SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Implementasi Metode Snowball Throwing Terhadap Keaktifan Siswa dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII di SMP Negeri 6 Kota Tegal
Di SMP N 6 dengan adanya pandemi covid dilakukan pembelajaran deengan metode ceramah akibatnya siswa cenderung bosan dan siswa tidak bisa aktif dalam mengikuti pembelajaran. Keaktifan dalam mengikuti pembelajaran berpengaruh penting pada proses perkembangan berpikir, emosi, dan sosial. Upaya yang dilakukan oleh guru untuk siswa aktif dalam pembelajaran ialah mengembangkan keaktifan belajar dalam mata pelajaran dengan meningkatkan minat siswa, membangkitkan motivasi siswa, serta menggunakan media dalam pembelajaran yang sesuai. Oleh, karena itu peneliti akan meneliti implementasi model pembelajaran snowball throwing terhadap keaktifan siswa dan hasil belajar.
Penelitian ini dibuat untuk mengetahui rumusan maslah: 1) Bagaimana penerapan model snowball throwing pada pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di SMP Negeri 6 Kota Tegal?. 2) Bagaimana implikasi model snowball throwing terhadap keaktifan pada pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di SMP Negeri 6 Kota Tegal? 3) Bagaimana implikasi model snowball throwing terhadap hasil belajar pada pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di SMP Negeri 6 Kota Tegal?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis pada penerapan model snowball throwing pada pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di SMP Negeri 6 Kota Tegal. 2) Untuk menganalisis implikasi model snowball throwing terhadap keaktifan pada pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di SMP Negeri 6 Kota Tegal. 3) Untuk menganalisis implikasi model snowball throwing terhadap hasil belajar pada pembelajaran matematika materi bangun ruang sisi datar kelas VIII di SMP Negeri 6 Kota Tegal.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan angket, dan tes berupa pre-test dan post-test. Analisa data menggunakan uji validasi para ahli dan uji validitas menggunakan SPSS. Analisis selanjutnya dengan menggunakan uji t dan korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran yang ada pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Terdapat juga hasil post-test kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas ekpermen dengan membandingan dengan menggunakan uji manova. telrihat bahwa menunjukan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima.
23SK2326097.00 | SK TM 23.097 NUR i | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain