SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Pengaruh Self Efficacy dan Kecerdasan Interpersonal Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi SPLDV Siswa Kelas SMPN 03 Pekalongan
Hasil belajar matematika adalah sebuah hasil yang sudah dicapai oleh siswa setelah mereka melakukan sebuah usaha mempelajari matematika dan dinyatakan dalam nilai. Self Efficacy dan Kecerdasan Interpersonal diduga memiliki pengaruh yang kuat dalam pembelajaran terutama matematika. Rendahnya self efficacy dan kecerdasan interpersonal dapat berpengaruh rendah juga dalam nilai matematika, karena self efficacy dan kecerdasan interpersonal mampu memperkuat keyakinan atas kemampuan dirinya terhadap kesulitan tugas yang diberikan guru serta mampu membentuk tanggap dan sosial pada diri siswa. Siswa akan merasa sulit dan tidak percaya diri jika menjawab tugas yang dikerjakan dan akan menghasilkan nilai yang rendah, begitupun sebaliknya jika self efficacy dan tinggi maka siswa tidak akan merasa kesulitan terhadap tugas yang diberikan guru dan akan percaya diri dalam mengerjakannya, mampu membentuk jiwa temparemennya, cepat tanggapnya dan akan menghasilkan nilai yang tinggi pula.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh yang signifikan self efficacy terhadap hasil belajar matematika pada materi SPLDV siswa kelas VIII SMPN 3 Pekalongan, adakah pengaruh yang signifikan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar matematika pada materi SPLDV siswa kelas VIII SMPN 3 Pekalongan, adakah pengaruh yang signifikan self efficacy dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar matematika pada materi SPLDV siswa kelas VIII SMPN 3 Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas VIII-B SMPN 3 Pekalongan dan cara pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling. Adapun teknik pengumpulan data berupa dokumentasi, angket, pengamatan. Dan menggunakan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial sebagai teknik analisis data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh Self Efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 3 Pekalongan dengan pengaruh sebesar 76,1% . (2) Ada pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar matematika ssiwa kelas VIII SMPN 3 Pekalongan dengan pengaruh sebesar 75,3%. (3) Ada pengaruh self efficacy dan kecerdasan interpersonal terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 3 Pekalongan dengan pengaruh sebesar 82,4%.
23SK2326096.00 | SK TM 23.096 INA p | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain