SKRIPSI PAI
Strategi Guru PAI Dalam Menumbuhkan Ranah Afektif Siswa Pada Aspek Kedisiplinan Dan Kejujuran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IX di SMP 2 Kajen
Kata Kunci: Strategi, Afektif, Disiplin, Kejujuran, dan Pendidikan Agama Islam
Ranah afektif berhubungan dengan sikap maupun nilai. Sikap inilah berkaitan erat dengan karakter pada diri siswa khususnya dalam hal kedisiplinan dan kejujuran. Kedua sikap ini sangat penting dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, karena berkaitan dengan minat belajar siswa. Jika siswa sudah tidak memiliki minat dalam belajar akan mengakibatkan masalah dalam hal disiplin dan jujur. Sehingga guru PAI butuh strategi pembelajaran yang efisien agar tercapai tujuan pembelajaran.
Masalah yang di kaji yakni, Bagaimana strategi Guru PAI dalam menumbuhkan ranah afektif siswa pada aspek kedisiplinan dan kejujuran mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas IX di SMP 2 Kajen, serta apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam menumbuhkan ranah afektif siswa pada aspek kedisiplinan dan aspek kejujuran mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas IX di SMP 2 Kajen.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui macam-macam strategi pembelajaran yang digunakan guru PAI dalam menumbuhkan ranah afektif siswa pada aspek kediplinan dan kejujuran mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas IX di SMP 2 Kajen besertaan menemukan faktor pendukung dan penghambatnya.
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman, melalui tiga langkah utama yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru PAI dalam menumbuhkan ranah afektif pada aspek kedisiplinan dan kejujuran mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas IX di SMP Negeri 2 Kajen yaitu guru PAI dalam melaksanakan pembelajaran menggunakan beberapa strategi pembelajaran, antara lain; strategi ekspositori, strategi inkuiri, strategi kooperatif, dan strategi kontekstual. Dengan demikian, siswa menjadi lebih disiplin dan jujur selama pembelajaran karena guru menggunakan strategi yang efektif dan efisien. Faktor pendukung; guru, siswa, dan orang tua. Faktor penghambat; siswa, lingkungan, dan kemajuan IPTEK.
DAFTAR PUSTAKA :
Abidin, Mustika. 2021.“Pendidikan Moral dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam”. Jurnal Paris Langka: Jurnal Pendidikan, Pancasila dan kewarganegaraan, No. 1, Agustus, II.
Ainiyah, Nur. 2013. “Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam”. Gorontalo: Jurnal Al-Ulum, No. 1, Juni, XIII.
Ainiyah, Qurrotul dan Suharti Puji Lesatari. 2021. “Pembentukan Ranah Afektif Siswa Dalam Pembelajaran Fikih di MA Al Urwatul Wutsqo Bulurejo Diwek Jombang”, (Jurnal Ilmuna, No. 1, Maret, II, 2021.
Aisyah dan M Ali. 2018. Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya, Cet. Ke-1. Jakarta: Kencana, 2018.
Alamsyah, Nur. 2016. “Pengaruh Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMAN 102 Jakarta”. Jurnal SAP, No. 2, Desember, I.
Alifah, Fitrani Nur. 2019. “Pengembangan Strategi Pembelajaran Afektif". Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, No. 1, Juni, V.
Amin. Muhammad. 2017. “Peran Guru Dalam Menanmkan Nilai Kejujuran Pada Lembaga Pendidikan”. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, No. 1, I.
Anggita, Albi dan Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Anwar, Choiroel. 2015. Metodologi Kualitatif, Cet. Ke-1. Sidoarjo: Zifatama Publisher.
Aqib, Zainal. 2022. Kupas Tuntas Strategi PAKEM Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif & Menyenangkan, Cet. Ke-1. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Asrul, Rusydi Ananda dan Rosnita. 2015. Evaluasi Pembelajaran, Cet. Ke-2. Bandung: Citapustaka.
Aulia Rahman, Arief dan Cut Eva Nasryah. 2019. Evaluasi Pembelajaran, Cet. Ke-1. Sidoarjo: Uwais Inspirasi Merdeka.
Budiarti, Yesi dan Meita Dwi Solviana. 2021. “Kemampuan Afektif Calon Guru Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Online Di Program Studi PGSD Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung”. EDUCARE: Journal of Primary Education, No. 2, Desember, II.
Bungin, Burhan. 2017. Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya, Cet. Ke-9. Jakarta: Kencana.
Dian Pertiwi, Nunung. 2021.“ Peran Guru dan Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Jujur Pada Anak” . Jurnal Pendidikan Dasar, N0, 1. III.
Djulia, Ely. Dkk. 2020. Evaluasi Pembelajaran Biologi, Cet. Ke-1. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Fakhrurrazi. 2018. “ Hakikat Pembelajaran yang Efektif ”. Jurnal At-Tafkir, No.1, Juni, XI.
Habibi, Mukhlas. 2021.“Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SDN 1 Bangunrejo Ponorogo”. Qalamuna: Jurnal Pendidikan , Sosial dan Agama, No. 2, XIII.
Hamruni, 2015. “Konsep Dasar dan Implementasi Pembelajaran Kontekstual”. Jurnal Pendidikan Islam, No. 2, Desember, XII.
Hasan, Muhammad. dkk. 2021. Strategi Pembelajaran, Cet. ke-1. Klaten: Tahta Media Group.
Haudi. 2021. Strategi Pembelajaran, Cet. Ke-1. Tangerang: CV. Insan Cendikia Mandiri.
Hidayat, Cucu dan Dicky Tri Juniar. 2020. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Cet. Ke-1. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Husaini, Rusdiana. 2012. “Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif Rumpun Mata Pelajaran PAI Pada MTs N Sekota Banjarmasin”. Ta’lim: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, No, 4. Desember, II.
Hutapea, Rinto Hasiholan. 2019. “Instrumen Evaluasi Non-Tes dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif dan Psikomotorik”. Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual, No. 2, Desember, II.
Imtihan, Istiyono Edi, Nurul, Darmiyati Zuchdi. 2017. “Analisis Problematika Penilaian Afektif Peserta Didik Madrasah Aliyah”. Schemata: Jurnal Pasca Sarjana, No. 1, Juni, VI.
Jailani, Ani, Chaerul Rochman, dan Nina Nurmila. 2019. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Jujur Pada Siswa”. Bandung: Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati, No. 2, X.
Jamin, Nunung Suryana. 2020. Pengembangan Afektif Anak Usia Dini, Cet. Ke-1. Sukabumi: CV. Jejak.
Krathwohl, David R, et.al. 1979. Taxonomy Of Educational Objective, The Classicafication Of Educational Goal Handbook II: Affective Domain. London: Longman Group.
Kusumawati, Naniek dan Endang Sri Maruti. 2019. Strategi Belajar Mengajar di Sekolah Dasar, Cet. Ke-1. Magetan: CV. AE Media Grafika.
Madya, Widyaiswara dan Agus Mukhtar Rosyidi. 2017. “Model Dan Strategi Pembelajaran Diklat”. Andragogi Jurnal Diklat Teknis, No. 1, Juni, V.
Maesaroh, Siti. 2013. “Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam”. Jurnal Kependidikan, No. 1, November, I.
Majid, Abdul. 2016. Strategi Pembelajaran, Cet. Ke-7. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mawarni, Dewi, Abdul Jalil dan Moh. Eko Nasrullah. 2022. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Sikap Jujur Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs An- Nur Bululawang”. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, No. 3, III.
Mayeni, Riska, dkk. 2019. “Dampak Perkembangan Teknologi Dikalangan Remaja Dilihat dari Nilai-Nilai Karakter” (TURATS:: Jurnal Penelitian dan Pengabdian, No. 2, Desember, 7.
Messi dan Edi Harapan. 2017. “Menanamkan Nilai Nilai Kejujuran Di Dalam Kegiatan Madrasah ”. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, No. 1, I.
Musbikin, Imam. 2021. Pendidikan Karakter Jujur, Cet. Ke-1. Bandung: Nusa Media.
Musbikin, Imam. 2021. Pendidikan Karakter Disiplin, Cet. Ke-1. Bandung: Nusa Media.
Mustakim, Zaenal. 2018. Strategi dan Metode Pembelajaran, Cet. Ke-6. Pekalongan: IAIN Pekalongan Press.
Naim, Ngainun. 2012. Character Building Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu & Pembentukan Karakter Bangsa, Cet. Ke-1. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.
Najmuddin, Fauzi, dan Ikhwani. 2019. "Program Kedisiplinan Siswa di Lingkungan Sekolah: Studi Kasus di Dayah Terpadu (Boarding School) SMA Babul Maghfirah Aceh Besar”. Jurnal Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, No. 02, Agustus, VIII.
Nasution, Wahyudin Nur. 2017. Strategi Pembelajaran, Cet. Ke-1. Medan: Perdana Publishing.
Nirmalawati. 2011. “Pembentukan Konsep Diri Pada Siswa Pendidikan Dasar Dalam Memahami Mitigasi Bencana”. Jurnal SMARTEK, No. 1, Februari, IX.
Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Bahasa, Solo: Cakra Books
Nurdyansyah, Eni Fariyatul Fahyuni. 2016. Inovasi Model Pembelajaran, Cet, Ke-1. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Nurhasanah, Siti, dkk. 2019. Strategi Pembelajaran, Cet. Ke-1. Jakarta Timur: Edu Pustaka.
Nurhidayati, Aryanti dan Ernawati Sri Sunarsih. 2013. “Peningkatan Hasil Belajar Ranah Afektif Melalui Pembelajaran Model Motivasional”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan, No. 2, VI.
Pane, Aprida dan Muhammad Darwis Dasopang. 2017. “Belajar Dan Pembelajaran”. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman , No. 2, III.
Rahmadi. 2011. Pengantar Metodologi Penilitian. Cet. Ke-1. Banjarmasin: Antasari Press, 2011.
Rahmat, Pupu Saeful. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Rahmayanti, Vina. 2016. “Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Prestasi Atas Upaya Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok”. Jurnal Susunan Artikel Pendidikan, No. 1, Desember, I.
Raihanah, 2018. “Konsep Kejujuran Dalam Al-Qur’an (Studi Pada Pedagang Pasar Banjarmasin)”. Al-Iqtishadiyah: Jurnal Ekonomi Syariah dan Hukum Ekonomi Syariah, No. 2, Desember, Vol. IV.
Reffiane, Fine, Henry Januar Saputra, Taufik Hidayat. 2016. “Identifikasi Tingkat Kejujuran Siswa Sekolah Dasar Melalui Gerobak Kejujuran Di Kota Semarang”. Mimbar Sekolah Dasa,r Vol.2, No. 1.
Ridwan dan Indra Bangsawan. 2021. Konsep Metodologi Penelitian Bagi Pemula, Cet. Ke- 1. Jambi: Anugrah Pratama Press.
Riwana, Presti Putri, dkk. 2021. “Kedisiplinan Siswa Dalam Mengikuti Proses Pembelajaran Di SMK N 6 Padang”. Jurnal Pendidikan Tambusai Universitas Negeri Padang, No. 2, V.
Rohman, Fatkhur. 2018. “Peran Pendidik Dalam Pembinaan Disiplin Siswa di Sekolah/Madrasah” (Jurnal Ihya’ul Arabiyyah, No. 01, Juni, IV.
Rusman. 2017. Belajar & Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan, Cet. Ke-1 Jakarta: Kencana.
Saeful, Achmad, 2021.“Implementasi Nilai Kejujuran Dalam Pendidikan”. Jurnal Tarbawi, No. 2, Agustus, IV.
Saftari, Maya dan Nurul Fajriah. 2019. “Penilaian Ranah Afektif dalam Bentuk Penilaian Skala Sikap Untuk Menilai Hasil Belajar”. Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kepedidikan, No. 1, Januari-Juni, VII.
Satria, Irwan. 2018. “Penilaian Sikap Afektif Sebagai Alternatif Dalam Penilaian Mata Pelajaran Ilmu Sosial” At-Ta’lim: Jurnal Media Pendidikan Islam, No. 1, Januari, XVII.
Seknun, M Faqih. 2013. “Strategi Pembelajaran”. Biosel: Jurnal Biol.ogy Science & Education, No. 2, II.
Shihab. M Quraish. 2002. Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati, Vol. 2.
Sholihah, Maimonatus. 2018.“Pengaruh Strategi Pembelajaran Afektif Terhadap Penyusaian diri Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Assa’idiyyah Kirig Mejobo Kudus”. Skripsi Pendidikan Agama Islam. Kudus: IAIN Kudus.
Sobri, Muhammad. 2020. Kontribusi Kemandirian dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar,Cet. Ke- 1. Bogor: Guepedia.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Cet. Ke-8 (Bandung: Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI).
Suhaili, Hidayati dan Syafwan 2021. “Upaya Guru Dalam Menngkatkan Sikap Jujur Siswa” (IJOCE: Indonesia Journal of Civic Education, No. 2, Juni, I, 2021.
Sukitman, Tri. 2016.”Internalisasi Pendidikan Nilai Dalam Pembelajaran (Upaya Menciptakan SDM yang Berkarakter)”. JPSD: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, No. II, Agustus, II.
Suparman, Aisyah. 2020. “Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Kemampuan Afektif dan Psikomotorik siswa kelas X di UPT SMA Negeri 1 Palopo, ” Skripsi Pendidikan Agama Islam. Palopo: IAIN Palopo.
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi, Cet. Ke-3. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Suwandi, Reko. 2019. “Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Ranah Afektif Pada Pembelajaran PAI di SMP Negeri 26 Rejang Lebong”. Skripsi. Curup: Institut Agama Islam Negeri Curup.
Syamsu S. 2015. Strategi Pembelajaran Meningkatkan Kompetensi Guru, Cet. Ke-1. Makassar: Aksara Timur.
Usman, dkk. 2019. Cooperative Learnings dan Komunikasi Interpersonal , Cet. Ke -1. Pare-Pare: Dirah.
Usman, 2021. Ragam Strategi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informatika, Cet.Ke- 1. Parepare: IAIN Parepar Nusantara Press.
Wardhani, Mahasti Windah, 2018. “Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Kedisiplinan Siswa Sdn Kepek Pengasih Kulon Progo Yogyakarta”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, No. 19, I.
Wildan. 2017. “Penilaian Penilaian Autentik Aspek Pengetahuan, Sikap dan Ketrampilan di Sekolah atau Madrasah”. Jurnal Tatsiq : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, No. 2, Desember, XV.
23SK2321227.00 | SK PAI 23.227 MUH s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain