SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Eksperimentasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X SMA Negeri 1 Randudongkal
Kemampuan penalaran matematis siswa kelas X SMA N 1 Randudongkal tergolong rendah diperlukan model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia ialah suatu pendekatan yang menjadikan siswa mengeksplorasi dan memecahkan masalah dengan pemahaman mereka sendiri yang melibatkan ketertarikan siswa dalam konteks pembelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan penalaran matematis siswa yang tidak menerapkan pendekatan PMRI dalam materi sistem persamaan tiga variabel kelas X SMA Negeri 1 Randudongkal?. 2) Bagaimana kemampuan penalaran matematis siswa yang menerapkan pendekatan PMRI dalam materi sistem persamaan tiga variabel kelas X SMA Negeri 1 Randudongkal?. 3) Apakah terdapat perbedaan signifikan antara tingkat kemampuan penalaran matematis siswa yang menerapkan pendekatan PMRI dan tidak menerapkan pedekatan PMRI dalam materi sistem persamaan tiga variabel kelas X SMA Negeri 1 Randudongkal?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas eksperimentasi pendekatan pendidikan realistik (PMRI) Indonesia terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas X SMA N 1 Randudongkal.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan kelas X.2 dan X.6. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan instrumen tes pretest sebanyak 5 soal dan posttest sebanyak 5 soal. Analisis data yang digunakan untuk observasi adalah rumus persentase, untuk instrumen tes menggunakan uji kenormalan, uji homogenitas, dan uji independent sample t-test.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (a) kelas yang menerapkan pendekatan konvensional memiliki nilai rata-rata posttest sebesar 81. (b) kelas yang menerapkan pendekatan PMRI memliki nilai rata-rata posttest sebesar 85. (c) Hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai signifikansi yaitu 0,013
23SK2326108.00 | SK TM 23.108 DIA e | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain