Jakarta: Rineka Cipta.
Mubarok, Helmi. 2014. Pembelajaran Aktif, Kreatif dan Inovatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyasa. 2015. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Media Pressindo.
Mustofa, Zainal. 2016. Pembelajaran aktif, kreatif, dan inofatif, (Jakarta: Rineka Cipta.
Namsa, Yunus. 2010. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta:Pustaka Firdaus.
Narbuko, Cholid. Meotodelogi Penelitian Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nasharuddin. 2015. Akhlak (Ciri Manusia Paripurna). Jakarta: Rajawali.
Nata, Abudin. 2016. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Rineka Cipta.
Nawawi. 2010. Peran dan Tanggung jawab Seorang Guru. Jakarta: PT Grasindo.
Rizky Amaliah, Raden. Penerapan metode ceramah dan diskusi dalam meningkatkan hasil belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta, Jurnal Penelitian.
Rohman. 2018. Metode pembelajaran dalam Islam. Surabaya: Gramedia Pustaka
Rozikin, Ahmad. 2014. Metode Ceramah Aktif. Jakarta: Rineka Cipta.
Saehu, Ahmad. 2011. Metode Pembelajaran PAI. Jakarta: Rineka Cipta,
Seohasmi. 2018. Pendidikan di Era Milineal. Jakarta: Rineka Cipta.
Setiyosarih, Punaji. 2012. Metode Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Taniredja, Tukiran. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif, (Jakarta: Rineka Cipta, 2009),
Tiswarni. 2017. Akhlak Tasawuf. Jakarta: Bina Pratama.
Wibowo, Ari. 2012. Pembinaan akhlak melalui metode pembiasaan bagi siswa MTs Negeri Pakem Sleman Yogyakarta. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Ya’qub, Hamzah. 2018. Etika Islam Pembinaan Akhlakul Karimah (Suatu Pengantar). Bandung: CV. Diponegoro.
Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian. Jakarta: Prenadamedia Grop.
Zain, Azwan. 2015. Metode Pembelajaran. Surabaya: Gramedia Pustaka.
Zubaedi. 2015. Desain Pendidikan Karakter, Kompetensi dan aplikasinya dalam lembaga pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
23SK2321234.00 | SK PAI 23.234 HAT i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain