SKRIPSI PAI
Strategi Pembinaan Karakter Religius Pada Peserta Didik Program Takhasus Keagamaan Madrasah Aliyah Simbangkulon Buaran Pekalongan
Kata Kunci : Strategi Pembinaan, Karakter Religius, Takhasus
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya indikasi yang kuat mengenai hilangnya nilai-nilai luhur yang terjadi bagi bangsa Indonesia merupakan sebuah problem yang sangat penting untuk diperbaiki, antara lain seperti jujur, santun, sosialisasi. Seperti yang terjadi di Madrasah Aliyah Simbangkulon masih ada siswa yang melakukan perilku yang kurang baik seperti mencontek saat ujian, perkelahian, mencuri dll.
Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana karater religius peserta didik program takhasus keagamaan Madrasah Aliyah Simbangkulon, (2) Bagaimana strategi pembinaan karakter religius peserta didik program takhasus keagamaan Madrasah Aliyah Simbangkulon,(3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan karakter religius peserta didik program takhasus keagamaan Madrasah Aliyah Simbangkulon. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan karater religius peserta didik program takhasus keagamaan Madrasah Aliyah Simbangkulon, (2) Mendeskripsikan strategi pembinaan karater religius peserta didik program takhasus keagamaan Madrasah Aliyah Simbangkulon,(3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembinaan karater religius peserta didik program takhasus keagamaan Madrasah Aliyah Simbangkulon.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan penelitian lapangan (field research) di Ma’had Takhasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) karakter religius peserta didik program takhasus keagamaan sudah baik, diwujudkan dengan beberapa bentuk kegiatan seperti: mengikuti pengajian Al-Qur’an dan kitab, mengikuti sholat berjamaah, mengikuti kegiatan bersih-bersih, displin dan bertanggungjawab ketika melanggar aturan. (2) Strategi pembinaan karakter religius yang diterapkan di ma’had takhasus merupakan strategi dalam bentuk pengintegrasian dalam kegiatan sehari-hari berupa keteladanan/contoh, kegiatan spontan, teguran, pengondisian lingkungan dan kegiatan rutin. (3) Faktor pendukung dalam pembinaan karakter religius di ma’had takhasus berasal dari faktor internal dan ekstrenal. Faktor internal seperti: input santri berupa semangat santri dalam belajar ilmu pengetahuan dan berada di ma’had, dan Faktor eksternal seperti: lingkungan, masyarakat, dan fasilitas-fasilitas yang memadai. Faktor penghambat pembinaan karakter religius di ma’had takhasus berasal dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal seperti: input santri berupa kurangnya semangat santri dalam belajar dan berada di ma’had, dan faktor eksternal seperti: media sosial.
DAFTAR PUSTAKA :
A. Wandi, Implementasi Program Keagamaan Dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik di SDIT Istiqomah Lemban., (Jurnal Pendidikan Agama Islam). Vol. 05, No. 02, Desember 2020.
A.W. Munawwir. 2002. Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia Terlengkap. (Surabaya: Pustaka Progressif).
Abdul Majid. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya)
Ahmad Mansur. 2016. Pendidikan Karakter Berbasis Wahyu. (Jakarta: Gaung Persada Press)
.
Anas Sudijono. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan.(Jakarta: PT Rajawali Press)
Barnawi, M. Arifin. 2013. Strategi & Kebijakan Pembelajaran pendidikan Karakter.( Jogjakarta: AR-RUZZ Media)
Deryanto. 2010. Kamus Besar Bahasa Indonesia Lengkap.( Surabaya: Apollo Lestari)
Djamaludin Ancok.1995. Psikologi Islam Solusi Islam atas Problem-Problem Psikologi. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)
Emzir. 2010. Metodologi PenelitianKualitatif Analisis Data,( Jakarta: PT Raja Grasido Persada)
Endah Sulistyawati. 2021. Impelementasi Kurikulum Pendidikan Karakter. (Yogyakarta: PT Citra Aji Parama)
Evi Aviyah. 2014. “Religiusitas, Kontrol Diri Dan Kenakalan Remaja”. (jurnal Psikologi Indonesia Vol.3 No. 2)
Heri Gunawan. 2012. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi.( Bandung: ALFABET)
Kartika Budi Ayu, “Pembinaan Religiusitas Siswa Melalui Melalui Metode Pembiasaan di SMP N 01 Wonopringgo Kabupaten Pekalongan”, Skripsi, ( Pekalongan : IAIN Pekalongan, 2017), hlm. vii-viii
M. D. Ghony & Fauzan A. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media)
Marimba. 2001. PengantarFilsafat Pendidikan Islam,(Bandung: Al-Maatif)
Marzuki, M. Murdiono, Samsuri. Pembinaan Karakter Siswa Berbasis Pendidikan Agama. Jurnal Kependidikan. Vol. 41, No. 01, 2011.
Miftahul Jannah. Metode dan Strategi Pembentukan Karakter Religius Yang DIterapkan di SDTQ-T Najah Pondok Pesantren Cindai Alus Martapura.. (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah). Vol. 4, No. 1, Juli-Desember 2019.
Moh Ahsanulkhaq. Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. (Jurnal Prakarsa Paedgogja). Vol. 2, No. 1, Juni 2019.
Moh. Slamet Untung. 2019. Metodologi Penelitian Teori dan Praktik Riset Pendidikan dan Sosia., (Yogyakarta: Litera).
Mohamad Mustari, Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014), hlm. 1..
Pasal 1 ayat 4. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasiona, (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. 2003).
Rahmi Anekasari. 2019. Psikologi Perkembangan, (Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management)
Ramayulis dan Syamsul Nizar. 2010. Filsafat Pendidikan Islam: Telaah Sistem Pendidikan dan Pemikiran Para Tokohnya. (Jakarta: Kalam Mulia).
Rifa Lutfiyah, Asif Az Zafi. Penanaman Nilai Karakter Religus dalam Perspektif Pendidikan Islam di Lingkungan Sekolah RA Hidayatus Shibyan Temulus.(Jurnal Golden AGE). Vol. 05, No. 02, 25 November 2021
S. Margono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Jakarta: PT. Rineka Cipta).
Saefuddin Azwar. 1998. Metode Penelitian.(Yogyakarta: Pustaka Belajar).
Simanjuntak, B., I. L Pasaribu. 1990. Membina dan Mengembangkan Generasi Muda.( Bandung: Tarsito)
Sofar Silaen dan Widiyono, Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis, (In Media, 2013)
Sugiono. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.(Bandung: Alfabet)
Sulastri. 2018. “Pola Pembentukan Karakter Religius Pada Anak Dalam Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah PertamaNegeri 5 Kepahiang”. Skripsi. ( Bengkulu : IAIN Bengkulu).
Sutrisno Hadi. 1998. Metodologi Research. (Yogyakarta: Andi Offset)..
Tim Penyunting. 2011. Pedoman Penulisan Skripsi Jurusan Tarbiyah PAI. (Pekalongan: STAIN Press).
Toto Suharto. 2011. Filsafat Pendidikan Islam, (Yogyakarta: Ar- Ruz Media).
Veni Rahayu. 2016. “ Strategi Pembinaan Karakter Religius Pada Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri Majenang Kabupaten Cilacap”. Skrips.( Cilacap: IAIN Purwokerto).
Wanti Rahayu, Retno Triwoelandari, Syarifah Gustiawati. Analisis Program Kegiatan Keagamaan Terhadap Peningkatan Akhlak Siswa Studi Kasus MTs N Kota Bogor. (Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar), Vol. 01, No. 01, Maret 2019.
Warsiyah. Pembentukan Religiusitas Remaja Muslim (Tinjauan Deskriptif Analitis). Jurnal Cendekia Vol 16 No 1, 2018 (Sragen: STIT Madina).
Zainal Arifin. 2011. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru (Bandung: PT.Remaja Rosdakarya).
23SK2321229.00 | SK PAI 23.229 ICH s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain