SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Checks Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Di MTs Rifa'iyah Wonokerto
Pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan monoton membuat kemampuan pemecahan masalah siswa kurang dirangsang atau dikembangkan. Sehingga siswa tidak dapat memahami soal dan menjawabnya. Oleh karena itu perlu adanya kekreatifan guru dalam mengajar dengan menggunakan pendekatan model pembelajaran. Model pembelajaran yang dapat digunakan untuk merangsang kemampuan pemecahan masalah siswa salah satunya model pembelajaran kooperatif tipe pair checks.
Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang tidak memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe pair checks di MTs Rifa’iyah Wonokerto? 2) Bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe pair checks di MTs Rifa’iyah Wonokerto? 3) Apakah penggunaanl modell pembelajaranl kooperatifl tipel pair lchecks efektif terhadapl kemampuan pemecahanl masalahl matematika siswa di MTs Rifaiyah Wonokerto? Tujuan penelitian ini untuk menganalisis model pembelajaran kooperatif tipe pair checks dan pemecahan masalah serta menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe pair checks efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah. Kegunaan penelitian untuk menambah dan memperluas keilmuan dalam hal efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe pair checks terhadap kemampuan pemecahan masalah. Sehingga dari kelebihan yang ada dapat diambil manfaatnya.
Penelitian dilakukan di MTs Rifa’iyah Wonokerto dengan metode eksperimen semu (quasi experimental) dan pengambilan sampel secara keseluruhan dari populasi. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 74 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah berjumlah 5 soal
Hasil dari penelitian menunjukkan: 1) Kemampuan pemecahan masalah yang tidak memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe pair checks dengan nilai rata-rata 62,97 masuk dalam kategori rendah. 2) Kemampuan pemecahan masalah yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe pair checks mendapatkan nilai rata-rata 80,03 dengan kategori tinggi. 3) Uji hipotesis mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000
23SK2326100.00 | SK TM 23.100 SIT k | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain