SKRIPSI EKOS
Pengaruh Brand Image Dan Viral Marketing Terhadap Minat Beli Melalui Variabel Intervening Customer Trust (Studi Kasus Konsumen Muslim Mie Gacoan Pekalongan)
Bisnis kuliner menjadi bisnis yang populer dilakukan, hal ini kerena bisnis kuliner tetap tumbuh di tengah perkembangan zaman. Kepopuleran bisnis kuliner tidak lepas dari konsumen dari bisnis kuliner tersebut. Ramainya konsumen dalam bisnis kuliner disebabkan oleh faktor-faktor penyebab minat beli konsumen. Minat beli ini dapat ditimbulkan dari image usaha dan teknik pemasaran yang dilakukan. Semakin positif dan kuat image usaha di ingatan konsumen, maka semakin tinggi minat beli konsumen terhadap produk usaha. Selain itu, semakin cepat dan luas pesan yang disampaikan perusahaan melalui teknik pemasaran yang digunakan, maka semakin meningkatkan minat beli konsumen. Tingginya minat beli ini disebabkan oleh rasa percaya (trust) yang timbul terhadap usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan mengetahui adanya pengaruh brand image dan viral marketing terhadap minat beli melalui customer trust.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dengan sampel sebanyak 96 responden dan metode dokumentasi. Teknik pengambilan sampel dengan metode accidental sampling. Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur dengan bantuan SPSS 24.0
Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image dan viral marketing secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer trust Mie Gacoan Pekalongan. Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen muslim Mie Gacoan Pekalongan. Viral marketing tidak berpengaruh terhadap minat beli konsumen muslim Mie Gacoan Pekalongan. Customer trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen muslim Mie Gacoan Pekalongan. Customer trust signifikan namun tidak mampu memediasi brand image terhadap minat beli konsuumen muslim Mie Gacoan Pekalongan. Customer trust signifikan dan mampu memediasi viral marketing terhadap minat beli konsuumen muslim Mie Gacoan Pekalongan.
Kata Kunci : Brand Image, Viral Marketing, Customer Trust, Minat Beli
DAFTAR PUSTAKA :
Agatha, C., Tumbel, A., & Soepeno, D. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Konsumen Oriflame Di Manado The Effect Of Brand Image And Electronic Word Of Mouth On Interest To Buy Oriflame Consumers In Manado. Riset Ekonomi, 7(1), 131–140.
Aini, T. N. (2020). Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Komitmen Sebagai Variable Intervening. Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-Bisma), 1(2), 88–98. Https://Doi.Org/10.37631/E-Bisma.V1i2.194
Ansary, A., Hazrul, N. M., & Hashim, N. (2017). Equity Drivers And Moderating Effects Of Product Type. Review Of Managerial Science. Https://Doi.Org/10.1007/S11846-017-0235-2
Anshori, F. I., Ekawaty, N., & Cahyani, J. D. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk J.Co Donuts & Coffee Di Resinda Park Mall Karawang Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Mea (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(2), 2024–2045.
Apriianti, F., Hayatudin, A., & Susilawati, P. S. (2016). Tinjauan Pemasaran Islam Terhadap Brand Image Elzatta Overview Of Islamic Marketing For Elzatta ’ S Brand Image. Prosiding Keuangan Dan Perbankan Syariah, 20.
Ayuwardani, M., Wibowo, Wibowo, B. Y., & Setyawan, N. A. (2021). Analysis Of Mie Gacoan Customer Loyalty Through Customer Experience And Perceived Quality. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(2), 936–945. Https://Doi.Org/10.22437/Jssh.V5i2.16437
Badan Pusat Statistik. (2020). Statistik Penyedia Makan Minum, 2020. In Bps-Statistics Indonesia.
Bahri, S., & Zamzam, F. (2021). Model Penelitian Kuantitatif Berbasis Sem-Amos Pengujian Dan Pengukuran Instrumen. Deepublish.
Bps. (2020). Jumlah Rumah Makan/Restoran Menurut Kecamatan Di Kota Pekalongan 2016-2019.
Chabachib, M., & Abdurahman, M. I. (2020). Struktur Modal Sebagai Variabel Moderasi Mochammad Chabachib. Upt Undip Press.
Duli, N. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data Dengan Spss. Deepublish.
Dwifadhilah, A., & Hakim, L. N. (2021). Pengaruh Relationship Marketing Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Album K-Pop Treasure (Studi Kasus Pada Komunitas Penggemar Album …. Jambis: Jurnal Administrasi Bisnis, 1(55), 386–398. Https://Ojs.Stiami.Ac.Id/Index.Php/Jumabi/Article/View/2323%0ahttps://Ojs.Stiami.Ac.Id/Index.Php/Jumabi/Article/Viewfile/2323/1032
Fadiya Haya, A., Fadila, A., & Desyantama, H. (2021). Pengaruh Viral Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Richeese Factory Bandar Lampung (Alika Fadiya Haya) Pengaruh Viral Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Richeese Factory Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Jmb), 3(1), 2745–2892.
Firdaus, S., Oktarienza, T., & Sanjaya, V. F. (2022). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Pakaian Muslim Di Butik Cordi Dalam Perspektif Islam. Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 27–38.
Firmansyah, D. M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap Dan Pemasaran). In Deepublish. Https://Www.Academia.Edu/37610166/Perilaku_Konsumen_Perilaku_Konsumen_Makalah_Perilaku_Konsumen
Fitriyana, R., & Waruwu, K. (2022). Pengaruh Promosi Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Platform Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Feb Utnd). Value, 3(1), 11–24.
Https://Doi.Org/10.36490/Value.V3i1.308
G, M. S. M., & Wijaksana, T. I. (2021). The Impact Of Viral Marketing On Consumer Interest On Netflix’s Video On Demand (Vod) Service. E-Proceeding Of Management, 8(5), 6518–6535.
Geraldine, Y. M. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Media Sosial Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Brand Wardah. Point: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 3(1), 71–82.
Https://Doi.Org/10.46918/Point.V3i1.880
Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi (Ed.); Issue March). Cv. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.
Hartanto, B., & Indriyani, L. (2022). Minat Beli Di Marketplace Shopee. Pt Inovasi Pratama Internasional.
Hendijani Fard, M., & Marvi, R. (2020). Viral Marketing And Purchase Intentions Of Mobile Applications Users. International Journal Of Emerging Markets, 15(2), 287–301. Https://Doi.Org/10.1108/Ijoem-06-2018-0291
Herlina, H., & Diputra, T. T. (2018). Implementasi Rumus Sobel Pada Web Dengan Topik Regresi Linier Menggunakan Variabel Intervening. Jurnal Algoritma, Logika Dan Komputasi, 1(1), 19–24.
Https://Doi.Org/10.30813/J-Alu.V1i1.1106
Huy, L. Van, Thinh, N. H. T., Pham, L., & Strickler, C. (2019). Customer Trust And Purchase Intention : How Do Primary Website Service Quality Dimensions Matter In The Context Of Luxury Hotels In Vietnam.
International Journal Of E-Services And Mobile Applications, 11(1), 1–23. Https://Doi.Org/10.4018/Ijesma.2019010101
Indrasari, D. M. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Unitomo Press.
Iqbal, M., Nugroho, Y., Efendi, A., & Abdullah, W. (2022). Pengaruh Iklan Online Dan Citra Merek Terhadap Variabel Intervening Pada Toko Online Shopee Di Makassar. Study Of Scientific And Behavioral Management (Ssbm), 3(2), 8–20.
Isfarudi, I., Pd, M., Suhardi, D. A., Si, S., Canty, A., Zamil, F., Des, S., Junianto, H., & Kom, S. (N.D.). Metode Sampling Penulis : Prof . Akhmad Fauzy , S . Si , M . Si ., Ph . D . Isbn : 978-602-392-688-6 Penelaah Materi Pengembang Desain Instruksional Penyunting Perancang Kover Dan Ilustrasi Penata Letak Penerbit : Universitas Terbuka Jalan Cabe Raya , Pon.
Ismanto, K. (2020). A Projection Of Halal Tourism : A Case Study Of Pekalongan City , Indonesia. Annual International Conference On Islamic Studies. Https://Doi.Org/10.4108/Eai.1-10-2019.2291666
Kaloka, A. S. K., Suryaningsih, I. B., & Indraningrat, K. (2016). Pengaruh Viral Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Instagram @ Makananjember ( Effect Of Viral Marketing Against Customer Buying Interest Through Customer Trust In Instagram @ Makananjember ). Artikel Ilmiah Mahasiswa 2016, 2(1).
Kristyani, O. V., & Kristiyana, N. (2022). Pengaruh Viral Marketing, Brand Experience, Dan Brand Image Terhadap Niat Pembelian Ulang (Survey Pada Konsumen Skincare Scarlett Whitening Mahasiswa Universitas Muhamadiyah Ponorogo). 10(2), 125–133. Http://Eprints.Umpo.Ac.Id/Id/Eprint/9307
Kurniawan, G. (2020). Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk Beras Organik Melalui Ecommerce.
Larasati, W. (2022). Ringkasan Eksekutif Pengeluaran Dan Konsumsi Penduduk Indonesia. In Bps I.
Maskuri, M. A., Kurniawan, E. N., Wardani, M. K., & Andriyani, M. (2019). Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Online. Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 16(2), 139. Https://Doi.Org/10.33370/Jmk.V16i2.348
Meithiana Indrasari. (2019). Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. In Unitomo Press (Vol. 4, Issue 1). Unitormo Press.
Mie Gacoan. (2016). Mie Gacoan. Miegacoan.Com
Mohr, I. (2017). Managing Buzz Marketing In The Digital Age. Journal Of Marketing Development And Competitiveness, 11(2), 2017. Https://Articlegateway.Com/Index.Php/Jmdc/Article/View/1629
Muhyi, M., Hartono, Budiyono, S. C., Satianingsih, R., Sumardi, Rifai, I., Zaman, A. Q., Astutik, E. P., & Fitriatien, S. R. (2018). Metodologi Penelitian (L. Nugraheni (Ed.)). Adi Buana University Press.
Nabilaturrahmah, A., & Siregar, S. (2022). Pengaruh Viral Marketing, Brand Image, Dan E-Wom Terhadap Minat Beli Produk Somethinc Pada Followers Instagram @Somethincofficial. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(7), 41–49. Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.6534500
Natawibawa, I. W. Y. G. I. R. (2018). Jurnal Ilmiah Administrasi Publik ( Jiap ) Theory Of Reasoned Action Sebagai Prediktor Whistleblowing Intention Pengelola. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 4(4), 310–319.
Novita, D., & Wulandari, S. (2020). Pengaruh Dimensi Kepercayaan (Trust) Terhadap Partisipasi (Participation) Pelanggan Wulan Rent Car. Jabe (Journal Of Applied Business And Economic), 6(3), 259.
Https://Doi.Org/10.30998/Jabe.V6i3.4934
Nugroho, N. E. (2021). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas, Fitur Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Smartphone Samsung Galaxy A10s (The Influence Of Brand Image, Quality Perception, Product Features On Purchase Decisions Through Consumer. Jurnal Ekbis, 22(2), 223. Https://Doi.Org/10.30736/Je.V22i2.844
Pahala, Y., Widodo, S., Kadarwati, Azhari, M., Muliyati, Lestari, N. I., Madjid, S. A., Sidjabat, S., Limakrisna, N., & Endri, E. (2021). The Effects Of Service Operation Engineering And Green Marketing On Consumer Buying Interest Yosi. Growing Science, 9, 603–608. Https://Doi.Org/10.5267/J.Uscm.2021.5.011
Paramitha, P. P. (2022). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Produktivitas Kerja (Studi Kasus Pada Mie Gacoan Madiun) Pratistha. Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi 4, 1–18. Http://Www.Joi.Isoss.Net/Pdfs/Vol-7-No-2-2021/03_J_Isoss_7_2.Pdf
Rizkiawan. (2020). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Pengalaman Pembelian Terhadap Minat Beli Konsumen Secara Online Di Kalangan Masyarakat Sangatta (Studi Kasus Pada E-Commerce Shopee). Jurnal Eksis, 16(1), 66–75.
Rosdiana, R., Haris, I. A., & Suwena, K. R. (2019). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 318.
Https://Doi.Org/10.23887/Jjpe.V11i1.20164
Salimun, & Sugiyanto. (2019). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Rumah Makan Begal (Bebek Galak). Prosiding Seminar Nasional Humanis 2019 Pengaruh, 563–577.
Sari, R. K. (2019). Viral Marketing : Memanfaatkan Kekuatan Media Sosial Dalam Komunikasi Pemasaran. Cermin: Jurnal Penelitian, 3(2), 81. Https://Doi.Org/10.36841/Cermin_Unars.V3i2.488
Sari, R., Marniasih, L., & Wijaya, H. (2022). Statistik Ekonomi. Penerbit Media Sains Indonesia.
Sarjita. (2020). Pengaruh Kepercayaan Dan Keamanan Terhadap Minat Beli Konsumen Secara Online Pada Situs Olx. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 7(1), 69–82.
Http://Jurnal.Amaypk.Ac.Id/Index.Php/Jbma/Article/View/90/103
Setiawati, A. B., Hartono, & Rahmawati, N. F. (2020). Pengaruh Viral Marketing Dan Citra Merek Terhadap Kepercayaan Pelanggan (Studi Kasus Pengguna Shopee Mahasiswa Program Sarjana Institut Stiami Jakarta Pusat). Jurnal Mahasiswa Administrasi Bisnis, 1(1), 1–5.
Situmeang, I. V. O. (2022). Pengaruh Pesan Viral Marketing Digital Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Followers (Studi Eksplanatif Pada Akun Instagram @Lu’miere). Jurnal Ilmu Komunikasi, V(I), 277–289.
Solikhah, S. (2021). Viral Marketing Ditinjau Dalam Perspektif Hukum Islam. Journal Of Law, Society, And Islamic Civilization, 138–154. Https://103.23.224.239/Jolsic/Article/View/50166
Subhan, S. (2020). Kepercayaan Konsumen Kafe Ditinjau Dari Halal Life Style Di Kota Jambi (Studi Kasus Pada Kesiko, Eat & Fun Dan Clave Cafe). Ijieb: Indonesian Journal Of Islamic Economics And Business, 5(2), 20–29. Http://E-Journal.Lp2m.Uinjambi.Ac.Id/Ojp/Index.Php/Ijoieb
Supriyanto, S. (2022). Pengeluaran Untuk Konsumsi Penduduk Indonesia, Maret 2022. In Bps Indonesia.
Surniandari, A. (2017). Viral Marketing Sebagai Alternatif Strategi Pemasaran Produk Sariz. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 1(1), 35–43.
Https://Ejournal.Bsi.Ac.Id/Ejurnal/Index.Php/Widyacipta/Article/View/1480
Susilowati, R., Pangestuti, E., & Bafadhal, A. S. (2019). Pengaruh Viral Marketing Terhadap Kepercayaan Konsumen Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Online Pada Konsumen King Mango Yang Merupakan Followers Akun Instagram @Kingmangosurabaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 66.
Trista, N. L., Ep, A., & Saryadi. (2015). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Keputusan Toyota Avanza Di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis S1 Undip, 2(2), 21–28.
23SK2341369.00 | SK EKOS 23.369 ARU p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain