SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Yang Bervariatif Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas VII di MTS Majlis Dakwah Islamiyah Jatirejo, Ampelgading - Pemalang
Kata Kunci: Metode yang Bervariatif, pembelajaran SKI
Permasalahan yang sering dihadapi oleh guru ketika mengajar adalah kurang tepatnya memilah dan memilih metode pembelajaran sehingga sebagian besar peserta didik akan kesulitan dalam menerima pembelajaran. Apalagi pembelajaran sejarah. Pada dasarnya materi sejarah kebudayaan Islam (SKI) membahas tentang sejarah masa lampau. Jika sudah berbicara sejarah maka peserta didik akan cepat bosan dan mengantuk. Tidak sedikit peserta didik yang tidak mendengarkan guru pada saat pembelajaran berlangsung. Padahal belajar sejarah sangat penting. supaya pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik maka diperlukan menggunakan metode yang bervariasi dalam pembelajaran. MTs Majlis Dakwah Islamiyah Jatirejo, Ampelgading-Pemalang, sudah mengimplementasikan metode yang variasi dalam pembelajaran sejak tahun 2016. begitupula dengan mata pelajaran SKI.
Dari penjabaran latarbelakang diatas, Peneliti menyusun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana implementasi metode yang bervariasi dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas VII MTs Majlis Dakwah Islamiyah Jatirejo,Ampelgading-Pemalang dan Bagaimana problematika dan solusi atas implementasi metode yang bervariasi dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas VII MTs Majlis Dakwah Islamiyah Jatirejo,Ampelgading-Pemalang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implmentasi metode pembelajaran yang bervariasi dalam pembelajaran SKI kelas VII dan mengetahui problematika serta solusi pada saat mengimplementasikan metode yang bervariasi dalam pembelajaran SKI kelas VII. Sehingga penelitian dapat bermanfaat dan menambah wawasan tentang implementasi metode pembelajaran yang bervariasi dalam pembelajaran SKI kelas VII
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan, sumber data primer, meliputi Kepala MTs MDI Jatirejo,Ampelgading-Pemalang, Guru SKI kelas VII dan peserta didik MTs MDI Jatirejo,Ampelgading-Pemalang. Sumber data sekunder yang digunakan ialah dokumentasi dan Arsip-arsip yang ada di MTs MDI Jatirejo,Ampelgading-Pemalang.Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan teori Milles dan Hubberman antara lain reduksi data, model data (data display), dan penarikan kesimpulan.
Hasil peneltian dari implementasi metode yang bervariasi dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas VII MTs Majlis Dakwah Islamiyah Jatirejo, Ampelgading-Pemalang, yaitu ada tiga tahap, tahap perencanaan, meliputi pembuatan RPP dan perangkat belajar lainnya, tahap pelaksanaan, meliputi kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. pada kegiatan inti guru mengimplementasikan metode yang bervariasi meliputi metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan metode presentasi. Tahap evaluasi meliputi evaluasi sikap, pengatahuan dan keterampilan. Problematika yang terjadi pada saat mengimplementasikan metode yang bervariasi ialah kurang kesiapan peserta didik, kurangnya media dan fasilitas yang mendukung, dan kurangnya guru mengimplementasikan variatif gaya mengajar. Solusi atas problematika tersebut ialah membiasakan menggunakan metode yang bervariasi, memanfaatkan media dan fasilitas yang ada guru lebih meningkatkan implementasi variatif gaya mengajar. MTs MDI Jatirejo sudah mengimplementasikan metode bervariatif dalam pembelajaran SKI kelas VII. Pada saat mengimplementasikan metode tersebut sangat baik dan sistematis sehingga membuat peserta didik menjadi semangat, antusias, tidak bosan, tidak jenuh dan dapat meningkatkan konsentrasi peserta didik.
DAFTAR PUSTAKA :
Afiefah, Nurul. 2014. Pembelajaran dengan Metode Diskusi Kelas. Jurnal Tarbawiyah.. 1. 11.
Afira, Zuhdiah; Eliyanti, Nur. 2022. Implementasi Metode Ceramah Plus pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Negeri 2 Tinambung. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 4. 5.
Amiri, Agus. Z. Kepala MTs Majlis Dakwah Islamiyah Jatirejo, Ampelgading-Pemalang. Wawancara pribadi. 19 Januari 2023. Pukul 11.20-11.45 WIB.
Anas, Muhammad. 2014. Mengenal Metode Pembelajaran. Pasuruan: Pustaka Hulwa.
Ardiana, Dewa Putu Yudhi, dkk. 2021. Metode Pembelajaran Guru. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Asnawi. Guru MTs Majlis Dakwah Islamiyah Jatirejo, Ampelgading-Pemalang. Kelas VII, Wawancara pribadi, 11-23 Januari 2023.
Asyafah, Hidayat, Tatang, and Abas. Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Islam.10. 1.
Asyafah, Idris Mimi Musmiroh dan Abas. 2020. Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kajian Peradaban Islam. 3. 1.
Bhakti, Yusuf Anggoro. 2015. Implementasi variasi Metode Pembelajaran Pendidikan Akhlak Di SMP Muhammadiyah 1 Sleman. Skripsi.
Buna’i. 2021. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.
Dadang, Agus. 2018. Kompetensi Profesional Guru (Suatu Studi Meta-Analysis Disertasi Pascasarjana UNJ. Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan.01. 05.
Damanik, Rabukit dkk. 2021. Keterampilan Dasar Mengajar Guru. Medan: UMSU Press.
Darmadi.2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Sleman: Deepublish.
Erlinda,Nopella. 2017. Penggunaan Berbagai Metode dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Di MTsN 2 Murung Raya. Skripsi.
Fahrurrozi, Muhammad Ropi dan Muh.2017. Evaluasi Hasil Belajar. Lombok Timur:Universitas Hamzanwadi Press.
Fauzian, M. Gufron Fauzi dan Rinda Pemikiran Pendidikan Al-Zarnuji. Sukabumi: Farha Pustaka.
Febriana, Rina. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta Timur : PT Bumi Aksara.
Firdianti, Arinda. 2018. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. .Lampung: CV. GRE Publishing.
Fuadhi, Rifqi Hamdan. 2020. Analisi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam Meningkatkan Nilai Karakter Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Muntilan. Skripsi.
Hadeli, Rahmi, Martin Kustati. 2022. Evaluasi Pendidikan Perspektif Islam. Yogyakarta: Penerbit Deepublishi (Group Penerbitan CV Budi Utama).
Hanafi, Halid, dkk,2019. Ilmu Pendidikan Islam. Sleman: Deepublish.
Hartaati, Ismail Nurdin dan Sri. 2019. Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendikia.
Haryanto. 2020. Evaluasi Pembelajaran (Konsep dan Manajemen). Yogyakarta: UNY Press.
Hasan, Ade Haerullah & Said. 2017. Model dan Pendekatan Pembelajaran inovatif (Teori dan Aplikasi). Yogyakarta: Lintas Nalar CV.
Hasanah, Hidayah, Fathi, Bey Arifin Sidon, dan Annisa Kalimatul. 2022. Implementasi Evaluasi Autentik Pada Pembelajaran SKI kelas VII Di MTs Darin Najah Banyuwangi. Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam Nomor. 6. 2.
Hasibuan Ferawati Artauli, dkk. 2021. Pengembangan Media dan Teknologi Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Munulis.
Helmiati. 2012. Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Herlina.2013. Pengaruh Metode Bervariasi Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Di SDN 33 Banyuasin I. Skripsi.
Irfangi, M. 2017. Implementasi Metode Kisah dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan IAIN Purwokerto.1. 5.
Izzan, dkk. 2016. Hadis Pendidikan, Konsep Pendidikan Berbasis Hadis. Bandung: Hamaniora.
Kautsar. 2020. "Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Guru Yang Bervariasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Labuhanhaji Timur Kabupaten Aceh Selatan. Jurnal Genta Mulia.
Khasanah, Siti Nur dkk. 2019. Strategi Pembelejaran . Jakarta Timur: Edi Pustaka.
Kurniawan, Andri dkk. 2022. Evaluasi Pembelajaran. Cet. Pertama. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.
Lestari, Dea Artika Ramadhani dan Reza Yulia. Peserta didik Kelas VII MTs Majlis Dakwah Islamiyah Jatirejo, Ampelgading-Pemalang. Wawancara. Jatirejo. 13 Januari 2023.
Lufri, dkk. 2020. Metode Pembelajaran: Strategi,Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. Purwokerto: CV IRDH.
Majid, Abdul. 2017. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Makassar. Penerbit Aksara Timur.
Marwiyah. 2018. Perencanaan Pembelajaran Kontemporer Berbasis Penerapan Kurikulum 2013, Sleman: Deepublish.
Mastuti, Wiendi Wiranty dan Dewi Leni.2018. Upaya Peningkatan Keaktifan Mahasiswa dalam Pembelajaran Melalui Metode Presentasi Kelas Tahun Akademik 2016/2017 Semester Genap. Jurnal Pendidikan Bahasa. 1. 07.
Maula Ismatul, dkk. 2021. Pengembangan Metode Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19. Bandung: Media Sains Indonesia.
Mesra, Adek Cerah Kenia Aziz, Sigito. 2021. Pengajaran Micro Teaching. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
Muhizar dkk. 2021. Pengantar Manajemen (Teori dan Konsep). Bandung: CV Media Sains Indonesia. 2021.
Mulyasana, Dedi dkk.2020. Khazanah Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Cendekia Press.
Noor, Ina Arisandi. 2021. Penggunaan Metode Presentasi Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Sungai Loban. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 1. 1.
Panggabean, Suvriadi, dkk, 2021. Konsep dan Strategi Pembelajaran. Indonesia: Yayasan Kita Menulis
Pranayoga, Beni Nur . 2013. Implementasi Metode Diskusi dan Presentasi dalam Upaya Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa Pada MATA Pelajaran Kopling Kelas XI SMK Muhammadiyah 4 Klaten Tengah.
Skripsi. :
Pulungan, Suyuthi. 2020. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: AMZAH.
Rahmaningsih, Imelda Apriliyani, Nelson, Sri dkk. 2020. Impelementasi Metode Pembelajaran Bervariasi Pada Meteri SKI Di Madrasah Ibtidaiyyah. Jurnal Ilmiah. 1. 05.
Ramadhani, Yulia Rizki dkk, Pengantar Strategi Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Riffriyanti, Eni. 2019. Variasi Metode Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Di MTs Miftahul Ulum Weding Bonang Demak. Jurnal Studi Pendidikan dan Penelitian Agama Islam 2. 2.
Romadiyanti, Beta. 2021. Konsep Dasar Evaluasi Program Pelatihan: Inspirasi Kepenulisan dan Penelitian Bagi Widyaiswara. Cet. Pertama. Bogor: CV. Dandelion Publisher.
Rue, George R. Terry dan Leslie W. 2019. Dasar-Dasar Manajemen Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Rukin, Metode Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendikia Indonesia.
Sari, Sukma Aldi Zayani, Meilani Firda Afiliya, dan Kholisa Aprilia. Peserta didik Kelas VII MTs Majlis Dakwah Islamiyah Jatirejo, Ampelgading-Pemalang, wawancara, Jatirejo, Kamis 24 Januari 2023.
Semiawan,,Conny R.2018. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya. Indonesia: Grasindo.
Setiawan, Albi Anggito dan Johan. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Sukabuming: CV. Jejak.
Siti, Shofiyah, dkk. 2023. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Di MTs Darur Roja Depok. J-PAI NIDA EL-ADABI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1. 1.
Sitopu, Joni Wilsan, dkk. 2020. Aplikasi Pembelajaran Digital. Medan:Yayasan Kita Menulis.
Subhan, Muh. 2020. Sejarah Kebudayaan Islam MTs Kelas VIII. Jakarta: Direktorat KSKK Madrasah.
Sudiyono. 2020. Metode Diskusi Kelompok dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP. Indramayu: Adab CV. Adanu Abimata.
Sugiyono. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suhada. 2017. Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Jakarta Timur: Yapin An-Namiyah.
Sutikno, Pupuh Fathurrohman dan M. Sobry. 2014. Strategi Belajar Mengajar: Staregi Mewujudkan Pembelajaran Bermakna Melalui Pemahaman Konsep Umum & Islami. Bandung: PT Refika Aditama.
Suyadi. 2021. Konsep Dasar Evaluasi Pembelajaran. Sidoarjo: Zifatama Jawara.
Syaripuddin. 2019. Sukses Mengajar di Abad 21 (Keterampilan Dasar Mengajar dan Pendekatan Pembelajaran K13). Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Tambak, Syahraini. 2014. Metode Ceramah: Konsep dan Aplikasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbiyah. 2. 21.
Tanjung, Abdul Haris Nasution dan Flores. 2020. Kurikulum dan Pembelajaran Sejarah. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Tiwery, Badseba. 2019. Kekuatan dan Kelemahan Metode Pembelajaran dalam Penerapan Pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skills). Malang: Media Nusa Creative.
Ulfiani, Maria. 2021. Teori Belajar dan Model Pembelajaran Bahasa Indonesia. Sumatera Barat: Insan Cendekia Mandiri.
Waruwu, Yaredi. 2021. Evaluasi Pembelajaran Teori dan Implementasi. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Wijayanti, Annisa Ayu Latifa dan Dedi. 2020. Alih Kode dalam Teks Diskusi. Ponorogoo: Myria Publisher.
Wijayanti, Annisa Ayu Latifa dan Dedi. 2020. Alih Kode dalam Teks Diskusi. Ponorogoo: Myria Publisher.
Wirabumi, Ridwan. 2020. Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Coference on Islamic Education Thought Universitas Ibn Khaldun Bogor. I. I.
Wulansari, Erliany Syaodih dan Ratna. 2019. "Meningkatkan Pemahaman Konsep Peta Menggunakan Metode Pembelajaran Bervariasi". Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.
Zain, Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Refika CIPTA.
23SK2321231.00 | SK PAI 23.231 IRA i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain