SKRIPSI PBS
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Untuk Menabung Di Bank Syariah (Studi Pada Masyarakat Di Pekalongan)
Perkembangan dunia perbankan yang semakin pesar di indonesia. Membuat persaingan bisnis antar lembaga semakin ketat, lembaga perbankan harus mempertahankan nasabahnya dengan menerapkan strategi yang tepat. Sebelum itu harus diketahui terlebih dahulu faktor- faktor apa saja yang mempengaruhi minat menabung mereka di bank syariah seperti pengetahuan bank syariah, motivasi, lokasi dan pendapatan. Pada dasarnya masyarakat yang berperan sebagai nasabah yang diperlukan oleh sebuah perbankan memiliki sikap dan minat yang berbeda beda dalam memilih suatu jenis bank. Oleh sebab itu pengambilan keputusan dari nasabah dalam menggunakan bank syariah sangat penting untuk diperhatikan demi kelangsungan dan tetap eksisnya bank syariah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengetahuan bank syariah, motivasi, lokasi dan pendapatan terhadap minat menabung masyarakat di bank syariah. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder, adapun data dalam peneliian ini diperoleh dari penyebaran kuesioner menggunakan google form yang disebarkan melalui media sosial. Dalam penelitian ini terdapat variabel independen yaitu pengetahuan bank syariah (X1), motivasi (X2), lokasi (X3), pendapatan (X4) dan minat menabung sebagai variabel dependen (Y). Populasi penelitian ini adalah masyarakat di pekalongan (kota dan kabupaten) yang berusia 17 sampai dengan < 40 tahun yang berjumlah 859.968 jiwa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode random sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan bantuan SPSS 26.0. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda serta menggunakan uji hipotesis. Hasil penelitian Diketahui nilai t hitung 3,812 > t tabel 1,985 dan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05. bahwa variabel pengetahuan bank syariah berpengaruh terhadap minat menabung. Diketahui nilai t hitung 2,815 > t tabel 1,985 dan nilai sig. sebesar 0,006 < 0,05. variabel motivasi berpengaruh terhadap minat menabung. Diketahui nilai t hitung 2,729 > t tabel 1,985 dan nilai sig. sebesar 0,008 < 0,05. variabel lokasi berpengaruh terhadap minat menabung. Diketahui nilai t hitung 4,574 > t tabel 1,985 dan nilai sig. sebesar 0,000 < 0,05. Variabel pendapatan berpengaruh terhadap minat menabung. Variabel independen secara bersama-sama mempengaruhi variabel dependen dengan melihat besarnya nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan didapatkan nilai F hitung > F tabel (32,912 > 2,47). Uji F menunjukkan pengetahuan bank syariah, motivasi, lokasi dan pendapatan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung masyarakat di pekalongan dengan pengaruh sebebsar 56,3% dan 43,7% dijelaskan oleh faktor atau variabel lain diluar penelitian yang dilakukan.
23SK2342080.00 | SK PBS 23.080 LIS f | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain