SKRIPSI EKOS
Pengaruh Brand Image, Perceived Quality, Dan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion (Studi Kasus Konsumen Muslim Emefdi Store Batang)
Dunia fashion bisa dikatakan berkembang sangat pesat dalam beberapa dekade terakhir, di Indonesia sendiri bisnis fashion memberikan kontribusi besar bagi pertumbuhan ekonomi. Tingginya angka persaingan di dunia usaha terutama pada bidang fashion sangat dirasakan oleh Emefdi Store. Perusahaan dituntut untuk lebih kreatif dan memiliki ciri khas berbeda dari kompetitor lainnya. Emefdi Store merupakan satu dari beberapa bisnis dalam bidang fashion yang ada di Kabupaten Batang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh brand image, perceived quality dan e-commerce terhadap keputusan pembelian produk fashion oleh konsumen muslim Emefdi Store Batang.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji valid dan reliabel dengan menggunakan sampel sebanyak 97 responden yang merupakan konsumen muslim Emefdi Store Batang. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan rumus Wibisono. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linier berganda dengan bantuan IBM SPSS 25.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel brand image secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Variabel perceived quality berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Variabel e-commerce berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Kemudian secara simultan variabel pengaruh brand image, perceived quality dan e-commerce berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: Brand Image, Perceived Quality, E-Commerce, Keputusan Pembelian
DAFTAR PUSTAKA :
Adyanto, B.C. & Santosa, S. B. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Brand Image , Harga Dan Kepercayaan Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi layanan E-commerce Berrybenka.com). Diponegoro Journal of Management, 7, 1–20.
Aaker, A. D., & Biel, A. L. (2009). Brand Equity And Advertising, Advertising Role In Building Strong Brand. Hillsdale: Lawrence Erlbaum Associates
Abdullah, P. M. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Al Ghoribi, K & Djoko, H. (2018). Pengaruh E-Commerce , Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pebelian. Diponegoro Journal of Social And Politic, 7(4), 1–8.
Alhadi, A. & Oktaviani, F. (2020). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pemebelian Celana Jeans Levi ’ S Di Kota Bandnung The Influence Of Brand Image On Jeans Levi ’ S Pants Purchase. E-Proceeding of Management, 7(1), 1236–1243.
Anwar, S. (1999). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka pelajar
Arianty, N., & Andira, A. (2021). Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 39–50.
Darmadi, Durianto, dkk. (2004). Brand Equity Ten: Strategi Memimpin Pasar. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Dreifaldt, N., & Drennan, T. (2019). Does Your Brand Need Online Influencer Marketing? It Depends; A mixed method approach to country of origin, brand image, and online influencer marketing on consumers’ purchase intention online. June.
Fiani, S. M. & Japarianto, E. (2014). Analisa Pengaruuh Food Quality Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Roti Kecik Toko Roti Ganeps Di Kota Solo. Jurnal Manajemen Pemasaran. 47(1).
Ghaisani, F. A. & Purbawati, D. (2020). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Kualitas Website (Website Quality) Terhadap Keputusan Pembelian (Purchase Decision) Melalui Kepercayaan (E-Trust) Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen e-Commerce Zalora.co.id Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 230–241.
Ghina, K & Aniek, W. (2017). Pengaruh Labelisasi Halal Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (Jirm). 6(2).
Ghazali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 19. Semarang: Universitas Diponegoro
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi Kedelapan. Semarang: Universitas Diponegoro.
Ginsar Ginting. (2022). pengaruh brand image dan brand equity terhadap keputusan pembelian produk erigo. Repository Universitas HKBP Nmmensen.
Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran, Edisi ke dua belas jilid 1. Prentice Hall. Jakarta.
Kotler. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kuncoro, M. (2007). Metode Kuantitatif Teori Dan Aplikasi Untuk Bisnis Dan Ekonomi Edisi Ketiga. Yogyakarta: UPB STIM YKPN.
Kurniati, R. R., & Junaida, D. (2019). Pengaruh E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Pada Belanja Online Shopee (Studi Pada Konsumen Belanja Online Mahasiswa Universitas Islam Malang). JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis, 8(3), 154-162.
Ningsih, S., & Dukalang, H. H. (2019). Penerapan Metode Suksesif Interval Pada Analisis Regresi Linier Berganda. Jambura Journal Of Mathematics, 1(1), 43-53.
Novitasari, I., Surabagiarta, I. K., Purnaningrum, E. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Membeli Sepatu Peter Keiza Di Matahari Department Store Cito Surabaya. Journal of Sustainability Bussiness Research (JSBR), 1(1), 308–316.
Nugroho, A. S. (2016). E-Commerce Teori dan Implementasi. Yogyakarta: EKUILIBRIA
Medias, F. (2018). Ekonomi Mikro Islam : Islamic Microeconomic. Magelang: Unimma Press.
Militina, et. al. (2004). Pengaruh Electronic Commerce Terhadap Keputusan Konsumen. 733–734.
Mudiar, W., & Hervianto, D. R. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Toko Online Tokopedia (Studi pada Konsumen Tokopedia Jakarta). Jurnal Simposium Nasional Ilmiah, November, 415–423.
Nur, D. & Dirgantara, I. M. B. (2022). Brand Personality, Self Congruence, Perceived Quality, Perceived Price Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Sepatu Vans Di Semarang. Diponegoro Journal Of Management, 11(1), 1–12.
Nurjanah, S. F., Kurniati, R. R., Zunaida, D. (2019). Pengaruh E-Commerce Terhadap Keputusan ( Studi Pada Konsumen Belanja Online Mahasiswa Universitas Islam. JIAGABI, 8(3), 154–162.
Oktari, A. D., Dewi, R. S., Febriana, S. K. T. (2018). Keputusan Pembelian Perhiasan Emas Pada Pelanggan Toko Emas Di Kawasan Banjarmasin-Banjarbaru- Relationship Between Consumptive Lifestyle And Gold Jewelry Purchase Decision In Customers Of Gold Stores In Banjarmasin-Banjarbaru-. Jurnal Ecopsy, 1(4).
Perdana, E. (2016). Olah Data Skripsi Dengan SPSS 22. Cetakan 1. Ed. Christianingrum. Bangka Belitung: LAB KOM Manajemen FE UBB.
Pradana, D., & Hudayah, S. (2017). Pengaruh Harga Kualitas Produk Dan Citra Merek Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor. 14(1), 16–23.
Pratama, K. E., & Nurbaya, S. (2018). Pengaruh Brand Image Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Distro Osing Deles Banyuwangi. J A B Jurnal Aplikasi Bisnis. 4(2). 495–499.
Priyatno, D. (2017). Analisis Korelasi, Regresi, Dan Multivariate. Yogyakarta: Gava Media.
Putri, T. A., et. al. (2018). Pengaruh Brand Image Dan Perceived Quality Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik La Tulipe Di Kota Padang. EcoGren. 1(4).
I Putu, A. D., et. al. (2022). Pengaruh Brand Image, Iklan, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Portal Traveloka Di Kota Denpasar. Jurnal EMAS. 3(1).
Putro, K. A., Hasiholan, L. B., Seputra, A. (2021). Pengaruh E-Commerce, Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada Industri Ekonomi Kreatif. Journal Of Management, 7(1).
Rachmawati, E. & Andjarwati, A. L. (2019). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. JEAM, 18(2), 47–55.
Rahmawaty, P. (2018). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sari Roti. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(2), 82–89.
Ramdhan, J. M. (2019). No Title. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(3).
Riadi, E. (2016). Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Yogyakarta: CV Andi Offset.
Riftiani, R. I. (2021). Pengaruh Brand Image, Trust Dan Promotion Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Hijab Ar-Rafi. Journal Of Management. 4(2).
Ridwan. (2007). Skala Pengukuran Variabel- Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rizki, A. G. (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee Indonesia (Survey Pada Mahasiswa SI Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2015/2016 Dan 2016/2017 Yang Membeli Barang Secara Online Di E-Commerce). Thesis, Universitas Brawijaya.
Rukmawan, M. R. (2019). Pengaruh Brand Awareness , Brand Association , Perceived Quality Dan Brand Loyalty Terhadap Proses Keputusan Pembelian ( Studi Di Distribution Store Unkl347 Bandung ). Universitas Telkom. 6(1), 975–998.
Saefuloh, A. (2019). Analisis Perilaku Konsumen Muslim Dalam Belanja Fashion Di Online Shop: Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang Angkatan 2014-2018 [Phd Thesis]. UIN Walisongo.
Saleh, M., Haerani, S., & Reni, A. (2019). The Influence Of Brand Image , User Image, And Product Image On The Purchasing Decision Of Mitsubishi Pajero Cars At PT. Bosowa Berlian M. Hasanuddin. Journal Of Business Strategy, 1(2), 72-87.
Saswiana., et al. (2020). Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilako Konsumen Dan Keputusan Pembelian Produk Online Shop (Studi Kasus Mahasiswa Stiem Bongaya). Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 60–69.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Cetakan ke-18. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif: Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Sutopo (Ed.); Edisi Kedu). Alfabeta.
Sumartono. 2002. Terperangkap Dalam Iklan: Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi. Bandung: Alfabeta.
Vinna Sri Yuniarti. (2015). Perilaku Konsumen Teori Dan Praktek. Bandung: Pustaka Seti. Hal.32.
Widiyanti, W. (2017). Pengaruh Persepsi Kualitas Produk , Citra Merek Dan Media Iklan Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ninebox. Cakrawala, XVII(1).
Wong. W. (2010). Internet Marketing For Beginners. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Yulianingsih, A. & Oktafani, F. (2000). Brand image. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 165(2229), 57.
Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia.
Zukhrufani, A. & Zakiy, M. (2019). The Effect Of Beauty Influencer , Lifestyle , Brand Image And Halal Labelization Towards Halal Cosmetical Purchasing. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(2), 168–180.
23SK2341364.00 | SK EKOS 23.364 LED p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain