SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Implementasi Alat Peraga Edukatif Pilogma Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Materi Logika Matematika Kelas XI SMK Negeri 1 Sragi
Alat peraga merupakan elemen penting dalam pembelajaran matematika, karena dapat membantu siswa belajar dengan cara yang lebih aktif, menyenangkan, dan memiliki makna sehingga membantu siswa lebih mudah memahami materi yang diajarkan. Kemudian hasil, diketahui di sekolah tersebut belum tersedia alat peraga tentang logika matematika, dan tersedia terbatas pada materi tertentu. Dari alasan tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang Implementasi Alat Peraga Pilogma terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Materi Logika Matematika Kelas XI SMK Negeri 1 Sragi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi logika matematika kelas XI SMK Negeri 1 Sragi dengan menggunakan alat peraga edukatif pilogma? 2) Apakah alat peraga edukatif pilogma efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis materi logika matematika kelas XI SMK Negeri 1 Sragi? Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi logika matematika kelas XI SMK Negeri 1 Sragi dengan menggunakan alat peraga pilogma serta apakah alat peraga pilogma efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis materi logika matematika kelas XI SMK Negeri 1 Sragi.
Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Sragi menggunakan metode eksperimen dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan sebanyak 70 siswa sebagai sampel. Pengumpulan data melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: 1) Uji Normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov, 2) Uji Homogenitas menggunakan uji Homogeneity of Variance, dan 3) Uji Hipotesis menggunakan uji Independent Samples T-Test.
Hasil dari penelitian ini yakni: 1) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis awal yang sama, tetapi setelah diberi perlakuan, kelas eksperimen mendapat nilai rata-rata sebesar 83,7 dan 76 untuk rata-rata kelas kontrol. 2) Alat Peraga Edukatif Pilogma efektif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi logika matematika kelas XI SMK Negeri 1 Sragi dibuktikan dengan hasil uji independent samples t-test yang menyatakan bahwa nilai signifikansi 0,12 < 0,05. Di sisi lain, rata-rata nilai post-test kelas eksperimen diperoleh 83,7 yang lebih besar dari kelas kontrol yaitu 76.
23SK2326104.00 | SK TM 23.104 BIN i | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain