SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Eksperimentasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Salafiyah Hidayatul Athfal Pekalongan
Matematika dipandang sebagai mata pelajaran yang tidak mudah. Selain itu, masih digunakan model pembelajaran konvensional yang cenderung membosankan menambah kesan sulit pada mata pelajaran ini sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu, digunakan model pembelajaran Problem Based Learning karena mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga dapat menimbulkan semangat untuk lebih giat belajar dan berakibat pada hasil belajar yang baik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning di MTs Salafiyah Hidayatul Athfal Pekalongan?, 2) Bagaimana efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa MTs Salafiyah Hidayatul Athfal Pekalongan?. Tujuan Penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning di MTs Salafiyah Hidayatul Athfal Pekalongan. 2) Untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa MTs Salafiyah Hidayatul Athfal Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dimana data-data penelitian berupa angka yang nantinya dianalisis menggunakan statistik guna pengujian hipotesis yang telah ditentukan peneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi.
Hasil analisis menunjukkan bahwa kuantitatif eksperimen memiliki nilai rata-rata pretest 52,37 dan posttest 77,00. Kelas kontrol memiliki nilai rata-rata pretest 51,70 dan posttest 69,47. Berdasarkan hasil uji hipotesis Sig. (2 tailed) pada Equal Variances Assumed 0,004 < 0,05 yang menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Ha diterima maka didapatkan hasil bahwa ada perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga penerapan model pembelajaran Problem Based Learning efektif terhadap hasil belajar matematika materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII MTs Salafiyah Hidayatul Athfal Pekalongan.
23SK2326095.00 | SK TM 23.095 MUN e | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain