SKRIPSI PBS
Pengaruh Kepercayaan, Kepuasan, dan Kualitas Pelayanan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Dalam Menggunakan BSI Mobile (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia KC Pekalongan Pemuda)
Perkembangan ekonomi syariah di Indonesia sangat signifikan, salah satunya perbankan syariah yaitu Bank Syariah Indonsia. Pertumbuhan sektor Bank Syariah Indonsia tidak terlepas dari pertumbuhan teknologinya yaitu BSI Mobile. Dalam industri perbankan, loyalitas nasabah merupakan faktor utama yang harus dijaga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepercayaan, kepuasan, dan kualitas pelayanan nasabah terhadap loyalitas nasabah dalam menggunakan BSI Mobile. Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Dimana variabel yang digunalkan yaitu kepercayaan, kepuasan, kualitas pelayanan, dan loyalitas nasabah. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Indonesia KC Pekalongan Pemuda dengan sampel sebanyak 96 responden. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah penyebaran kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan (1) terdapat pengaruh negatif dan signifikan variabel kepercayaan terhadap loyalitas nasabah dalam menggunakan BSI Mobile dengan perbandingan t hitung (-5,307) > t tabel (1,989). (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel kepuasan terhadap loyalitas nasabah dalam menggunakan BSI Mobile dengan perbandingan t hitung (10,146) > t tabel (1,989). (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah dalam menggunakan BSI Mobile dengan perbandingan t hitung (4,182) > t tabel (1,989). (4) secara keseluruhan menunjukkan bahwa variabel kepercayaan, kepuasan, dan kualitas pelayanan secara simultan berpngaruh terhadap loyalitas nasabah dalam menggunakan BSI Mobile, dengan dibuktikan oleh hasil f hitung 63,204 > f tabel 2,70 dan nilai signifikansinya 0,000 < 0,05. nilai Adjusted R Square sebesar 0,663 yang menunjukkan bahwa variabel independent (kepercayaan , kepuasan, dan kualitas pelayanan) secara simultan memberikan kontribusi terhadap variabel dependen (loyalitas) sebesar 66,3% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam penelitin ini.
23SK2342087.00 | SK PBS 23.087 NUR p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain