SKRIPSI EKOS
Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Harapan Kita Warmindo And Space di Desa Coprayan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan)
Persaingan dunia usaha menuntut setiap pelaku usaha untuk terus berinovasi mengikuti perkembangan zaman. Untuk itu, sebagai pelaku usaha ditiap kategori bisnis dituntut untuk memiliki kepekaan terhadap setiap perubahan yang terjadi dan menempatkan orientasi kepada kepuasan pelanggan. Upaya pengusaha dalam menjalankan tujuan bisnis tersebut dapat dilakukan melalui beberapa cara yaitu dari segi kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan dan Store Atmosphere yang baik yang dapat membuat nyaman dan memberikan kepuasan bagi konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh store atmosphere dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner yang telah diuji valid dan reliabel dengan menggunakan sampel sebanyak 96 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan rumus Lameshow. Penelitian ini menggunakan metode analisis data analisis jalur dengan bantuan SPSS 21.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa store atmosphere secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Store atmosphere secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Kepuasan konsumen tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Store atmosphere berpengaruh terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen. Kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening.
Kata kunci: Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, dan Loyalitas konsumen.
DAFTAR PUSTAKA :
Abadi, M. S. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen Vol 13 No 14 , 24-34.
Afwan, M. T., & Santosa, S. B. (2012). Analisis pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian dengan citra merek sebagai variabel intervening (studi kasus pada konsumen mebel madina di Kota Banjarnegara). Diponogoro Journal Of Management volume 8, nomor 1 , 2.
Agustin, R. A. (2021). Pengaruh Literasi Ekonomi, Konformitas Teman Sebaya, dan Modernitas Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa IAIN Ponorogo. Ponorogo: Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo.
Almanda, Y. (2018). Pengaruh Harga Diri dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman Samarinda. E Journal Psikologi Vol 06 No 02 , 410-419.
Almanda, Y. (2018). Pengaruh Harga Diri dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman Samarindaa. E Journal Psikologi 6(2) , 410-419.
Amrita, W. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi pada CV Jaya Utama Teknik di Kabupaten Badung. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan, dan Pariwisata Vol 1 No 04 , 1279-1291.
Anggara, M. R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Rumah Makan Ayam Bakar wong Solo Klojen Kota Malang). Malang: Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Malang.
Arif, M. (2018). Pengaruh store atmosfer dan lokasi terhadap loyaliyas konsumen si Soban Cafe Medan. Medan: Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam negeri Sumatera Utara.
Azwar, S. (2001). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azzahroh, E. P., & Zakiy, M. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan Islami Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Syariah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Vol 3 No 1 .
Berman, & Evans. (2010). Retail Management. Jakarta: Pearson.
Bill, A. (2008). Managing Brand Equity. Bandung: Alfabeta.
Budiarto, D. N. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayannan, Store Atmosphere dan Word Of Mouth Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu dan Reset Manajemen Volume 7 Nomor 4 .
Cahaya, & Ayu, S. (2004). Pengaruh Store Atmosfer Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Makassar: Gramedia.
Damayanti, E. (2021). Pengaruh Diferensiasi Produk dan Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Ayam Geprek Sa'i di Kota Kudus. Kudus: Prodi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Kudus.
Deviyanti, S. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Peserta Didik Kelas XII IPS SMA NEGERI 3 Makassar. Makassar: Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar.
Djaali. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Djayapranata, G. F. (2020). Kepuasan Konsumen Tidak Selalu Linier dengan Loyalitas Konsumen : Analisis pada Restoran Cepat Saji di Indonesia. INOBIS : Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia Vol 03 No 02 .
Drifanda, V. (2018). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas PGRI Semarang. JPU Vol 12 No 01 .
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Udate PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Griffin, J. (2005). Customer Loyality: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta: Erlangga.
Hadi, S. (2006). Metodologi Penelitian Kuantitatif untuk Akuntansi dan Keuangan. Yogyakarta: Ekonisisa.
Halimatussakdiyah, & Sudarma, S. (2019). Influence of Life style and Financial Literacy to Consumpive Behavior Through Self Control of Unisnu FEB Collage Students Jepara . Journal of Economic Education , 75-80.
Hamidah, N., Rachma, N., & Hufron, M. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Brand Image, dan Atmosfer Terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening pada Cafe Coklat Klasik Malang (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB UNISMA). Jurnal Riset Manajemen .
Harianto, D., & Subago, H. (2018). Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Image, dan Atmosphere Terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening Konsumen Kedai Deja-Vu Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Vol 1 No 1 .
Herianingrum. (2014). Kualitas Pelayanan Islam. Jurnal JRSTT , 624.
Huda, M. (2019). Penerapan Etika Bisnis Terhadap Kepuasan Konsumen dalam Pandangan Islam. Jurnal El-Faqih Volume 5 Nomor 1 .
Hurlock, E. B. (1999). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Idris, M. (2019). Hubungan Antara Gaya Hidup Modern dan Prinsip Individualisme Terhadap Perilaku Belajar Fisika SMA Negeri 17 Makassar Provinsi Sulawesi Selatan. UIN Alauddin , 94.
Indiyasari, E. (2018). Pengaruh Suasana Toko, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Tous Les Jours Galaxy Mall Surabaya. Jurnal Utilitas Vol 12 .
Irwansyah, R., Listya, K., Setiorini, A., Hanika, I. M., Hasan, M., Utomo, K. P., et al. (2021). Perilaku Konsumen. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Jacinda, A. (2016). Perilaku Konsumen dalam Memilih Rever Academy Surabaya. Jurnal e-Komunikasi vol 04 no 01 , 1-10.
Juniarti, S., Zuraida, L., & Wikaningtyas, S. U. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening pada Bento Kopi. Jurnal Riset Akuntans dan Bisnis Indonesia Vol 02 No 02 .
Kennedy, B. P. (2013). Theory Perilaku Terencna dan Literasi Keuangan: Model Prediktif unuk Utang Kartu Kredit. Marshal University, 62.
Kholifatun, N. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami dan Kepercayaan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah di BRI Syariah KC Semarang. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo .
Khusnia, R., Hufron, M., & Primanto, A. B. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Lifestyle, dan Atmosfer Terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan My Kopi-O Indonesian Bistro Kota Malang). Jurnal Riset Manajemen .
Kotler P, & Keler K. L. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi ke 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, & Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2011). Manajemen Pemasaran Edisi 1. (a. b. Sabran, Penyunt.) Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran Jilid I. Jakarta: Indeks.
Kottle, P., & Keller. (2010). qwerty. jakarta: grafindo.
Kottler. (123). asd. as: asd.
Kuncoro, M. (2007). Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi Edisi Ketiga. Yogyakarta: UPB STIM YKPN.
Laksana, F. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Graha Ilmu.
Lamp, Hair, & Daniel, M. (2010). Pemasaran. Jakarta: PT Salemba Empat Raya.
Longdong, K. J. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Maesa Print Kawangkoan. Productivity Vol.3 No.1 , 13-17.
Lukman, H., Fathoni, A., & Minardih, M. M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Variabel Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening pada Pizza Hut Cabang Simpang Lima. Semarang: Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran Semarang.
Makmunah, L. U., & Astuningtyas, E. (2021). The Influence Service Quality On Consumer Satisfaction Course Training Institution (LKP) Citra Jelita Wonorejo Village, Srengat District Blitar District. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol. 14 N0. 02 , 339-361.
Masturah, A., Hasnita, N., & Djakfar, I. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami terhadap Kepuasan Konsumen Salon Muslimah di Banda Aceh. Jurnal Ekobis Vol 01 No 02 , 48-61.
Meylisa, A., Silvya, L. M., & Mandey, C. (2020). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen pada Royal's Resto dan Function Hall di Kota Ternate. Jurnal EMBA Vol 7 No 1 .
Mowen, J. C., & Minor, M. (2005). Perilaku Konsumen. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Muawanah, I. (2020). Fenomena Maraknya Coffee Shop Sebagai Gejala Gaya Hidup Anak Muda di Kota Metro (Studi Kasus Pada Mahasiswa IAIN Metro). Metro: IAIN Metro.
Nilasari, E., & Istiatin. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Dealer PT. Ramayana Motor Sukoharjo. Jurnal Paradigma Vol. 13 No. 01 .
Othman, A. Q., & Owen, L. (2011). Adopting and Measuring Customer Service Quality (SQ) in Islamic Banking: A Case Study in Kuwait Finance House. International Journal of Islamic Financial Services Vol 3 No 1 .
Palungan, D., & Febriaty, H. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Riset Sains Manajemen Vol 02 No 03 , 103-110.
Pratama, P. B. (2020). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas pada Penggunaan Produk Outdoor. Surakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rahmadani, F., Suardana, I. M., & Samudra, H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk, Harga, dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening pada UD Eva Group Mataram. VALID Jurnal Ilmiah , 123-135.
Ramadhani, H. R. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan, Electronc Monet, Gaya Hidup, dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa S1 Manajemen Universitas Sumatera Utara). Medan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara Medan.
Riadi, E. (2016). Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Yogyakarta: CV Andi Offset.
Riskayanti. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Milenial Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Muhammadiyah Makassar. Makasar: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar.
Roestanto, A. (2017). Literasi Keuangan. Yogyakarta: Istana Media.
Rofa, M. h. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen untuk Menciptakan Loyalitas Konsumen (Studi Kasus pada Konsumen Salwa House Kafe di Tembalang). Semarang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro .
Rofiah, C., & Wahyuni, D. (2018). Kualitas Pelayan dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan yang di Mediasi oleh Kepuasan di Bank Muamalat Jombang. EKSIS Vol. 12 No. 1 , 69-82.
Safavi, V. D., & Hawignyo. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Kartu Prabayar. Jurnal Manajemen Vol 13 No 01 , 142-150.
Saringsih, N., Bahri, S., & Nurbaeti, A. (2020). Pengaruh Pelayanan Islami Terhadap Kepuasan Konsumen di 212 Mart Purwakarta. Ekonomi Syariah dan Bisnis Perbankan 04(2) , 52-55.
Sariningsih, N., Bahri, S., & Nurbarti, A. (2020). Pengaruh Pelayanan Islami Terhadap Kepuasan Konsumen di 212 Mart Purwakarta. EKSISBANK Vol 04 No 02 .
Sucihati, & Suhartini. (2022). Pengaruh Kepuasan Konsumen dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen di PT Asuransi Ramayana Serang. Jurnal Manajemen Perusahaan Vol. 1 No. 1 .
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Suryawardani. (2019). Perngaruh Store Atmosphere, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen di Seniman Coffee Studio. Vol 8 No 1 , 1-10.
Tamber, E. R., Tabelessy, W., & Tahapary, G. (2019). Atmosfer Cafe Pengaruhnya Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Cafe Pasir Putih di Kota Ambon. Jurnal SOSOQ Volume 7 Nomor 2 .
Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaram. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tjiptono, F. (2011). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Tjiptono, F. (2011). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.
Utami, C. W. (2010). Manajemen Ritel. Jakarta: Salemba Empat.
Wati, W. T., Aprileny, I., & Emarawati, J. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan The Media Hotel dan Towers Jakarta. Jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol. 17 No. 02 , 39-47.
Welsa, H., & Khoironi, M. (2019). Pengaruh Kualiatas Layanan dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Konsumen di Restoran Toean Watiman Yogyakarta). Jurnal EBBANK Vol 10 No 1 , hal 116.
Welsa, H., & Khoironi, M. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Pelanggan melalui Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Konsumen di Restoran Toean Watiman Yogyakarta). EBBANK Vol 10 No 01 .
Widayatama, C. P. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitasn Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Rifa Kuliner Kendal). Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang .
Widiastuti, & Basuki, R. A. (2022). Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Moderating. Jakarta: Program Studi Administrasi Bisnis Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta.
Yuliana, A. (2022). Pengaruh Kepercayaan Merek, Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Loyalitas dan Konsumen sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Konsumen Rabbani di Kabupaten Semarang). Salatiga: Program Studi Manajemen Bisnis Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Isla IAIN Salatiga.
Yulianti, V. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus: Koperasi KSU GAPOKTAN ALBASIKO II Jorong Bangun Rejo Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat). 2020: Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Bukittinggi.
Yulianti, V. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus: Koperasi KSU GAPOKTAN ALBASIKO II Jorong Bangun Rejo Kecamatan Kinali Kabupaten Pasamanan Barat). BUKITTINGGI: Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN BUKITTINGGI.
23SK2341371.00 | SK EKOS 23.371 KHO p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain