SKRIPSI PBS
Pengaruh Strategi Promosi Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Dengan Media Sosial Sebagai Variabel Intervening Pada Nasabah Bank Syariah Indonesia Di UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
Kedudukan manusia sebagai makhluk sosial yang mana dalam memenuhi kebutuhannya tidak dapat diproduksi sendiri oleh individu tersebut. Maka dari itu dia perlu bekerja sama dan membutuhkan bantuan dengan yang lainnya, salah satunya Lembaga Keuangan Syariah. Akibatnya, Lembaga Keuangan Syariah disini memiliki peran penting dalam ekonomi modern saat ini dan untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan mereka. Seiring dengan perubahan pola persaingan, maka suatu perusahaan memerlukan pengkajian terhadap unsur-unsur yang dapat mempengaruhi kemampuan bersaingnya guna mencapai tujuan yang diterapkan, termasuk Bank Syariah Indonesia yang masuk kedalam lingkup Lembaga Keuangan Syariah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Promosi Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah, baik secara langsung ataupun secara tidak langsung melalui variabel Media Sosial. Jenis penelitian ini adalah field research dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Variabel yang digunakan adalah Strategi Promosi Produk, Kualitas Pelayanan, Media Sosial dan Kepuasan Nasabah. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah BSI yang berdomisili diwilayah Eks Karesidenan Pekalongan. Sedangkan pengambilan sampelnya dilakukan menurut rumus lemeshow dengan jumlah sampel sebanyak 200 responden. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah penyebaran kuesioner. Dan metode analisis yang digunakan adalah melalui Uji Jalur (Path Analysis), dimana variabel Media Sosial berkedudukan sebagai variabel intervening. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh dua persamaan uji jalur. Hasil dari pengujian kedua persamaan menyatakan bahwa terdapat adanya pengaruh pada kedua variabel bebas yang digunakan, yakni variabel Strategi Promosi Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah, baik secara langsung ataupun secara tidak langsung melalui variabel Media Sosial.
23SK2342086.00 | SK PBS 23.086 FAT p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain