SKRIPSI TADRIS MATEMATIKA
Analisis Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Operasi Bentuk Aljabar Berdasarkan Level Kecerdasan Emosional di SMP Salafiyah Pekalongan
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemahaman konsep siswa pada materi operasi bentuk aljabar berdasarkan level kecerdasan emosional. Penelitian deskriptif dengan teknik pengambilan subjek purposive sampling dilaksanakan di SMP Salafiyah Pekalongan pada 15 siswa kelas VII C. Instrumen yang digunakan lembar tes pemahaman konsep berdasarkan kecerdasan emosional dan wawancara dengan guru matematika kelas VII. Untuk mendeskripsikan secara kualitatif maka diambil tiga siswa yang diambil berdasarkan hasil pengerjaan tes dan hasil wawancara.
Hasil dari penelitian ini adalah tingkat pemahaman konsep siswa kelas VII pada materi operasi bentuk aljabar di SMP Salafiyah Pekalongan masih terbilang rendah. Hal ini dikarenakan mayoritas siswa melakukan kesalahan pada operasi bentuk aljabar, mereka mengalami kesulitan dalam mengoperasikan bentuk aljabar dengan berbagai bentuk variabel yang ada. Pemahaman siswa tiap level yaitu, siswa level kecerdasan emosional tinggi memiliki pemahaman bentuk aljabar baik, siswa level kecerdasan emosional sedang memiliki pemahaman cukup baik tetapi masih perlu mendapatkan bimbingan sehingga kemampuan akan setara dengan kecerdasan emosional tinggi, sedangkan siswa kecerdasan emosional rendah memiliki pemahaman kurang baik karna belum mampu menyatakan ulang konsep, dan masih mengalami kesulitan dalam memahami unsur-unsur aljabar, serta belum dapat melakukan operasi bentuk aljabar.
23SK2326093.00 | SK TM 23.093 AIN a | My Library (Lt. 3 Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain