SKRIPSI PBS
Pengaruh E-Service Quality, Relationship Marketing dan Kemudahan terhadap Loyalitas Nasabah Pengguna Layanan Mobile Banking Bank Syariah Indonesia dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Masyarakat Pekalongan Pengguna Layanan Mobile Banking Bank Syariah Indonesia)
Loyalitas merupakan hasil yang dicapai suatu perusahaan yang melibatkan sikap kesetiaan pelanggan atas kepuasan, sebagai dedikasi terhadap perusahaan, berdasarkan pandangan positif yang ditunjukkan dengan pembelian berulang secara terus menerus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e- service quality, relationship marketing, dan kemudahan terhadap loyalitas nasabah pengguna layanan mobile banking Bank Syariah Indonesia dengan kepuasan sebagai variable intervening pada Masyarakat Pekalongan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan masyarakat Pekalongan yang belum diketahui jumlahnya sehingga pengambilan sampel menggunakan rumus Lemeshow. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis jalur menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-service quality berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dengan nilai beta 0,293 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Relationship marketing berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dengan nilai beta 0,208 dan tingkat signifikan 0,043 < 0,05. Kemudahan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dengan nilai beta 0,276 dan taraf signifikan 0,000 < 0,05. E-service quality tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan nilai beta 0,022 dengan taraf signifikan 0,728 > 0,05. Relationship marketing berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan nilai beta 0,283 dan taraf signifikan 0,002 < 0,05. Kemudahan tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan nilai beta 0,095 dan taraf signifikan 0,185 > 0,05. Kepuasan nasabah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan nilai beta 0,193 dan taraf signifikan 0,034 < 0,05. E-service quality tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah yang dimediasi kepuasan nasabah dengan nilai t hitung (1,893) < t tabel (1,984). Relationship marketing tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah yang dimediasi kepuasan nasabah dengan nilai t hitung (1,409) < t tabel (1,984). Kemudahan tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah yang dimediasi kepuasan nasabah nilai t hitung (1,797) < t tabel (1,984). Kata kunci: E-service quality, Relationship Marketing, Kemudahan, Loyalitas, dan Kepuasan nasabah.
23SK2342061.00 | SK PBS 23.061 HEN p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain