SKRIPSI PAI
Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Menumbuhkan Karakter Moderat Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bojong Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci: Profil Pelajar Pancasila, Karakter Moderat
Profil Pelajar Pancasila merupakan program yang ada didalam merdeka belajar yang dimana pelaksanaanya diharapkan sesuai dengan nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila. Sehingga bisa menumbuhkan karakter yang baik pada peserta didik dan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran maupun kehidupan sehari-hari. Profil pelajar pancasila juga bisa dijadikan acuan untuk menumbuhkan karakter moderat pada siswa khususnya di SMP Negeri 2 Bojong Kabupaten Pekalongan yang tidak semua siswa memiliki agama dan golongan yang sama.
Skripsi ini berjudul “Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Moderat bagi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bojong Kabupaten Pekalongan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Moderat bagi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bojong Kabupaten Pekalongan dan faktor pendukung dan penghambat Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Menumbuhkan Karakter Moderat bagi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bojong Kabupaten Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif, informan penelitian ini adalah Waka Kurikulum, guru PAI, guru penggerak dan siswa SMP Negeri 2 Bojong Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi.
Hasil dari penelitian yang dilakukan Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam menumbuhkan karakter Moderat yaitu pertama perencanaan. pelaksanaan dan evaluasi yang sesuai dengan indikator profil pelajar pancasila kedua, pembiasaan-pembiasaan dan melalaui kegiatan-kegiatan projec P5 maupun kegiatan sekolah. faktor pendukung dan penghambat dari jalannya proses penanaman nilai tersebut, untuk faktor pendukung seperti faktor lingkungan, usaha guru dan sekolah, dan kesadaran siswa. Sedangkan untuk Faktor penghambat sendiri juga kurangnya pengetahuan guru tentang P5 dan kurangnya sarana prasarana.
DAFTAR PUSTAKA :
Adisusilo, Sutarjo. 2013. Pembelajaran Nilai-Nilai Karakter Kontruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Depok: PT. Raja Grasindo Persada.
Arifin, Samsul. 2021. Konsep Pelajar Pancasila Dalam Perspektif Pendidikan Islam Dan Implikasinya Terhadap Penguatan Karakter Religius Di Era Milenial. Purwokerto: UIN Saizu.
Fachri, M. 2018. Urgensi Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Bangsa. Yogyakarta: At-Turas.
Fahri, Mohamad & Ahmad Zainuri. 2019.”Moderasi Beragama di Indonesia”. Jurnal Raden Fatah. Vol. 25. No. 2.
Firdianti, Arinda. 2018. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Yogyakarta: CV. Gree Publishing.
Hadi Subroto, Subino. 2010. Pokok-Pokok Pengumpulan Data Analisis Data Penafsiran Data dan Rekomendasi Dalam Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
http://staffnew.uny.ac.id/upload/132206558/pendidikan/Modul+PLPG+Evaluasi+Program+Sekolah.pdf (Diakses pada tanggal 17 Maret 2023 Pukul 10.15 WIB).
Moleong, J Lexy. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosda karya.
Kemendikbud. 2019. “Merdeka Belajar: Pokok-Pokok kebijakan Merdeka Belajar. Jakarta: Makalah Rapat Koordinasi Kepala Dinas Pendidikan Seluruh Indonesia.
Kurniasih, Imas. 2017. Pendidikan Karakter Internalisasi dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Jakarta: Kata Penaa
Kurniastuti, Rahmaniar, dkk. 2022. Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sebagai Salah Satu Bentuk Pendidikan Karakter Pada Siswa SMP. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), Vol. 1
Kurniawan, Syamsul. 2016. Pendidikan Karakter Konsepsi secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, & Masyarakat, Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
Lickona, Thomas. 2013. Mendidik Untuk Membentuk Karakter, terjemahan J.A. Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara.
Majid, Abdul, dan Dian andayani. 2011. Pendidikan Karakter Prespektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Malaya Sinta, Ike. 2019. Manajemen Sarana Dan Prasarana, Jurnal Islamic Education Manajemen, Vol. 4 No. 1. UIN sunan Gunung Djati Bandung, hlm. 9.
Mamik. 2015. Metodologi Kualitatif, Sidoarjo: Zifatama Publisher.
Maulida, Kirana Silkia. 2022. Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran PAI di SMK Negeri 2 Salatiga. Salatiga: UIN Salatiga.
Meifa, Angga, dkk. 2016. Impelementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Humaniora: Vol. IV, No.3.
Mu’min, Fatchul. 2016. Pendidikan Karakter Konstruksi Teoritik dan Praktik. Yogyakarta: Arruz Media.
Mustoip, Sofyan, dkk. 2018. Implementasi Pendidikan Karakter. Surabaya: Jagad Publishing
Nur inayah, Novita. 2021. “Integrasi dimensi profil pelajar pancasila dalam mata pelajaran pendidikan agama islam menghadapi era 4.0 dismk Negeri Tembakboyo. Jurnal of education and learning sciences. Vol. 01, No.01.
Nursalam dan suardi. 2022. “Penguatan karakter profil pelajar pancasila berbasis integrative moral disekolah dasar”. Yogyakarta: CV.Aa. Rizky.
Prasetyo, gian bagus. 2022. Pendidikan profil pelajar pancasila berdasarkan konsep religiusme. Malang: UNM.
Rusnaini, dkk. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional.
Satori, Ahmad, dkk. 2012. Islam Moderat Menebar Islam Rahmatan Lil ‘Alamin. Jakarta: Pustaka Ikadi
Sugiarti, dkk. 2020. Desain penelitian kualitatif sastra. Malang: UMM.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tersiana, A. 2018. Metode penelitian. Jakarta: Anak hebat Indonesia.
Winarmi, Endang Widi. 2018. Teori dan Praktik Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi.
Yosafat Massie, Allessandro dan Kristina Yoseven Nababan. 2021. “Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Pembentukan Karakter Siswa”. E-Journal Satya Widya. Vol. 37. No. 1. Universitas Kristen Satya Wacana, hlm. 5
23SK2321226.00 | SK PAI 23.226 FIR i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain