SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa di SD N 1 Pelutan Pemalang
Pembelajaran yang dilakukan di SD N 1 pelutan belum memaksimalkan pembelajaran berbasis higher order thinking skills (HOTS). Selain itu pembelajaran yang diterapkan disana cenderung berpusat pada guru. Sehingga membentuk siswa yang kurang kritis dan kreatif. Hal tersebut mengakibatkan siswa tidak memahami materi yang diajarkan serta cepat melupakan materi tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah menerapkan model pembelejaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) yang berorientasi terhadap HOTS.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh PMRI terhadap HOTS. Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan untuk meningkatkan kemampuan HOTS siswa dengan menerapkan pendekatan PMRI.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan dua kelompok belajar, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik pengambilan sampel simple random sampling dengan masing masing sampel 22 siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini menggunakan tes esay, sedangkan analisis data menggunakan bantuan SPSS versi 22.
Uji hipotesis menggunakan Independent Semple T-Test menunjukan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima dengan nilai Sig. 2-tailed sebesar 0,000
23SK2326107.00 | SK TM 23.107 WIN p | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain